Apa Saja Perbedaan Motor Facelift dan All New?

Moladin – Apakah Anda pernah memperhatikan istilah “Facelift” dan “All New” yang disematkan pada motor produksi terbaru? Ternyata, ini adalah istilah yang menunjukkan perubahan yang dilakukan pabrik terhadap produk kendaraan bermotor.

Motor Facelift adalah motor baru yang diluncurkan setelah mengalami penyegaran produk dalam bentuk perubahan minor. Sementara itu, Motor All New adalah produk yang benar-benar baru diluncurkan. Kendaraan bermotor ini telah mengalami perubahan yang bersifat mayor atau besar-besaran dari seri sebelumnya.

 

Kategori Facelift

Yamaha Fino 125Yamaha Mio Fino termasuk matic yang masuk kategori facelift

Apa saja perubahan yang termasuk dalam kategofi Facelift pada kendaraan bermotor? Berikut di antaranya:

Perubahan warna dan striping

Produsen motor biasanya meluncurkan seri Facelift setelah 1 tahun atau 1,5 tahun produk tersebut masuk ke pasar. Tujuannya adalah agar tampilan motor lebih segar dan menarik sehingga kembali memancing minat calon pembeli. 

 

Yamaha Fino 125

*DP mulai dari

 

Salah satu yang dilakukan adalah mengubah warna dan striping pada bodi motor. Contohnya, Mio Fino 125 yang mengeluarkan versi warna doff setelah dirilis dengan warna-warna biasa pada tahun sebelumnya. Hal ini wajar dilakukan oleh pabrik motor sesuai kebutuhan pasar.

Perubahan komponen

Perubahan lain yang termasuk dalam kategori Facelift adalah perubahan komponen. Perubahan yang dimaksud adalah pada tata letak komponen maupun desainnya. Sebuah motor yang baru saja melewati tahap Facelift bisa jadi akan memiliki headlamp yang lebih proporsional. Hal ini dilakukan guna menciptakan tampilan bodi yang lebih menarik.

Ada pula yang mengubah tempat suatu fitur pada motor sehingga terpisah atau justru menyatu. Perubahan tidak dilakukan begitu saja, tetapi setelah melewati proses evaluasi. Dengan demikian, produk baru ini diharapkan lebih mantap, baik dari segi tampilan maupun performa.

Penambahan fitur

Penambahan fitur pada motor juga masih termasuk dalam kategori Facelift. Adanya produk advance merupakan suatu strategi untuk menarik minat konsumen, misalnya Yamaha Mio M3 yang menambahkan fitur Advance Key System pada motor sehingga lebih praktis.

Sejumlah perubahan tersebut masih mempertahankan bentuk asli produk. Namun, supaya kendaraan bermotor tetap bisa mengikuti tren terbaru, produk Facelift diluncurkan. Dari segi harga, biasanya ada kenaikan yang tidak terlalu signifikan.

 

Kategori All New

Yamaha Mio SYamaha Mio S merupakan all new series dari Yamaha Mio

Jenis yang kedua adalah kategori motor All New yaitu produk yang benar-benar baru. Setiap merek motor biasanya mengeluarkan produk baru setelah beberapa tahun beredar. Bukan lagi sekadar penyegaran, tetapi untuk menjangkau pasar yang berbeda. Ada beberapa perubahan yang biasanya dilakukan.

Perubahan desain

Yamaha Mio memiliki beberapa versi yang berbeda cukup jauh dari segi desain. Yamaha Mio S dan Yamaha Mio M3 akan tampak berbeda dari segi bodinya. Biasanya, perubahan desain pada motor seri All New memang terlihat lebih jelas. Perubahan ini dilakukan guna mengikuti tren terbaru sehingga menampilkan kesan yang lebih baik.

Perubahan spesifikasi teknis

Terkait mesin pada motor, akan selalu ada inovasi yang dilakukan guna memaksimalkan performa kendaraan. Hal ini biasanya mengenai spesifikasi teknis, seperti penyematan injeksi, transmisi yang bertambah, kapasitas mesin yang bertambah, demikian pula tenaga yang digunakan.  Pada umumnya, produk All New ini lebih canggih dibandingkan produk sebelumnya.

Perubahan spesifikasi ini berpotensi menjadi salah satu daya tarik bagi para calon pembeli baru. Adanya perbaikan daripada versi sebelumnya membuat pengalaman berkendara tentu lebih menyenangkan.

Penambahan fitur

Ada pula produk motor Facelift yang tidak mengalami pembaharuan fitur. Biasanya, hal ini baru akan dilakukan pada saat pabrik mengeluarkan versi All New. Hal ini berbeda-beda tergantung pada pertimbangan dari pabrik.

Menggunakan teknologi terbaru

Perlu diketahui bahwa motor versi All New selalu menggunakan teknologi terbaru yang ditemukan saat itu. Dengan teknologi tersebut, ada banyak fitur yang bisa disematkan pada bodi motor. Biasanya, fitur ini belum pernah dipasang sebelumnya dan merupakan nilai jual khusus bagi produk tersebut untuk bersaing dengan merek lain.

Dengan adanya perubahan yang signifikan pada desain maupun spesifikasi motor All New, harganya pun lumayan berbeda jauh. Motor All New dibanderol dengan nilai yang lebih mahal.

 

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

 

Pilih Facelif atau All New?

Ada calon pembeli yang mungkin bingung untuk menentukan apakah memilih kategori Facelift atau All New ketika akan membeli motor. Sebelum memutuskan, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah perbedaan harganya. Apakah bujet yang Anda miliki cukup untuk memilih motor All New? Jika tidak, seri Facelift pun tidak masalah.

Selanjutnya, pahami keunggulan masing-masing kategori motor. Anda mungkin menganggap harga motor Yamaha Mio M3 lebih mahal, tetapi dibandingkan jenis Mio lainnya yang merupakan seri sebelumnya, kualitasnya lebih baik. Di sinilah Anda perlu mengambil keputusan yang tepat karena performa motor akan mempengaruhi aktivitas Anda selanjutnya.

Untuk memilih motor, baik Facelift maupun All New, Anda bisa mengunjungi Moladin terlebih dahulu. Tersedia banyak pilihan motor baru maupun bekas yang bisa dicek secara online di sana. Semoga bermanfaat!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *