by

97.290 Mobil Daihatsu Kena Recall: Xenia, Terios, dan Sirion

Tidak tanggung-tanggung, totalnya ada 97.290 mobil Daihatsu kena recall, karena masalah motor fuel pump. Hal tersebut diumumkan secara resmi oleh pabrikan berlogo D pada Jumat (19/3/2021).

Ada tiga model kendaraan yang masuk dianggap bermasalah. Mereka antara lain Daihatsu Xenia produksi Oktober 2017 hingga Juni 2019 sebanyak 53.246 unit, Terios produksi Desember 2017 hingga Juni 2019 atau 41.152 unit, dan Sirion produksi Januari 2018 hingga September 2019 dengan total 2.892 unit.

Semua mobil Daihatsu kena recall tersebut diaggap memiliki masalah adalah impeller berubah bentuk. Alhasil menyentuh kover motor pump, sehingga bergesekan hingga tidak bisa bergerak.

Jika hal tersebut dibiarkan, bisa menyebabkan mesin mati atau sulit dinyalakan. Kemudian mesin jadi tidak bertenaga, rpm tidak stabil, hingga indikator mesin menyala.

Oleh karenanya, jika ada pelanggan yang merasa mobilnya kena recall disarankan untuk segera datang ke bengkel resmi terdekat. Penggantian komponen akan dilakukan secara gratis atau tanpa biaya.

“Sebagai bukti Daihatsu selalu mengutamakan kualitas dan kepuasan pelanggan, Daihatsu melakukan program recall ini untuk menjaga mobil Sahabat Daihatsu tetap aman dan nyaman saat digunakan,” kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi dalam rilis resmi yang kami terima.

Baca juga  Harga Daihatsu Rocky 1.200 cc, Mulai Rp 180 Jutaan

Cara Klaim Mobil Daihatsu Kena Recall

mobil daihatasu kena recall
Persoalan ada di motor fuel pump

Kalau kamu pemilik mobil Daihatsu Xenia, Terios, dan Sirion bisa lakukan pengecekan kendaraannya kena recall atau tidak. Caranya kunjungi website www.daihatsu.co.id/recall, kemudian masukkan nomor rangka kendaraan. Dapat pula hubungi Daihtasu Access di nomor 1500898.

Pihak Daihatsu pun mengklaim bakal menghubungi pelanggan yang mobilnya kena recall. Jika kamu salah satunya, cara klaim mobil Daihatsu kena recall tidaklah sulit. Cukup datang ke bengkel resmi Daihatsu terdekat.

Kemudian pengecekan dan penggantian komponen akan dilakukan selama 2 jam. Jadi kendaraan bisa ditunggu. Supaya lebih mudah, kamu bisa melakukan booking lebih dulu.

“Bagi Sahabat yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall, silahkan bawa ke bengkel resmi Daihatsu terdekat untuk dilakukan perbaikan,” ujar Bambang Supriyadi.

Saat ini Daihtasu memiliki total 160 bengkel resmi di Indonesia yang bisa menangani mobil Daihatsu kena recall. Dengan rincian di DKI Jakarta ada 47 bengkel, Jawa Barat 14 bengkel, Jawa Tengah 19 bengkel, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara total 31 bengkel.

Baca juga  Pilih Avanza atau Xenia Baru 2021? Ini 7 Perbedannya

Kemudian wilayah Sumatera ada 26 bengkel, Kalimantan 8 bengkel, serta Indonesia bagian timur ada 17 bengkel.

Tidak hanya Daihatsu yang mobilnya kena recall masalah fuel pump. Merek lain seperti Toyota pun mengalami masalah serupa. Recall mobil Toyota bahkan dilakukan ke 10 model mulai dari Avanza, Rush, C-HR, Corolla, Camry, Voxy, Kijang Innova, Fortuner, Hilux, hingga Alphard.

Pabrikan berlogo T bahkan melakukan recall pula ke Hilux terkait masalah lain yaitu brake booster. Seluruh penggantian komponen untuk recall mobil Toyota tersebut juga dilakukan secara gratis di bengkel resmi.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru