Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Tips Pilih Tipe Ban yang Tepat Untuk Motor Adventure

by Jinny
ban adventure

pas photo smaller copy R2

Bicara soal ban adventure untuk motor yang basicnya motor Trail, rata-rata pemiliknya selalu ngebahas soal ban yang dipakai. Apalagi komponen satu ini bukan cuma mencolok pada bentuknya dibandingkan ban motor biasa, tapi juga memiliki banyak pilihan model mengikuti karakter trek yang akan dilalui. Makanya motor adventure pakai ban model pacul biar handlingnya sempurna ketika melibas trek tanah, lumpur, bebatuan dan tak jarang melintas di jalan aspal.

“Sekarang ini sudah banyak produsen ban di tanah air yang mengeluarkan ban adventure untuk motor. Modelnya pun kurang lebih sama. Bahkan soal harga, ukuran dan keunggulan yang disodorkan tiap-tiap produsen bervariasi. Makanya konsumen harus lebih selektif saat menentukan pilihan ban pacul yang akan dipakai,” terang Faiznur alias
Nur dari Afnos SS MX Jl. KRT Radjiman, Jakarta Timur.

[product product=”Kawasaki KLX 150″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_KLX_150_9491_88525_large.jpg” url=”hhttps://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-klx-150bf-sports-air-cooled-4-stroke-single-150cc?utm_source=kawasaki_klx_150&utm_medium=blog_ban-adventure_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dkawasaki_klx_150″ price=”Rp. 1.347.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Ban Pacul Salah Satu Model Pas Untuk Ban Adventure

Meski model ban yang dikeluarkan relatif sama, tapi pada umumnya produsen ban menyediakan beberapa pilihan desain juga kompon yang berbeda. Hal ini ditujukan untuk menyesuaikan jenis ban dengan karakter lintasan yang dilalui. Apakah motor adventure lebih dominan melintas di jalur lumpur dan bebatuan. Ataukah masih sering melintas di jalur aspal.

Baca juga  Daftar Lengkap Motor Yamaha 2019 yang Paling Laris

“Untuk ban pacul yang dipakai di motor adventure, biasanya produsen menyediakan 3 macam jenis kompon. Untuk ban pacul tipe soft kompon biasanya digunakan untuk lintasan berlumpur. Lalu Medium untuk kombinasi jalan berlumpur dan tanah kering. Dan ada hard kompon untuk melibas karakter lintasan tanah keras,” timpal Dwi Ibnu Baskoro dari Dept. Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia dengan merek dagangnya Dunlop.

ban adventure untuk berkendara

Ukuran ban menentukan kenyamanan berkendara

Diameter ban pacul yang tersedia di pasaran untuk motor adventure ada empat macam. Tersedia ukuran ring 16 inci, 18 inci, 19 inci dan 21 inci. Untuk ukuran lain masih sulit dicari, karena umumnya pengguna motor adventure menggunakan ukuran pelek seperti yang disebutkan tadi.

[product product=”M6016H 70/90-17 38P Ban” images=”https://cdn.moladin.com/part-acc/ban/M6016H_709017_38P_19535_77077_large.jpg” url=”https://moladin.com/part-acc-motor/ban/m6016h-7090-17-38p-ban” price=”Rp. 156.000″ button=”Beli Sekarang”]

Memilih Ukuran Ban Pacul Yang Ideal

Selain diameter ban, ukuran ban yang dijual dipasaran juga sangat beragam. Mulai ban ukuran 80/100, 90/100, 100/100 hingga ukuran 110/100. Dan semua tersedia untuk seluruh ukuran diameter pelek yang dijual dipasaran dan akan dipakai oleh konsumen. Berikut ini contoh ukuran ban yang digunakan motor adventure.

Baca juga  Jangan Bingung, Begini Cara Mudah Atasi Aki Motor Soak

Jika sobat Moladiners gunakan kombinasi pelek diameter 21 inci depan dan 18 inci belakang, maka pilihan ban bisa pakai 80/100-21 (depan) dan 90/100-18 (belakang). Ukuran ini dianggap para pemain adventure menjadi salah satu ukuran ban paling ideal untuk jenis motor bertenaga sedang.

“Itu memang ukuran paling ideal. Menggunakan ban bertapak lebar di medan adventure yang berlumpur, akan menyiksa kinerja mesin. Kalau motornya bertenaga besar seperti motor Special Eengine (SE), bisa menaikan ke ukuran yang sedikit lebih besar,” imbuh Nur yang biasa geber motor adventure.

ban adventure ban pacul

Masing-masing merek ban punya kembang dan kompon yang berbeda

Lalu untuk pilihan ban yang ada dipasaran, Moladiners bisa beli ban pacul merek Maxxis, IRC, Swallow, Kenda atau Dunlop yang minggu kemarin baru diperkenalkan ke publik.

Baca juga:

Baca juga  Yuk Ketahui Sama-sama Serba-serbi Asuransi Motor

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika