oleh

Alasan Yamaha Pertahankan Valentino Rossi di MotoGP 2020

Alasan Yamaha Pertahankan Valentino Rossi – MotoGP 2019 mungkin jadi musim terburuk buat Valentino Rossi yang pernah merasakan gelar juara dunia di kelas utama dengan dua pabrikan berbeda. Rossi hanya mampu bertengger di posisi ketujuh klasemen akhir dengan torehan 174 poin.

Penampilan Valentino Rossi di MotoGP 2019, mengulang catatan saat mengawali musimnya di Ducati pada 2011. Kala itu Rossi yang baru hijrah dari Yamaha menuju ke pabrikan asal Italia, tidak mampu berbuat banyak dengan Desmosedici GP11. Sekali naik podium dan hanya berada di posisi ketujuh klasemen akhir MotoGP 2011.

Takahiro Sumi yang menggantikan posisi Kouchi Tsuji sebagai kepala proyek Yamaha MotoGP pun angkat bicara. Alasan Yamaha pertahankan Valentino Rossi di MotoGP 2020, karena pengalamannya masih dibutuhkan Yamaha. The Doctor yang sudah kenal betul dengan karakteristik motor M1 diklaim akan memberikan masukan yang sempurna buat Yamaha YZR-M1 2020.

Meskipun penampilannya jeblok di MotoGP 2019, Sumi membeberkan masalah utama yang dihadapi oleh pria kelahiran Tavullia sepanjang musim kemarin. Ban menjadi masalah utama yang mengganggung penampilan Rossi di lintasan. Hal itu terjadi lantaran Valentino Rossi punya postur yang lebih besar ketimbang Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Baca juga  Marquez Bersaudara Berjaya di Sirkuit Le Mans, Kelas!

“Sampai saat ini, masalah utama yang selalu menghampiri Valentino Rossi ada di bagian ban. Bisa jadi postur tubuh menjadi pengaruhnya, tetapi kami pun belum bisa menyimpulkan seperti itu. Tentu kami akan perlu mengkaji lebih lanjut,” ucap Takahiro Sumi dikutip dari laman paddock-gp.

“Kami lebih lanjut juga menyoroti gaya balapan dari Valentino Rossi, dia musim ini tampak lebih stabil di area tikungan saat pembalap-pembalap muda lainnya terlihat seperti kesulitan dan tidak begitu mulus berada di tikungan,” lanjutnya.

Baca juga;

 

Takahiro Sumi Siap Bawa Valentino Rossi Kembali ke Top Performa

alasan-yamaha-pertahankan-valentino-rossi-di-motogp-2020
Sumi punya misi kembalikan Valentino Rossi ke top performanya

Yamaha belum mau menggeser posisi Valentino Rossi di MotoGP 2020, lantaran masih dibutuhkan pengalaman dan pengetahuannya. Itulah alasan Yamaha masih pertahankan posisi Valentino Rossi sebagai pembalap reguler. Bahkan santer tersiar kabar jika nantinya The Doctor pensiun bisa menjadi manajer Yamaha, lantaran kedekatan antara sang pembalap dengan pabrikan berlogo garpu tala.

Baca juga  Galang Hendra Resmi Naik Kelas! Siap Berikan Kejutan di WSSP 2020

Namun, sebelum hal itu terjadi Sumi punya misi membawa Valentino Rossi kembali ke top performa setidaknya hingga kontrak bersama Yamaha berakhir. Ini juga yang menjadi alasan kenapa Yamaha pertahankan Valentino Rossi.

“Kini tugas saya adalah membawa Valentino untuk bisa berada di jajaran pembalap teratas. Dia memiliki ingatan yang sangat baik dan mengingat semua yang telah kami lakukan selama bertahun-tahun. Pengalaman juga pengetahuannya sampai saat ini masih sangat kami (Yamaha) butuhkan. Semua ini sangat berharga dan harus dilestarikan. Sangat penting agar ia berada tetap di Yamaha,” papar sang pimpinan proyek Yamaha MotoGP.

Baca juga;

Terbaru