by

Andrea Dovizioso Kembali ke MotoGP

Kabar mengejutkan datang dari dunia balap motor. Andrea Dovizioso kembali ke MotoGP!

Seperti kita ketahui sebelumnya, pembalap yang pernah 3 kali meraih runner up di ajang MotoGP 2020 lalu ini menyatakan diri untuk vakum pada akhir musim kemarin.

Namun, secara mendadak tersiar kabar Andrea Dovizioso bakal menjalani uji coba tertutup bersama Aprilia Racing di Sirkuit Jerez, Spanyol pada April 2021 mendatang. Walau cuma uji coba motor MotoGP, tapi ini adalah peluang besar Dovizioso kembali ke MotoGP dalam artian menjadi pembalap atau test rider.

“Saya sangat senang dengan ketertarikan Aprilia dan ketika kami membicarakan kemungkinan melakukan uji coba ini, Saya senang bisa menerima tawaran untuk mengendarai motor MotoGP lagi, memberi masukan ke para teknisi. Saya ingin berterimakasih pada Aprilia Racing atas kesempatan ini,” kata Dovizioso dalam rilis resmi yang disebarkan oleh Aprilia Racing pada Rabu (17/3/2021).

Karir Dovizioso di MotoGP memang sempat tidak jelas, setelah didepak dari Ducati pada akhir musim 2020. Kita ketahui bersama juga, bahwa dia sudah ada di Ducati sejak 2013.

Baca juga  Tim Repsol Honda MotoGP 2021, Resmi Tanpa Dovizioso!

Keputusan vakum di balap MotoGP dinyatakan oleh Andrea Dovizioso di sela MotoGP Austria tahun lalu. Sejak itu, ia kerap digosipkan akan membela Aprilia pada 2021, sebagai pengganti Andrea Iannone yang tersandung kasus doping drostanolone.

Gosip juga sempat datang bahwa ia akan membela tim Repsol Honda. Meski demikian kenyataannya tidak. Tim Repsol Honda tetap dibela oleh Marc Marquez dan Pol Espargaro

Meski demikian, Dovizioso sempat menolak tawaran Aprilia karena kala itu motor RS-GP belum mencapai performa terbaiknya dan bahkan kerap angin-anginan.

Rider berusia 34 tahun ini juga menolak tawaran sebagai test rider Yamaha dan Suzuki. Ketika itu dia lebih memilih untuk vakum dari MotoGP sampai dapat proyek yang lebih menjanjikan.

Terlepas dari segala rumor, akhirnya ada kabar terang bahwa Dovizioso kembali ke MotoGP untuk melakukan uji coba dengan Aprilia pada 12 hingga 14 April 2021.

Peluang Jadi Pembalap MotoGP Aprilia Pada 2022

Andrea Dovizioso kembali ke MotoGP
Andrea Dovizioso berpeluang di Aprillia tahun 2022

Sejak MotoGP 2020 berakhir dan menobatkan Joan Mir sebagai juara dunia, Andrea Dovizioso pun mengalihkan fokusnya untuk berlaga di ajang-ajang motocross nasional di Italia. Hingga kemudian ada informasi Dovizioso kembali ke MotoGP sesaat sebelum musim balap digulirkan.

Baca juga  Hasil MotoGP Doha 2021, Quartararo Podium Pertama

Informasi ini dikabarkan secara resmi oleh Aprilia Racing yang siap melangsungkan uji coba motor balap MotoGP bersama Dovizioso di Jerez, pada 12 hingga 14 April 2021.

“Saya sangat senang mengundang Andrea. Hari-hari di Jerez akan menjadi kesempatan untuk kami mengetahui satu sama lain dengan lebih baik, dan juga mengenal lintasan. Ini bukan percobaan yang langsung memutuskan sesuatu, tapi kesempatan untuk berkendara tanpa adanya komitmen di masa depan,” kata Bos Aprilia Racing, Massimo Rivola.

Ketertarikan Dovizioso kembali ke MotoGP bersama Aprilia untuk uji coba ini dikabarkan, karena melihat performa garang motor Aprilia RS-GP terbaru. Di tangan Aleix Espargaro dalam uji coba pramusim MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada 6-12 Maret lalu, kuda besi balap tersebut mampu menorehkan hasil positif.

Jika uji coba ini terwujud, maka harapan lama Pol Espargaro untuk bertandem dengan Andrea Dovizioso bukan tidak mungkin bisa terkabul. Walau sampai sekarang, belum ada pembicaraan lebih lanjut antara Dovizioso dan Aprilia Racing terkait hal tersebut.

Baca juga  Marc Marquez Masuk Daftar Pembalap MotoGP Qatar 2021

“Kami semua tahu kualitas Andrea dan kontribusinya sangat pentung, walau cuma satu kali uji coba,” beber Rivola.

Pastinya untuk saat ini Dovizioso kembali ke MotoGP sudah pasti terkait uji coba motor Aprilia RS-GP. Hanya saja untuk menjadi pembalap Aprilia atau test rider pabrikan asal Italia tersebut, masih belum jelas. Buat musim ini, pasti tidak mungkin karena tim Aprilia sudah lengkap. Hanya saja selalu ada kemungkinan untuk tahun depan atau MotoGP 2022.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru