3 Produk Master Rem Dengan Kemampuan Luar Biasa, Ajib!

Moladin – Sistem pada komponen pengereman sepeda motor terbagi menjadi 3 part atau bagian, yaitu master rem, slang rem dan kaliper yang semuanya memiliki peran sangat penting.

Tapi dari semua itu, master rem yang merupakan komponen ujung tombak, dapat mensinergikan semua peranti hingga mampu membuat laju tunggangan berhenti.

Kenapa bisa seperti itu? Karena memiliki tugas mendorong fluida mulai dari master, slang dan kaliper hingga menekan piston agar kampas rem dapat menjepit piringan cakram. Alhasil semakin kuat dorongannya, maka semakin bagus juga tingkat pengeremannya.

Alasan itu wajar jika banyak pemilik motor baik itu matic, bebek atau sport mengganti master rem dengan produk aftermarket. Apalagi part non original yang ditawarkan beberapa produsen memiliki kemampuan di atas rata-rata. Seperti produk-produk di bawah ini.

 

Brembo RCS 19 Desain Rem Motor MotoGP

Brembo RCS 19Brembo RCS 19 | Foto: Contributor Moladin

Para penggila modifikasi terutama yang suka ikut kontes, rasanya sudah tidak asing lagi dengan Brembo RCS 19. Peranti penghenti laju motor ini sengaja dirancang dan di design agar menghasilkan performa pengereman yang lebih luar biasa.

 

KTM Duke 390 New

*Angsuran mulai dari

 

“Brembo RCS 19 dirancang dengan teknologi tinggi berkat pengalaman Brembo di MotoGP. Oleh sebab itu, produk ini mampu memberikan kualitas pengereman luar biasa untuk semua tipe motor. Terutama lebih diperuntukan untuk motor double disc, atau motor yang sudah melakukan penggantian kaliper,” jelas Martin dari Lay’Z Motor.

Dengan kelebihannya itu, master rem Brembo RCS 19 bisa ditebus dengan harga Rp 4 juta. Dan jika Moladiners berminat bisa langsung sambangi toko yang beralamat di jalan Arteri Kelapa Dua, No. 90 E, Jakarta Barat. Telepon dulu ke nomor 08999-111-939 (Michael), 0817-917-2129 (Martin) atau 0817-483-8353 (Steven), juga bias kok.

 

Master Rem Frando Bisa Juga Buat Master Kopling

Master rem FrandoMaster rem Frando | Foto: Contributor Moladin

Master rem keluaran Mitra 2000 bertitel Frando, dirancang dengan material khusus yaitu menggunakan bahan aluminium berkualitas. Bentuknya yang sama antara kiri dan kanan, menjadikan keuntungan tersendiri, gilanya juga bisa menjadi master kopeling.

“Master rem ini dibuat untuk semua jenis motor. Bahan material aluminium CNC menambah kesan mewah pada master rem Frando ini. Soal kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Karena produk ini sudah banyak dipakai di motor balap selain dimiliki para penyuka motor modifikasi,” jelas Benny Rachmawan, selaku Head Research and Development Mitra2000.

Untuk bisa memilikinya, Moladiners cukup siapkan dana sekitar Rp 3,2 juta. Produk bisa dilihat di TDR Technology Center yang berlokasi di jalan Dr KRT Radjiman Widyodiningrat, Swadaya IV, No 9, Jakarta Timur. Mau tanya-tanya dulu juga bisa ke nomor telepon (+6221)-6930777 atau 021-4600030.

 

Nissin di Dukung Diameter Piston Lebih Besar

Master rem NissinMaster rem Nissin | Foto: Contributor Moladin

Sepintas tampang master rem merek Nissin ini mirip dengan bagian belakang yang biasanya di injak pakai kaki. Cuma bedanya, jika part pengereman roda belakang mengusung piston standar diameter 12,7 mm. Sedangkan produk Nissin memiliki diameter piston lebih besar.

“Khusus buat produk aftermarket racing ini diameternya 14 mm. Sehingga part ini memberi tekanan yang lebih kuat dari biasanya. Pokoknya pengereman jauh lebih pakem,” jelas Winarno, Department Head PT Chemco Harapan Nusantara selaku produsen master rem merek Nissin.

 

KTM Duke 250 New

*Angsuran mulai dari

 

Kelebihan lainnya juga sudah terdapat nipel pembuangan angin, sehingga membuat lebih cepat dalam proses settingan rem. Jelasnya lagi, lebih pakem karena angin bisa dibuang dari master atas dan kaliper bawah.

Untuk jalur slang terpasang di bodi master bawah, sehingga membuat aliran minyak rem lebih gampang. Meskipun tabung reservoir dipasang terpisah dan dialirkan menggunakan slang pendek.

Nissin tawarkan 2 pilihan produk. Untuk yang harga Rp 1,4 juta Moladiners bisa dapat sepaket dengan kaliper. Tapi kalau cuma master remnya saja bisa ditebus dengan harga Rp 900 ribu.

“Master rem ini universal, ya. Jadi bisa masuk di motor bebek merek apa saja,” tukas Anes salah satu penjual produk ini yang bermarkas di Jalan Pendididkan Raya, No. 30B, Duren Sawit, Jakarta Timur dengan nomor kontak 0821-120-11010 atau 0899-9271-001.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *