by

3 Alasan Beli Honda PCX 160, Bukan yang Lain

Setelah resmi meluncur di Indonesia, apakah beli Honda PCX 160 jadi pilihan tepat untuk konsumen? Mengingat harganya saat ini lebih mahal dibanding kompetitor.

Banderol PCX terbaru mulai Rp 30,35 juta (OTR Jakarta). Sementara Yamaha Nmax 155 selaku kompetitor dijual mulai Rp 29,75 juta (OTR Jakarta).

Bicara kekurangan PCX 160, pastilah ada. Sebut saja motor matik Honda ini belum dilengkapi konektivitas smartphone. Padahal Nmax 155 selaku kompetitor sudah memilikinya.

Hanya saja saat ini, kami bukan ingin membahas kekurangan lebih jauh. Fokusnya adalah membeberkan alasan konsumen beli Honda PCX 160.

Total ada tiga alasan motor ini wajib dimiliki, antara lain: performa mesin terbaik di atas kertas, bagasi paling lega di kelasnya, dan tangki bahan bakar paling besar.

Kalau kamu ingin tahu lebih detail soal alasan beli Honda PCX 160? Simak bahasan berikut:

1. Cari Motor dengan Performa Mesin Mantap

alasan beli honda pcx 160
Jantung mekanis PCX 160 punya performa yang lebih hebat dari Yamaha Nmax 155

Alasan beli Honda PCX 160 yang pertama adalah motor ini punya performa mesin mantap. Hal tersebut dikarenakan penggunaan teknologi eSP+ dengan empat katup. Ditambah lagi kapasitas mesinnya mencapai 156 cc, lebih besar dari model lama.

Baca juga  Modifikasi Motor Honda BEAT Konsep 'Valentino Rossi' MotoGP

Di atas kertas, mesin PCX 160 bisa melontarkan torsi hingga 14,7 Nm pada 6500 rpm dan tenaga maksimal 16 PS pada 8.500 rpm. Performa ini jauh lebih baik dari model sebelumnya, dengan rincian torsi meningkat 1,5 Nm dan tenaga 1,3 PS.

Jika dibandingkan dengan kompetitor, performa ini juga masih lebih baik. Nmax 155 cuma mampu mengeluarkan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 15,3 PS pada 8.000 rpm.

Oleh karenanya, bila kamu mengincar performa terbaik, pastilah PCX 160 jawabannya.

2. Inginkan Motor dengan Bagasi Paling Luas Jadi Alasan Beli Honda PCX 160

bagasi Honda PCX 160
Bagasi di bawah jok PCX 160 muat barang hingga kapasitas 30 liter

Kalau kamu menginginkan motor yang bisa memuat banyak barang bawaan, maka beli Honda PCX 160 merupakan pilihan tepat. Produk pabrikan berlogo sayap ini memiliki kapasitas bagasi di bawah jok hingga 30 liter.

Dengan kata lain, bagasi tersebut lebih luas 1,2 liter dibanding model lama atau PCX 150. Bagasi PCX 160 juga lebih superior dari bagasi Nmax 155 yang cuma 24 liter.

Baca juga  5 Prediksi Motor Baru di 2020, Salah Satunya Ninja ZX-25R

Helm full face bisa diletakkan dengan mudah di bawah jok, tidak perlu diposisikan terbalik seperti di Nmax 155. Lalu dengan daya tampung hingga 30 liter, kamu juga dapat meletakkan berbagai barang bawaan lain seperti jas hujan serta lap microfiber.

Bukan cuma itu, Honda juga meningkatkan kapasitas kompartemen depan dari PCX 160. Kini kamu bisa meletakkan botol minum di sana. Tersedia pula fitur USB Charger yang bisa dimanfaatkan ketika ingin mengisi daya smartphone ketika berkendara.

Fitur lain yang terdapat di PCX 160 adalah kendali traksi atau Honda Selectable Torque Control (HSTC), bisa mencegah roda belakang selip ketika berakselerasi. Ada pula anti-lock braking system (ABS) satu channel yang mampu menghindarkan roda terkunci ketika melakukan pengereman mendadak.

Tidak ketinggalan fitur seperti keyless, sistem pencahayaan LED, dan panel instrumen digital hadir sebagai standar di PCX generasi terbaru ini.

3. Butuh Tangki Besar dan Konsumsi BBM Irit

alasan beli honda pcx 160
Tangki BBM Honda PCX 160 mencapai 8,1 liter


Alasan beli Honda PCX 160 selanjutnya, tangki BBM paling besar di kelasnya yang mencapai 8,1 liter. Naik 0,1 liter dibanding PCX 150. Sementara tangki Yamaha Nmax 155 selaku kompetitor cuma bisa menampung 7,1 liter bensin.

Baca juga  Spesifikasi Nmax Thailand dan Jepang Tidak Sehebat Indonesia!

Dengan tangki besar, tentu pengguna PCX 160 terbaru tidak perlu sering-sering mengunjungi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Kelebihan lain, mesin motor Honda ini juga diklaim irit.

Bila mengacu data yang dipunya oleh Honda, konsumsi BBM PCX 160 bisa tembus 45 Km/liter. Catatan tersebut dicapai dengan metode pengujian ECE R40, serta mengaktifkan idling stop system (ISS).

Guna ISS, menonaktifkan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Lalu bila ingin mesin aktif lagi, cukup putar selongsong gas.

Bila merujuk angka irit PCX 160, maka saat tangki bensin penuh, motor bisa dipakai berkendara sejauh 364,5 Km. Setara dengan perjalanan Jakarta-Pekalongan, tanpa perlu isi bensin di tengah jalan. Istimewa bukan?

Itulah tadi tiga alasan beli Honda PCX 160. Setelah tahu, apakah kamu tertarik memilikinya? Untuk informasi terlengkap dan terbaru soal dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru