Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

1,1 Juta Mobil Murah Daihatsu Telah Diproduksi di Indonesia

by Deni Ferlindungan
beli mobil dp nol persen

Sebanyak 1,1 juta unit mobil murah Daihatsu atau yang bermain di kategori low cost green car (LCGC) telah diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Torehan itu diraih dari semua kendaraan LCGC yang Daihatsu produksi di Tanah Air, baik untuk merek Daihatsu maupun Toyota.

Seperti diketahui, Daihatsu memang memproduksi line-up produk LCGC untuk dua merek asal Jepang tersebut. Selain itu, mobil murah Daihatsu yang diproduksi di Indonesia untuk memenuhi permintaan di pasar domestik dan juga ekspor dalam bentuk CBU atau Completely Built Up.

Menariknya ADM, memproduksi dua segmen mobil murah Daihatsu di Indonesia. Mulai dari segmen hatchback (HB), yakni Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, dan Toyota Wigo yang diperuntukan untuk memenuhi pasar ekspor.

Ketiga produk itu telah diproduksi lebih dari 650.000 unit, untuk pasar domestik maupun ekspor. Sejak diluncurkan pada tahun 2013 lalu hingga tahun 2020.

Sejalan dengan Daihatsu juga memproduksi produk LCGC berjenis MPV (multi purpose vehicle) yang merupakan hasil kolaborasi Daihatsu dan Toyota, yakni Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya.

Baca juga  Recall Ribuan Daihatsu Xenia dan Rocky Soal ECU Airbag, Ini Cara Klaimnya

Kontribusi Mobil Murah Daihatsu untuk ADM

Ekspor mobil murah Daihatsu

Ekspor mobil murah Daihatsu

Produksi kedua MPV LCGC itu mencapai lebih dari 465 ribu unit sejak peluncuran perdananya. Capaian total produksi dari kedua segmen LCGC yang menembus lebih dari 1,1 juta unit ini berkontribusi sekitar 29% dari jumlah total produksi ADM yang berkisar sekitar 3,8 juta unit pada periode 2013 – 2020.

Torehan tersebut tentunya menjadi pencapaian penting bagi Daihatsu Indonesia dan menandakan bahwa kendaraan LCGC yang diproduksi ADM menjadi salah satu produk yang paling diminati di pasar domestik maupun internasional.

Keberhasilan yang diraih untuk kategori LCGC, setidaknya menambah catatan prestasi yang masuk dalam sejarah Daihatsu Indonesia. Setelah sebelumnya juga telah mencapai produksi kendaraan 1 juta unit pada 2005, 2 juta unit pada 2010 disertai penghargaan rekor dari MURI, lalu 3 juta unit (2013), 4 juta unit (2015), 5 juta unit (2017), dan 6 juta unit (2019).

“Terima kasih untuk semua pelanggan yang telah membeli produk LCGC dari ADM, sehingga total produksi ADM pada segmen ini telah mencapai lebih dari 1,1 juta unit dalam waktu 1 windu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca juga  7 Daftar Mobil LCGC Terbaik untuk Sehari-hari

Istimewanya lagi, mobil murah Daihatsu tercatat kini menjadi tulang punggung penjualan ADM di Indonesia. Tahun 2020, Daihatsu Sigra menjadi model terlaris pabrikan.

Penjualan Daihatsu Sigra bahkan berhasil menggeser penjualan mobil terlaris mereka sebelumnya, yakni Daihatsu Xenia yang kerap menjadi langganan produk terlaris pabrikan. Semoga informasi mengenai mobil murah Daihatsu ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika