by

3 Kegiatan Utama Yang Mengasyikkan Untuk Klub Motor

Kegiatan untuk Klub Motor – Penting bagi tim manajemen klub motor untuk tetap menjaga anggotanya aktif. Salah satu caranya dengan terus mengadakan pertemuan rutin (semisal kopdar dan kopsan).

Hanya saja kalau cuma ketemuan, maka sudah biasa. Jika agendanya itu-itu terus, rentan membuat bosan. Agar timbul lagi rasa semangat berorganisasi dan semakin erat hubungan antar anggota klub motor, bisa lakukan kegiatan lain yang berbeda.

Sebenarnya kegiatan untuk klub motor bisa apa saja, selama positif. Bahkan kalau tidak ada hubungannya dengan kuda besi, juga tidak masalah. Sebut saja kamu mau mengadakan family gathering, bakti sosial, sampai kelas memasak sekalipun, sangat diperkenankan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, apa kegiatan tersebut sesuai dengan keinginan anggota klub motor? Kalau iya, maka jalankanlah. Bila tidak, kamu bisa lakukan survey terlebih dulu ke para member komunitas motor, kira-kira apa yang mereka ingin lakukan.

Supaya kamu tidak kebingungan, kami akan berikan bocoran sebagai tahap awal. Inilah daftar tiga kegiatan untuk klub motor yang paling sering dilakukan dan bisa mempererat persaudaraan:

1. Olahraga Bersama

kegiatan untuk klub motor
Futsal bisa jadi kegiatan yang menarik perhatian anggota klub untuk ikut serta

Kegiatan untuk klub motor dalam rangka mempererat silaturahmi adalah berolahraga. Mau itu basket, futsal, bulu tangkis, semua bisa dilakukan. Lagi-lagi tergantung keinginan para member.

Walau demikian, yang paling sering dilakukan adalah futsal. Pertandingan ini boleh dilakukan antar klub dan dalam satu klub itu sendiri. Selama jalannya pertandingan, pasti bakal banyak kesenangan dan kegembiraan. Contohnya ketika ada ejekan-ejekan lucu, merayakan gol keren, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, fulsal yang merupakan olahraga tim. Maka sangat membutuhkan banyak interaksi selama pertandingan. Tentunya kegiatan ini mampu membawa anggota komunitas motor lebih dekat .

Inilah alasan mengapa futsal menjadi kegiatan untuk klub motor yang sangat disarankan. Jika kamu sebagai ketua klub, sudah seharusnya pilih aktifitas berolahraga ini sebagai kegiatan mingguan maupun bulanan untuk menjaga klub tetap aktif. Ini merupakan aktifitas yang sempurna.

Sebagai tambahan, melakukan pemesanan lapangan futsal itu sangatlah mudah. Kuncinya, kamu harus memesannya lebih awal atau jauh-jauh hari. Kalau perlu, jadilah member di lapangan futsal tersebut supaya dapat potongan harga. 

2. Nonton Bareng

motorgp
Nonton MotoGP bersama merupakan alternatif kegiatan untuk klub motor yang bisa meningkatkan rasa persaudaraan

Selain berolahraga, kegiatan untuk klub motor yang bisa dilakukan adalah nonton bareng. Mau itu bentuknya nonton bioskop, nonton film di lokasi tertentu, atau nonton MotoGP, bebas!

Baca juga  Moladin Lakukan Kerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI)

Hanya saja, kalau hubungannya dengan klub motor biasanya nonton bareng MotoGP paling jamak dilakukan. Antusias nonton MotoGP selalu menarik, apalagi dilakukan bersama teman-teman klub.

Melihat mereka membaur, bersorak untuk jagoan yang sama dengan merek motor mereka. Ini benar-benar menyenangkan.

Terlebih untuk klub-klub yang memiliki tipe motor spesifik seperti Honda CBR150R atau Yamaha R15. Kedua merek motor tersebut berpartisipasi di MotoGP dan kerap bersaing satu sama lain. Nobar jadi pasti lebih seru, dan bersemangat, penuh teriakan dan sorakan.

MotoGP juga merupakan hal yang mengasyikkan sebagai bahan obrolan antar anggota klub, sebelum dan sesudah balapan. Kamu juga boleh mengajak anggota klub motor lain, supaya semakin ramai.

3. Touring dan Safety Riding

kegiatan untuk klub motor
Safety riding untuk komunitas motor, harus dipimpin oleh instruktur yang ahli

Kegiatan untuk klub motor yang terakhir adalah pelatihan safety riding dan touring. Ini sangat penting, mana ada klub motor yang tidak touring? Hanya saja ada baiknya sebelum melakukan perjalan jauh, anggota diberi pembelakan soal safety riding.

Tentu kegiatan ini tidak membosankan. Untuk pelatihan safety riding, biasanya anggota melaju melewati halang-rintang, seraya belajar secara tepat untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan.

Baca juga  Ratusan Bikers Yogjakarta Ramaikan Suzuki Saturday Night Ride

Melaju melewati halang-rintang menjadi hal yang menyenangkan. Kalian akan mendapat persaingan sehat melawan anggota lain.

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan safety riding, kamu perlu ajak pelatih bersertifikat. Jadi, pengalaman berlatih ini tidak sekadar main-main. Para anggota komunitas motor juga mendapat ilmu yang sangat bermanfaat.

Selanjutnya setelah semua anggota klub motor punya ilmu safety riding, barulah lakukan touring. Ingat, touring tidak selalu harus berhari-hari dan menempuh perjalanan ratusan kilometer. Kamu dapat mengunjungi lokasi wisata yang tidak jauh dari basecamp.

Misal komunitas motor kamu berlokasi di Jakarta Timur, bisa touring ke Setu Babakan. Di sana makan masakan betawi, sekaligus mempelajari soal budaya lokal. Kalau kamu menantang boleh juga touring ke Curug Ciherang di Bogor yang bisa dilakukan bolak-balik cuma dalam satu hari perjalanan.

Baca juga:

Daftar Kegiatan untuk Klub Motor Selama Pandemi Virus Korona

kegiatan untuk klub motor
Selama pandemi Virus Korona, ketua klub motor harus lebih peka terhadap kebutuhan anggotanya, misal dengan membantu anggota yang terdampak secara ekonomi.

Apakah pandemi Virus Korona membuat kegiatan untuk klub motor jadi berhenti? Tentu tidak! Sudah seharusnya klub motor dengan para anggotanya merupakan saudara. Jadi silaturahmi harus terus dijaga.

Sebagai ketua atau pengurus klub motor, kamu dituntut lebih kreatif dalam mempersiapkan kegiatan untuk anggota atau member. Kegiatan untuk klub motor apa yang kira-kira tepat dilakukan saat era Virus Korona? Berikut daftarnya:

1. Bakti Sosial Membantu Sesama

kegiatan untuk klub motor
Dahulukan anggota klub untuk mendapat bantuan di era PSBB seperti ini

Kegiatan untuk klub motor selama Virus Korona yang paling tepat adalah bakti sosial. Tidak perlu repot-repot mencari penerima donatur. Mulailah dari anggota klub motor kamu sendiri.

Coba identifikasi, kira-kira apakah ada yang terkena dampak paling berat. Misalnya anggota tersebut dirumahkan atau kena pemutusan hubungan kerja (PHK). Sudah sewajibnya, sesama anggota klub motor harus bantu semampunya.

Baca juga  Moladin Lakukan Kerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI)

Ingat, bantuan bukan cuma soal uang. Bisa juga dilakukan lewat dukungan moral dan informasi lowongan pekerjaan.

Jika semua anggota punya kondisi keuangan yang aman, barulah kamu boleh melakukan bakti sosial ke luar. Mulai dari panti asuhan, memberi bantuan masker ke pengguna jalan, dan lain sebagainya.

2. Kopdar Online

kegiatan untuk klub motor
Komunitas motor bisa melakukan kopdar online melalui berbagai aplikasi gratis

Saat kopdar dan kopsan tidak bisa dilakukan, kegiatan untuk klub motor yang bisa dilakukan adalah video conference. Kamu bisa manfaatkan aplikasi gratis seperti Zoom dan Google Meet untuk menjalankan kopdar online ini.

Diharapkan dengan bertatap muka via internet, kamu tetap bisa membangun rasa persaudaraan sesama anggota klub motor. Lewat kopdar online ini, kamu juga bakal tahu update kondisi masing-masing.

Jangan-jangan kini ada anggota yang sedang merintis usaha, kalau iya sebaiknya dagangan tersebut dibeli oleh anggota lainnya. Hal tersebut juga jadi salah satu bentuk support selama era Pandemi Virus Korona ini berlangsung.

3. Pamer Motor di Sosial Media

kegiatan untuk klub motor
Posting motor di sosmed, kemudian jadikan perlombaan untuk anggota komunitas

Kegiatan untuk klub motor yang terakhir bisa dilakukan selama era PSBB adalah, pamer motor di sosial media. Siapa saja boleh menunjukkan motor modifikasinya, namun dengan sarat harus menggunakan hastag tertentu dan mention akun sosial media klub motor kamu.

Nanti, kamu tinggal repost postingan tersebut sebagai apresiasi ke anggota. Dapat pula dibuat lomba, alias postingan dengan like dan comment terbanyak akan mendapat hadiah. Tentu kegiatan seperti ini bisa menjadi solusi pintar untuk komunitas atau klub motor, selagi hanya di rumah saja.

Itulah tadi kegiatan untuk klub motor yang positif dan perlu kamu lakukan. Ketahuilah bahwa persaudaraan merupakan segala-galanya. Bersatu kita kuat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

  1. Selamat pagi… Saya Ben selaku Humas dari Asosiasi Futsal Kabupaten Bekasi, kami selaku organisasi resmi di bawah Federasi Futsal Indonesia dan PSSI ingin menginformasikan bahwa kami akan mengadakan Liga Futsal Kabupaten Bekasi dan bermaksud mengundang Klub Futsal Umum/Perusahaan khususnya yang berdomisili di Kab. Bekasi untuk berpartisipasi sekaligus menjadi anggota Asosiasi Futsal Kabupaten Bekasi yang tentunya Klub Futsal tersebut harus lolos Verifikasi, untuk informasi lebih lanjut 081213186116

Terbaru