Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bahaya Mengintai, Ban Cacing Haram Buat Motor Harian!

by Baghendra Lodra
BAN CACING bahaya

Haloo Moladiners. Kalian pasti udah tau dong ya sama yang namanya ban cacing. Model modifikasi ban favorit pecinta modif thai-look ini bikin penampilan motor layaknya sebuah sepeda. Hobi dan selera selalu menjadi alasan utama untuk memilih ban model seperti ini. Tak jarang ban cacing juga diaplikasikan pada motor drag-race, alih-alih untuk meningkatkan akselerasi. Padahal nih ya, ban cacing bahaya lho untuk digunakan sehari-hari dan bisa menimbulkan malapetaka loh. Simak selengkapnya di bawah ini!

[product product=”Suzuki GSX R 150″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/suzuki/Suzuki_GSX_R_150_2101_88764_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/suzuki/suzuki-gsx-r-150-sports-dohc-4-valve-water-cooled-4-stroke-150cc?utm_source=suzuki_gsx_r_150&utm_medium=blog_ban-cacing-bahaya_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dsuzuki_gsx_r_150″ price=”Rp. 1.100.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Membuat Motor Rentan Tergelincir

rentan tergelincir

Kalau kalian menggunakan ban cacing, bahaya yang paling utama adalah motor bisa tergelincir, sob. Sebab, ban yang ukurannya sangat kecil ini tidak mempunyai bidang sentuh yang cukup terhadap permukaan jalan. Risiko kecelakaan jadi lebih besar kalau pakai ban model seperti ini. So, buat kalian yang pengen modifikasi, harus dipikir matang-matang dulu deh. Ban standar aja bisa jatuh kalo jalanan basah, apalagi menggunakan ban kayak gini.

Baca juga  Sudah Tau Belum, Rantai Ternyata Punya Banyak Jenis dan Kegunaan Lho!

Velg Mudah Penyok

velg rusak

Velg Penyok Akibat Hajar Lubang

Bukan mitos, lebar ban yang ukurannya kecil ini nggak bakal sanggup untuk menahan  benturan terhadap permukaan jalan yang bergelombang. Hal tersebut dipengaruhi daya serap ban terhadap impact lebih kecil, sehingga benturan akan langsung diserap oleh velg lebih besar. Alhasil, velg motor lebih mudah bengkok, penyok bahkan bearing roda gampang oblak.

[product product=”Yamaha Aerox 155″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Aerox_155_2061_69082_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-aerox-155-premium-matic-liquid-cooled-4-stroke-sohc-155cc?utm_source=yamaha_aerox_155&utm_medium=blog_ban-cacing-bahaya_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_aerox_155″ price=”Rp. 1.000.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Ban Cacing Bukan Untuk Harian

Namanya juga ban khusus untuk balapan maupun kontes modifikasi, ya mana cocok untuk dipakai sehari-hari. Apalagi kalau kalian memakainya untuk perjalanan jauh, bisa dipastikan tidak sampai di tujuan dengan lancar. Penyebabnya sih karena ban ini kecil banget, ban lebih cepat panas yang mana hal tersebut bikin ban mudah bocor. Ditambah dengan kondisi jalur yang dijamin tidak mulus seperti di arena balapan. Hal inilah yang membuat motor jadi tidak bisa dikendalikan.

Incaran Polisi

Tilang ban cacing

Ban Cacing Sudah Pasti Jadi Incaran Penertiban Polisi

Bahaya lain dari pemakaian ban cacing adalah bisa kena tilang polisi. Ini disebabkan ada dasar hukum yang mengatur yaitu PP No 55 tahun 2012. Di sana disebutkan kalau kincup roda depan batas toleransinya adalah 5 mm per meter. Sedangkan, untuk kedalaman alur ban tidak boleh kurang dari 1 mm. Nah, bisa menyimpulkan sendiri kan kalau ban cacing ukurannya sangat kurang dari itu. Jadi, kalian jangan nekat deh memakai ban cacing. Bisa-bisa rugi sendiri.

Baca juga  Penasaran? Begini Lho Cara Kerja Mesin Motor Bensin

[product product=”Yamaha Vixion R” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Vixion_R_5241_76693_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-vixion-r-naked-liquid-cooled-4-stroke-sohc-4-valve-vva-155ccutm_source=yamaha_vixion_r&utm_medium=blog_ban-cacing-bahaya_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_vixion_r” price=”Rp. 1.200.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Bisa disimpulkan nih, kalau penggunaan ban model ini memang sangat membahayakan. Kalau digunakan untuk keperluan balapan ataupun kontes modifikasi mah enggak apa, tapi jika dipakai harian sangat tidak disarankan. Jadi, bagi kalian yang ingin mengganti roda motor jadi ban cacing, harus berpikir ulang. Atau sebisa mungkin sih tidak perlu diganti, karena roda standar adalah ban yang cukup aman untuk digunakan.

Baca juga artikel lainnya :

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika