Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Aprilia RS 125 Terbaru, Harga Tembus Rp 93 Jutaan

by Tigor Sihombing

Aprilia merilis motor sport fairing terbaru RS 125 dan model touring Tuono 125. Kedua motor ini hadir dengan segenap ubahan baik dari desain maupun mesin yang diklaim lebih bertenaga. Hanya saja bukan di Indonesia, melainkan untuk pasar Eropa.

New Aprilia RS 125 meski mengusung desain body baru, di laman resminya Piaggio mengatakan motor ini tetap mewarisi karakter sport yang dimiliki oleh keluarga “RS”.

Motor sport tersebut juga mendapat penyempurnaan di sektor desain, mesin, meter cluster digital baru, dan ECU. Sama seperti saudara Aprilia RSV4 dan Aprilia RS 660, Aprilia RS 125 pun menggunakan rangka alumunium eksklusif.

Terkait warna, Aprilia RS 125 2021 ditawarkan dalam dua opsi: hitam-merah dan Sintesi Blue. Versi GP Replica dengan grafis yang sangat mirip dengan motor Aprilia RS-GP MotoGP dan dilengkapi dengan gearbox electronic quick shift dan penutup kursi penumpang

Harga Aprilia RS 125 2021 sendiri €5.390 atau setara dengan Rp 93,5 juta di Eropa. 

Desain Modern dan Agresif

Aprilia RS 125

Aprilia RS 125 adopsi desain body baru

Desain motor Aprilia RS 125 2021 terbilang sangat modern, menghilangkan kesan runcing di banding versi sebelumnya. Meski begitu motor terlihat tetap agresif.

Baca juga  5 Prediksi Yamaha R25 V3, Berubah Total!

Bagian depan menampilkan 3 lampu khas Aprilia. Mengaplikasi sistem pencahayaannya LED dengan lampu indikator belok depan terpasang di lampu depan.

Di balik fairing depan, terdapat meter cluster digital baru yang menampilkan banyak informasi seperti pengukur bahan bakar, konsumsi sesaat dan rata-rata, serta rentang sisa bahan bakar minyak(BBM).

Instrument cluster memiliki lampu latar dengan dua pilihan warna (putih atau biru muda) dan siap dipasang untuk platform multimedia Aprilia MIA sehingga memungkinkan pengguna bisa menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth, mengubahnya menjadi komputer terpasang yang lengkap.

Aprilia Bersama Bosch mengembangkan rem ABS dua saluran baru canggih yang menampilkan sistem tip-over (terbalik) jika terjadi pengereman darurat. Stabilitas dan cengkeraman saat berbelok meningkat berkat ban Michelin baru, dengan bagian belakang diperlebar hingga 140 mm.

Sistem pengereman motor ini terbilang memiliki spek yang mumpuni, mengandalkan kaliper radial (terhubung ke master silinder menggunakan garis jalinan metalik) yang menggenggam cakram baja 300 mm. kombinasi dari pilihan teknis ini dan sistem ABS baru menjadikannya pilihan yang tepat dan terbaik di kelas 125cc, klaim Aprilia.

Baca juga  Motor Sport Yamaha R7, Meluncur 18 Mei 2021

Posisi semi-handlebar pada motor sport Aprilia RS 125 2021 lebih tinggi 18 mm untuk memberikan kenyamanan lebih baik bagi pengendara tanpa mengorbankan kualitas berkendara sport-nya yang terkenal.

Performa Mesin Satu Silinder yang Mantap

aprilia rs 125

Performa mesin Aprilia RS 125 terbaru lebih mantap dan konsumsi BBM semakin irit

Sedangkan pada mesin terbarunya Aprilia RS 125 2021 mengusung jantung pacu satu-silinder, berpendingin cairan dengan timing empat-katup. Motor ini juga menggunakan ruang bakar yang didesain ulang yang menghasilkan percikan busi yang lebih besar.

Cam axles dengan kontrol katup yang lebih agresif juga baru, sedangkan seluruh saluran masuk didesain ulang dan sekarang memiliki penyaring udara baru.

Throttle body sekarang ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi agar aliran udara masuk ke kepala throttle body lebih langsung. Saluran buang telah sepenuhnya didesain ulang dan sekarang memiliki sistem pembuangan baru dengan sistem katalisis baru dan lebih efisien.

Kurva torsi mesin motor sekarang bahkan lebih kuat dan tenaga maksimum dikembangkan pada putaran rendah yang, antara lain, memungkinkan konsumsi bahan bakar minyak lebih rendah, sebagian berkat manajemen elektronik lebih halus yang dijamin oleh ECU Marelli MIUG4 baru.

Baca juga  5 Perbedaan Ninja ZX-25R Special Edition Vs Standard

Gigi final rasio Aprilia RS 125 terbaru juga sudah ditingkatkan, dengan mengadopsi sproket 58-gigi. Hal ini menghasilkan performa yang lebih responsif saat throttle diputar, memberikan lebih banyak kesenangan dalam balapan dan handling lebih mudah dalam perjalanan kota.

Volume tangki BBM Aprilia RS 125 2021 14,5-liter terbesar di kelasnya. Kompartemen di bawah jok lebih lega, cukup untuk menyimpan tablet 8 inci (tersedia port pengisian daya USB).

Untuk update informasi otomotif terbaru, simak terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika