by

Aprilia RS 660 Trofeo, Motor Dua Silinder Siap Balap!

Motor sport, Aprilia RS 660 Trofeo resmi diperkenalkan di Eropa. Kuda besi ini merupakan versi balap dari Aprilia RS 660 yang sudah lebih dulu di pasarkan.

Berbagai ubahan dilakukan oleh Aprilia Racing department, mulai dari sistem elektronik, rangka, hingga performa mesin. Tampilan motor juga dibuat lebih sporty dan dicat ulang oleh Zanasi Group.

Alhasil Aprilia RS 660 Trofeo terlihat semakin buas. Ciri khasnya ada kombinasi warna hitam, merah, dan kuning.

Tidak ketinggalan, semua komponen motor yang tidak penting untuk balap ditanggalkan. Ambil contoh spion, sepatbor belakang, serta berbagai sistem pencahayaan.

“Di versi jalan rayanya (RS 660) sudah ringan dan lincah, maka ubahan di versi Trofeo ini ada di penggunaan komponen level tertinggi dan mengeksploitasi keseimbangan rangka, assitektur, mesin, dan elektronik sampai maksimal,” seperti dikutip dari keterangan resmi Aprilia beberapa waktu lalu.

Bobot Motor Berkurang 30 Kg

aprilia rs 660 trofeo - panel instrumen
Berbagai tombol khas motor balap dihadirkan di sebelah kiri setang

Revisi yang tidak terlihat tapi penting ada di sektor elektronik. Aprilia RS 660 Trofeo menghilangkan kunci kontak dan fungsi ABS dinonaktifkan. ECU mendapat mapping ulang untuk menyesuaikan dengan motor balap. Kemudian quick shifter untuk menaikkan gigi ditambahkan.

Baca juga  Muncul Sosok Yamaha R15 Cafe Racer, Berapa Harganya?

Masuk ke bagian suspensi, hadir Ohlins AP948 di belakang dengan kompresi dan rebound yang disesuaikan. Ditambah lagi di depan ada suspensi dengan kit cartrige Misano dari Andreani. Area ban mempercayakan pada Pirelli Supercorsa V3 SC1.

Rangka juga dibuat lebih rendah, khususnya bagian segitiga depan diturunkan. Kemudian pijakan kaki juga dibuat lebih nyaman untuk balapan.

Sistem pendinginan kedua dan thermostat dihilangkan. Lalu pelindung aluminum dipasang untuk kopling dan alternator.

Ubahan di Aprilia RS 660 Trofeo sukses membuat bobot motor semakin ringan, cuma 153 Kg. Dengan demikian dietnya sukses sampai 30 Kg, karena versi jalan rayanya memiliki berat 183 Kg.

Performa Mesin Aprilia RS 660 Trofeo Naik 5 Hp

aprilia rs 660 trofeo
Berbagai komponen khas balap dihadirkan dari mulai knalpot SC Project, suspensi Ohlins, hingga rem Brembo

Tidak cuma bobotnya yang lebih ringan, performa mesin motor Aprilia RS 660 Trofeo pun ditingkatkan. Kini bisa melontarkan tenaga hingga 105 hp. Artinya naik 5 hp dibanding versi jalan raya.

Performa hebat ini juga ditunjang oleh knalpot SC Project. Kemudian filter udara yang dipakai dari Sprint Filter.

Baca juga  Ini Jawara GSX Series Digital Modifikasi Periode 1, Desainnya Keren!

Hanya saja terkait ubahannya secara detail, Aprilia tidak menyebutkan. Satu yang jelas, basis mesin yang dipakai masih sama yaitu dua silinder dengan kubikasi 659 cc.

Kalau kamu tertarik, motor ini dijual 14.700 Euro atau setara Rp 255 jutaan. Banderol tersebut lebih mahal sekitar 3.000 Euro dibanding versi jalan rayanya.

“Komponen (Aprilia RS 660 Trofeo didesain untuk kejuaraan balap, jadi dokumen registrasi tidak akan tersedia. Ini juga tidak bisa digunakan untuk berekendara di jalan raya,” seperti dikutip dari laman Aprilia.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru