Banner
Friday, December 2, 2022
Banner
Banner

3 Fitur Hemat BBM di Xpander Cross Terbaru, Bisa Dicoba!

by Baghendra Lodra

Di saat harga bensin naik, fitur hemat BBM di Xpander Cross terbaru tentu sangat membantu. Hal ini berguna agar mobil jadi semakin irit, sehingga pengeluaran beli bensin bisa ditekan.

Totalnya ada tiga fitur yang bisa bikin Mitsubishi Xpander Cross hemat BBM yaitu: bodi aerodinamis, cruise control, dan eco indicator. Beberapa fitur tersebut harus diaktifkan secara manual oleh pengemudi, supaya mobil bisa semakin irit bensin.

Mau tahu cara kerja masing-masing fitur hemat bbm di Xpander Cross terbaru? Berikut bahasan lengkapnya:

moladin tampil baru blog banner

1. Bodi Aerodinamis

fitur hemat bbm di xpander cross

Bagian kolong bodi Xpander Cross terbaru dapat kover yang ukurannya lebih besar, sehingga bisa meningkatkan sisi aerodinamis

Fitur hemat BBM di Xpander Cross yang pertama adalah bodi aerodinamis. Ini merupakan fitur yang tidak perlu diaktifkan, karena sudah menyatu dengan mobil dan cuma ada di versi terbarunya.

Jadi, bisa terlihat secara kasat mata kalau moncong Xpander Cross semakin tajam. Tidak ketinggalan di bagian bawah bodi, kini ada tambahan kover lebih besar supaya hambatan udara di kolong semakin minim.

Baca juga  Honda Step WGN Air dan Spada Meluncur, Lawan Voxy

Ujung-ujungnya bodi mobil semakin aerodinamis dan membuat mobil semakin hemat BBM dibandingkan model lama. Hal tersebut lantaran, LSUV Mitsubishi ini lebih mudah dalam membelah angin ketika diajak berkendara.

2. Cruise Control

fitur hemat bbm di xpander cross - cruise control

Setir Xpander Cross terbaru mirip Pajero Sport dan sudah dilengkapi cruise control

Selanjutnya yang menjadi fitur hemat BBM di Xpander Cross adalah cruise control. Fungsi cruise control utamanya memang tidak menjadikan mobil semakin irit, tapi kenyamanan berkendara utamanya di jalan tol lengang.

Intinya cruise control bisa membuat pengemudi tidak perlu menginjak gas dan rem saat berkendara. Sebagai gantinya, untuk melaju dan mengerem bisa pakai tombol yang ada di setir. Alhasil pengemudi bisa mengistirahatkan kakinya.

Cruise control juga dapat mempertahankan kecepatan mobil di angka tertentu, misal 60 Km/jam. Nah ketika mobil melaju stabil itulah, kerja mesin akan lebih santai. Alhasil tidak membutuhkan bensin yang terlalu banyak. Ini yang membuat cruise control disebut-sebut sebagai fitur yang bisa menghemat konsumsi BBM.

Baca juga  Review Toyota Avanza E AT 2016 Bekas, Varian Terjangkau!

Bila mau menggunakan cruise control, pengemudi harus mengaktifkannya lewat tombol di setir Xpander Cross. Caranya, mobil wajib melaju lebih dulu pada kecepatan minimum 40 km/jam. Setelah itu tinggal tekan tombol dengan logo seperti speedometer dengan anak panah, terletak di setir sebelah kanan.  Kemudian, kamu harus menekan tombol SET untuk mengaktifkannya. Otomatis mobil akan melaju konstan sesuai kecepatan awal.

Lalu di dekat tombol cruise, juga tersedia tombol +- yang berfungsi untuk meningkatkan atau mengurangi kecepatan mobil saat fitur ini aktif. Sementara untuk menonaktifkan cruise control, cukup menginjakkan kaki ke pedal rem, maka otomatis kendali mobil kembali kepada pengemudi. 

3. Eco Indicator

fitur hemat bbm di xpander cross - eco indicator

Xpander Cross memiliki fitur eco indicator yang bisa membuat berkendara lebih irit BBM

Fitur hemat BBM di Xpander Cross yang terakhir adalah eco indicator. Jadi pengemudi cukup mengikuti arahan dari logo daun yang ada di panel instrumen. Semakin banyak daunnya berwarna hijau, maka semakin irit konsumsi BBM-nya.

Sebenarnya, tanpa eco indicator pun kamu tetap bisa berkendara dengan hemat bensin. Cara paling mudah adalah memainkan pedal gas dan rem secara santun atau menerapkan eco driving. Salah satu tekniknya dengan tidak menginjak gas terlalu dalam secara tiba-tiba, begitu pula dengan pedal rem. Pasalnya hal ini bisa membuat kerja mesin lebih berat, sehingga mobil jadi boros.

Baca juga  Inilah Harga Mitsubishi Xpander Setelah PPnBM 50 Persen

Nah eco indicator di Xpander Cross terbaru, membantu mengingatkan pengemudi tentang teknik eco driving tersebut. Maklum, kadang kita suka lupa saat berkendara.

Itulah tadi bahasan soal fitur hemat BBM di Xpander Cross 2022. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika