by

5 Fitur yang Jadi Kelebihan Daihatsu Rocky di Indonesia

Akhirnya spesifikasi mobil SUV terbaru dari Daihatsu yaitu Rocky terkuak sudah. Kembaran Toyota Raize ini resmi meluncur pada Jumat (30/4/2021). Kelebihan Daihatsu Rocky dapat terlihat lewat kehadiran berbagai fitur modern.

Fitur-fitur tersebut muncul bukan cuma untuk memberi kenyamanan berkendara, tapi juga keselamatan yang lebih baik. Ambil contoh untuk rangka sudah menggunakan teknologi Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Lalu ada advanced safety assist (ASA) dengan kemampuan mencegah potensi kecelakaan. Tidak ketinggalan kelebihan Daihatsu Rocky juga hadir melalui sistem audio berkualitas dengan active subwoofer.

Bukan cuma itu, Rocky pun telah dilengkapi panel instrumen digital warna-warni yang mampu memberi informasi lengkap terkait mobil. Terakhir yang tidak kalah istimewa, ada penggunaan mesin turbo dengan transmisi D-CVT.

Harga Daihatsu Rocky sendiri ada di kisaran Rp 214,2 juta hingga Rp 236,1 juta. Banderol tersebut sudah termasuk diskon PPnBM.

Kalau kamu penasaran dengan keunggulan fitur Daihtasu Rocky? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Rangka DNGA

daihtasu rocky resmi meluncur
Rocky sudah mengadopsi DNGA

Kelebihan Daihatsu Rocky yang pertama adalah penggunaan rangka DNGA. Teknologi ini pertama kalinya digunakan untuk mobil Daihatsu buatan Tanah Air.

Baca juga  5 Kelebihan Hyundai Santa Fe 2021, Masih Ragu Beli?

DNGA disebut-sebut mampu menghadirkan rasa berkendara yang lebih nyaman dan stabil. Bukan cuma itu, desain kendaraan juga jadi lebih stabil, irit bahan bakar, serta performa semakin maksimal.

“Platform pengenmbangan produk berbasis DNGA memperhitungkan segala aspek detil meliputi ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan kendaraan yang efisien,” seperti dikutip dari laman resmi Daihtasu Indonesia.

2. Advanced Safety Assist (ASA)

daihtasu rocky resmi meluncur
Fitur keselamatan ASA hadir di varian tertinggi

Teknologi Advanced Safety Assist juga cukup menarik, lantaran baru pertama kalinya mobil Daihatsu di Indonesia menggunakannya. Kelebihan Daihatsu Rocky yang memiliki ASA adalah terintegrasi dengan berbagai fitur keselamatan aktif. Sebut saja pre collision warning, pre collision braking, pedal misoperation control, front departuer alert, lane departure warning, dan lane departure prevention.

Alhasil ketika berkendara dengan Daihatsu Rocky, kamu bakal lebih percaya diri. Pasalnya ASA mampu mencegah terjadinya potensi kecelakaan.

Perlu diketahui bahwa teknologi ASA cuma hadir di varian Daihatsu Rocky ASA. Sementara untuk varian Rocky ADS tidak memilikinya.

Walau demikian, untuk fitur keselematan lain seperti SRS Airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan hill start assist (HSA), keduanya sama-sama punya.

Baca juga  Honda CR-V Facelift Mulai Terlihat, Siap Dijual di Indonesia?

3. Sistem Audio dengan Active Subwoofer

kelebihan daihatsu rocky - subwoofer
Subwoofer active diberikan untuk memaksimalkan audio ketika mendegar musik di kabin Rocky

Bicara kelebihan Daihatsu Rocky juga bakal menyinggung soal sistem audio. Dari laman resmi pabrikan berlogo D, terlihat penggunaan active subwoofer berukuran 8 inci untuk memanjakan telinga ketika mendegarkan musik. Ada pula 4 speaker dan 2 tweeter sebagai pelengkapnya.

Khususnya untuk kehadiran active subwoofer ini ada di Rocky varian ADS atau Astra Daihatsu Styling. Sementara untuk varian ASA atau advance safety system tidak memilikinya.

Tidak ketinggalan head unit layar sentuh hadir, serta mampu terintegrasi dengan smartphone. Alhasil kamu bisa dengan mudah memutar musik kesukaan.

4. Panel Instrumen Digital

kelebihan daihatsu rocky - panel instrumen digital
Tampilan warna-warni memudahkan keterbacaan informasi yang diberikan ke pengendara Rocky

Hal menarik lain dari fitur Daihatsu Rocky di Indonesia adalah panel instrumen full digital. Tampilannya warna-warni dengan empat mode desain yang bisa dipilih sesuai preferensi pengendara.

Di panel instrument ersebut dapat terlihat banyak informasi seperti jam, putaran mesin, konsumsi BBM, jarak tempuh, dan masih banyak lagi.

Fitur lain yang juga hadir di Daihtasu Rocky adalah start & stop engine button, keyless, audio steering switch, AC digital, hingga charger smartphone.

Baca juga  Renault Kiger 2021 Indonesia, Cuma Rp 75 Juta?

5. Mesin Turbo dan Transmisi D-CVT

keungulan daihtatsu rocky - mesin turbo
Mesin turbo memberi performa mantap saat berkendara

Terakhir yang menjadi keunggulan Daihatsu Rocky yaitu penggunaan mesin turbo. Jantung mekanis ini berkonfigurasi tiga silinder dengan kapasitas 1.0 liter dan memiliki kode WA-VE.

Di atas kertas mesin turbo milik Rocky bisa melontarkan torsi puncak 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm dan tenaga maksimal 98 PS pada 6.000 rpm. Performa ini jauh lebih baik dibanding mesin 1.0 liter milik Ayla.

Kemudian yang juga menarik dan jadi keunggulan Rocky adalah kehadiran sistem transmisi D-CVT. Transmisi tersebut diklaim mampu memberi akselerasi yang halus dan menyenangkan, sekaligus irit bahan bakar. Daihatsu mengklaim konsumsi BBM Rocky 1.0 liter turbo bisa mencapai 17-18 Km/liter.

Terbaru