5 Tips Merawat dan Membersihkan Jaket Keren Waterproof Kamu

Moladin – Sebagai pengendara motor, kamu wajib punya jaket khusus yang bisa melindungi kamu dari elemen alam selama di perjalanan, salah satunya jaket waterproof dan windproof. Seperti namanya, jaket ini memiliki kemampuan melindungi pemakainya dari air dan angin dan biasanya terbuat dari polyester.

Dua fitur itu sangat penting bagi pengendara, terutama mereka yang sering bepergian jarak jauh. Harusnya, itu menjadi fitur standar bagi jaket para pemotor yang menyayangi kesehatan dirinya sendiri. Jaket motor memang harus bisa melindungi lebih baik dari jaket gaul biasa.

Masalahnya, tidak semua orang mengetahui cara merawat dan membersihkan jaket motor mereka dengan baik dan benar. Jaket waterpoof membutuhkan perawatan khusus agar fitur anti-airnya tidak mudalh hilang. Selain itu, jaket motor juga harus dibersihkan dengan cara yang khusus pula. Berikut Moladin suguhkan tips meawat dan membersihkan jaket motor kamu.

 

Segera Cuci Jaket Waterproof Setelah Dipakai

5-tips-merawat-dan-membersihkan-jaketSegeralah cuci jaket setelah dipakai

Jika kamu memakai jaket untuk touring, segera cuci jaket itu meski tidak terlihat terlalu kotor. Dalam keadaan normal tanpa kotoran berarti, cukup rendam jaket motor kamu ke dalam air selama 15 menit. Tambahkan sedikit deterjen cair untuk memastikan semua noda terangkat.

Jika ternyata ada noda yang membandel yang mengotori jaket motor kamu, maka kamu perlu menghilangkan noda itu secara lokal. Tuangkan deterjen cair ke bagian yang ternoda. Gosok dengan halus. Jika noda membandel dan masih melekat, gosok lagi dengan sikat berbulu halus seperti sikat gigi. Harus diingat bahwa menyikatnya harus searah saja dan dengan lembut.

Proses pembersihan yang hati-hati ini penting agar lapisan waterproof jaket keren kamu tidak banyak terkikis. Kalau sampai terkikis, maka fitur anti airnya juga akan hilang.

Yang harus diingat di sini adalah bahwa jaket motor harus segera dicuci ketika kotor. Noda yang menempel harusnya bisa luruh dengan mudah jika belum terlalu lama. Sebaliknya, jika noda dibiarkan terlalu lama menempel di jaket tanpa dicuci, maka noda itu akan sangat sulit dihilangkan.

 

Cuci Dengan Mesin

5-tips-merawat-dan-membersihkan-jaketCuci dengan mesin tapi jangan rusak waterproofnya

Meski jaket motor waterproof kamu memang butuh perlakuan khusus, tetapi masih bisa kok dibersihkan dengan mesin cuci tanpa merusak lapisan waterproof-nya.

Yang pertama perlu kamu perhatikan adalah instruksi pencucian yang biasanya ada di bagian dalam jaket keren itu. Kalau memang boleh dicuci dengan mesin, maka perlakuannya pun tetap istimewa.

Yang pertama, pastikan tidak ada benda yang tertinggal di kantong jaket. Selanjutnya, gosok dengan halus semua kotoran yang terlihat di jaket. Setelah itu, baru masukkan jaket ke mesin cuci. Jangan mencuci jaket dengan pakaian lain. Satu kali pencucian hanya untuk satu jaket saja.

Tuangkan deterjen sesuai jenis mesin cuci kamu. Pastikan kamu menggunakan program pencucian lembut atau delicate wash. Jangan mengeringkan jaket ke dalam dryer atau memerasnya, langsung dijemur saja.

 

Cuci dengan Air Dingin

Pencucian jaket motor waterproof harus selalu menggunakan air dingin. Baik mencuci secara manual atau menggunakan mesin, selalu gunakan air dingin, termasuk untuk proses pembilasan. Air dingin tidak akan memberikan pengaruh berarti terhadap lapisan anti air jaket.

Sementara itu, pencucian dengan air panas akan membuat material anti air memuai. Dan ketika mengkerut kembali, kondisinya sudah berbeda dan fungsinya sudah berkurang.

Selain itu, pastikan semua resleting jaket telah terbuka sebelum pencucian. Hal ini untuk memastikan bahwa semua bagian jaket, termasuk bagian dalam juga ikut tercuci.

 

Jemur di Tempat Teduh

Proses penjemuran jaket keren kamu juga berbeda dengan kebanyak pakaian yang lain. Kamu enggak perlu dan enggak boleh menjemur jaket waterproof di bawah sinar matahari langsung. Jika dicuci dan kemudian dijemur di terik matahari, seal anti air di jaket itu bisa memuai dan fungsinya berkurang.

Jika ingin jaket kamu cepat kering, gunakan lap yang bisa dengan cepat menyerap air. Usap seluruh bagian jaket yang basah dengan hati-hati. Setelah itu, jemur jaket itu di tempat tertutup dengan sirkulasi udara yang baik. Normalnya, jaket kamu tidak akan butuh waktu lama untuk kering.

Kamu harus memastikan bahwa jaket kamu sudah benar-benar kering sepenuhnya , tidak ada air yang tertinggal sebelum menyimpannya. Jika masih ada air yang tersisa dan kamu menyimpan jaket itu, kelembabannya akan membuat jamur mudah tumbuh.

 

Tips Penyimpanan Jaket Waterproof

Larangan penting yang harus kamu ingat adalah jangan pernah menyetrika jaket motor kamu. Material polyester sendiri tidak mudah kusut, sehingga tidak akan perlu disetrika. Selain itu, panas intens dari setrika juga akan merusak lapisan anti air di jaketmu.

Hindari menyemprotkan parfum ka jaket kamu. Kalau ingin jaketmu wangi, cukuplah dicuci saja. Semprotan parfum akan meninggalkan bercak kotor di jaket dan itu sangat sulit dibersihkan. Jaket motor yang waterproof juga relatif mudah sobek oleh benda tajam, karena itu hindari menyimpan benda tajam di saku jaket.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *