Aki Mobil Tiba-Tiba Mati? Begini Cara Aman Jumper Tanpa Ribet!

by Tigor Sihombing
Cara Aman Jumper

Kali ini Moladin akan mengulas Cara Aman Jumper aki mobil ala Hyundai Gowa. Dalam kondisi darurat di jalan, seperti aki mobil tiba-tiba mati, bisa bikin panik siapa saja. Gak perlu panik, dengan mengetahui cara yang benar buat jumper aki bisa jadi penyelamat di tengah situasi ini.

Sebelum aki mobil benar-benar mati total, ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan. Pertama, starter mobil terasa lemot atau bahkan gagal saat mencoba menyalakan mesin, yang menunjukkan daya aki mulai menurun.

Selain itu, lampu mobil yang terlihat lebih redup dari biasanya juga jadi indikasi bahwa aki tidak mampu menyuplai listrik dengan optimal. Klakson yang terdengar lemah atau bahkan tidak berbunyi sama sekali juga bisa jadi sinyal bahwa aki mulai melemah.

Terakhir, jika mesin mobil tiba-tiba mati saat sedang digunakan, itu bisa jadi pertanda aki sudah tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

jumper aki mobil
Ketahui letak kutub + dan – di aki mobil

Kalau kamu udah ngalamin tanda-tanda ini, waktunya ambil tindakan. Yuk, kita belajar cara jumper aki mobil yang aman!

Baca juga  Telapak Ban Mobil Cepat Aus? Lakukan 6 Trik Ini Supaya Awet

Langkah-Langkah Aman Jumper Aki

  1. Posisikan Kendaraan: Pastikan mobil yang mau di-jumper dan mobil penolong posisinya cukup dekat, tapi jangan sampai bersentuhan, Bro.
  2. Matikan Semua Perangkat Listrik: Sebelum mulai, matikan semua perangkat listrik di kedua mobil, kayak AC, lampu, dan radio. Safety first!
  3. Kabel Jumper Positif (+): Sambungkan ujung kabel jumper merah ke terminal positif aki mobilmu, dan ujung lainnya ke terminal positif mobil penolong.
  4. Kabel Jumper Negatif (-): Pasang ujung kabel hitam ke ground kendaraan penolong (biasanya di sasis), dan ujung satunya lagi ke ground mobil kamu.
  5. Nyalakan Mobil Penolong: Hidupkan mobil penolong dan biarkan mesinnya nyala selama beberapa menit di 2.000 rpm.
  6. Hidupkan Mobil Kamu: Setelah itu, coba nyalain mobilmu. Kalau berhasil, lepaskan kabel jumper dengan urutan terbalik dan kamu siap jalan lagi.

Yang harus diingat, Jangan biarkan kabel jumper menyentuh komponen lain selain terminal yang tepat. Jangan juga bersandar di aki saat proses ini berlangsung, buat keamanan.

Demikian ulasan Cara Aman Jumper aki mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Begini Cara Memilih Sarung Mobil yang Tepat

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika