Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Arti Nama bZ4X Pada Mobil Listrik Toyota Terbaru, Begitu Syulit…

by Tigor Sihombing

Kira-kira apa ya arti nama bZ4X, yang merupakan mobil listrik terbaru Toyota berharga Rp 1,19 miliar tersebut? Meminjam kata-kata di viral di sosial media TikTok, selain ‘begitu syulit’ ditulis karena terdiri huruf konsonan dan angka, nama bz4X juga ‘syulit’ untuk disebut.

Soal penamaan ini, juga banyak dikeluhkan di beberapa negara. Bahkan ada yang bilang nama bZ4X seperti penamaan jaringan wifi. Tapi, apapun alasannya, yang namanya sebuah brand dalam menamakan suatu produk pasti ada arti dan maksud tujuannya.

“Toyota bZ4X merupakan line up mobil listrik yang diluncurkan oleh Toyota. Di mana, BZ memiliki arti Beyond Zero,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto saat peluncuran mobil tersebut.

Kemudian laman resmi Toyota Jepang juga menerangkan, soal maksud angka 4 di arti nama bZ4X yang berarti dimensi bodi medium. Di atas kertas mobil listrik ini memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm

Lalu X pada bZ4X punya makna crossover atau mobil listrik yang memiliki tipe bodi SUV. Hal tersebut bisa terlihat dari ground clearance atau jarak terendah ke tanah cukup tinggi, mencapai 210 mm. Dengan demikian, bZ4X bukan cuma andal di jalan aspal, tapi juga medan bergelombang.

Baca juga  World Premiere Toyota Land Cruiser 2021, Catat Tanggalnya!

Berikut detail arti nama bZ4X yang kami dapat dari laman resmi Toyota Jepang:

  • bZ = Beyond Zero
  • 4: Segmen medium dalam hal dimensi bodi
  • X: Mengindikasikan tipe bodi SUV atau crossover.

Makna bZ4X adalah Crossover Ramah Lingkungan untuk Solusi Masa Depan

arti nama bz4X

Jarak tempuh Bz4x lebih jauh yaitu 500 km

Nah sekarang, kami akan bedah lebih dalam arti nama bZ4X, khususnya untuk kata bZ atau beyond zero. Menurut laman Toyota, beyond zero bermakna lini produk mobil listrik yang dihadirkan agar bisa menyelesaikan berbagai masalah, demi mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan dan kelangsungan generasi mendatang. 

Mobil listrik seri bZ dari Toyota juga diklaim memiliki 4 nilai. Yang pertama adalah Anda dan Orang Lain, mengisyaratkan bahwa mobil listrik ini menawarkan gaya hidup baru dan kesempatan untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman dan keluarga secara nyaman di dalam kabin bZ4X. Bagaimana tidak? Interiornya lega dengan berbagai fitur modern seperti 9-speaker JBL hingga head unit layar sentuh 12,3 inch.

Yang kedua adalah Anda dan Mobil Kesayangan. Nilai ini berarti seri bZ memungkinkan pengendara untuk menikmati kegembiraan yang penuh ketika mengendarai Toyota bZ4X. Hal tersebut dibuktikan dengan performa motor listrik yang dipasang di roda depan, mampu menghasilkan tenaga maksimal 204 hp dan torsi 266 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 8,4 detik.

Nilai ketiga adalah Anda dan Lingkungan, berarti menunjukkan bahwa seri bZ ikut berkontribusi positif terhadap lingkungan, khususnya terhadap pengurangan emisi karbon. Tentunya ini sudah bisa diketahui dari bZ4X sebagai mobil listrik yang tidak mengeluarkan emisi karbon ketika diajak berkendara.

Makna bZ selanjutnya adalah Anda dan Masyarakat. Dengan kata lain, Toyota berkomitmen agar bZ4X bisa menjadi kendaraan yang mengubah pola pikir masyarakat terhadap mobil listrik. Utamanya terkait jarak tempuh sangat jauh hingga 500 Km dan fitur safety canggih lewat Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Alhasil mobil listrik ini aman digunakan layaknya mobil konvensional untuk kegiatan sehari-hari.

Jadi bisa dikatakan arti nama bz4x adalah sebuah crossover listrik Toyota yang diharapkan bisa menjadi solusi masa depan lebih baik. Simak terus Moladin.com untuk update terbaru berita otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika