4 Langkah Penting Supaya Airbag Bekerja Maksimal

by Tigor Sihombing
4 langkah penting supaya airbag bekerja maksimal

Bagaimana supaya airbag bekerja maksimal? Airbag adalah salah satu fitur keselamatan yang sangat penting di mobil, namun efektivitasnya sangat bergantung pada bagaimana cara kita menggunakannya.

Setelah mengetahui proses airbag dari diam hingga mengembang. Berikut langkah penting supaya airbag bekerja maksimal di mobil dan memberikan perlindungan terbaik saat terjadi kecelakaan.

Agar airbag di mobil dapat berfungsi dengan optimal dan memberikan perlindungan maksimal saat terjadi kecelakaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudi dan penumpang.

4 Tips Agar Airbag Bekerja Maksimal

Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan agar airbag bisa bekerja maksimal dalam kondisi darurat:

1. Seat Belt Wajib Dipakai

Pastikan seat belt selalu terpasang saat berkendara
Pastikan seat belt selalu terpasang saat berkendara

Masalah utama pengguna mobil di Indonesia adalah masih menganggap seat belt mengganggu kenyamanan. Padahal, seat belt atau safety belt atau sabuk pengaman menjaga tubuh supaya tidak terpental saat kecelakaan.

Risikonya dapat menghantam kabin atau terlempar keluar mobil yang berpotensi cidera serius.
Selain itu jika tidak memakai seat belt, wajah akan menekan airbag yang sedang mengembang. Akibatnya, kamu akan kesulitan bernapas waktu airbag bekerja.

Efek tumbukan antara kepala dan airbag cukup besar tergantung kuatnya tabrakan, risiko minimal adalah cidera leher.

2. Hindari Meletakkan Benda di Kemudi dan Dasbor Mobil

Meletakkan banyak barang di dasbor berpotensi mengurasi fungsionalitas airbag
Meletakkan banyak barang di dasbor berpotensi mengurasi fungsionalitas airbag

Dilarang meletakkan benda apapun di kemudi, apalagi menggantinya dengan setir yang bukan standar. Jangan pula merekatkan stiker atau apapun yang dapat mengganggu fungsi airbag di kemudi.

Termasuk memasang aksesoris yang dapat mengganggu ketika airbag mengembang. Ada kasus airbag penumpang tidak bisa keluar karena ada yang memberi perekat pada titik keluarnya airbag di dasbor.

Atau meletakkan barang di atasnya seperti kotak tisu, botol parfum mobil, atau boneka pajangan. Benda tersebut terlempar ke arah penumpang dan mengakibatkan cidera serius.

Hati-hati pula saat mengganti panel interior atau jok mobil dengan bahan berbeda karena dapat menghalangi side airbag dan curtain airbag keluar.

3. Anak Kecil Sebaiknya Duduk di Belakang

airbag

Hindari mendudukkan anak kecil di bangku penumpang depan. Airbag yang mengembang dapat berbahaya jika mengenai anak, apalagi mereka bisa sangat panik ketika itu terjadi.

Paling tepat adalah anak duduk di belakang menggunakan child seat supaya dapat duduk dengan tenang dan aman. Pakaikan seat belt sebagai upaya mencegah cidera saat kecelakaan.

4. Lampu Indikator Airbag

Perhatikan indikator airbag di speedometer
Perhatikan indikator airbag di speedometer

Segera periksa ke bengkel kalau lampu indikator airbag masih ON setelah mesin dinyalakan. Dengan begitu, perangkat keamanan pasif ini dapat bekerja dengan baik ketika dibutuhkan.

Demikian ulasan supaya airbag bekerja maksimal. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika