Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

[Infografis] Panduan Cara Bayar Pajak Motor Online, Efisien Waktu dan Tenaga!

by Baghendra Lodra
cara menghitung pajak motor

Haloo sobat Moladiners. Dunia digital saat ini makin maju. Kini, mau bayar pajak motor online udah nggak se-ribet dulu. Adanya pelayanan dari Samsat Online ini memudahkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan. Namun sayangnya, kemudahan ini baru bisa dinikmati di beberapa daerah saja. Tapi jangan cemas, walaupun hanya bisa dibeberapa kota, Jinny bakal tetap kasih tau cara bayar pajak motor online ini buat kalian. Simak baik-baik ya!

[product product=”Yamaha Mio M3″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Mio_M3_2068_66732_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-mio-m3-matic-air-cooled-4-stroke-sohc-125cc?utm_source=yamaha_mio_m3&utm_medium=blog_bayar-pajak-motor-online_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_mio_m3″ price=”Rp. 400.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Singkatnya, kalian bisa lihat infografis cara bayar pajak motor online di bawah ini.

cara bayar pajak motor online

Buka Situs E – Samsat

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan meng-akses situs portal e-Samsat sesuai wilayah domisili. Berikut tautan link yang bisa kalian akses :

Sebagai informasi, sampai saat ini (11/2/2019) website samsat online DKI Jakarta masih mengalami gangguan. Oleh karena itu, pembayaran pajak motor online di wilayah Jakarta saat ini tidak dapat dilakukan.

Layanan online ini tidak berlaku untuk antar wilayah Provinsi. Portal Samsat online ini hanya memproses motor yang masih masuk dalam wilayah atau Provinsi e-Samsat tersebut.

Baca juga  Servis Radiator Motor Itu Perlu, Biar Mesin Nggak Overheat

Setelah masuk e-samsat, sobat akan diharuskan untuk mengisi data kendaraan kalian sebagai berikut:

  • Kota : Pilih kota sesuai yang tertera pada STNK.
  • Samsat : Pilih Samsat yang kala itu mengurus motor kalian.
  • Nopol : Masukkan nopol kendaraan.
  • Kode : Tulis ulang kode captcha yang ada di kotak.

Jika data yang dimasukkan benar, maka kalian akan memasuki halaman baru berupa data kendaraan, jumlah pajak yang harus dibayar dan denda misalkan pembayaran tersebut sudah melewati jatuh tempo pembayaran.

Setelah semua data diisi dengan benar, lanjutkan ke proses berikutnya.

helm klasik

Pilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak Motor Online

e-samsat

Sebelum melakukan pembayaran, kalian akan diminta untuk mengisi form lagi. Formulir ini nantinya digunakan untuk bukti pengambilan nota pajak ke Samsat kota domisili sekarang.

Beberapa data yang perlu anda masukkan adalah:

  • BPKB : Masukkan nomor BPKB kendaraan, tertera pada STNK.
  • Kota : Masukkan kota tujuan untuk mengambil nota pajak.
  • Samsat : Pilih Samsat terdekat di kota tempat kalian mengisi kolom sebelumnya.
  • Bank : Pilih layanan saat melakukan pembayaran pajak online.
  • Layanan : Jika menggunakan layanan internet banking, maka pilih internet banking.
  • Kode Bayar : Untuk mendapatkannya, lakukan Pengajuan Kode Bayar di sebelahnya. Jika sudah muncul, klik print.

Setelah itu akan muncul beserta kode bayar, jumlah yang harus dibayar dan alamat Samsat tempat mengambil nota pajak.

Baca juga  Pemutihan Pajak Kendaraan Berlaku Selama Korona

Proses Pembayaran

bayar pajak motor via atm

Tahap selanjutnya adalah melakukan pembayaran pajak motor online melalui internet banking ataupun ATM. Untuk pilihan provinsi, sesuaikan dengan wilayah domisili. Kemudian memasukkan Kode Bayar yang sudah kalian dapat dari web e-samsat. Lalu klik untuk memproses pembayaran.

Print out bukti pembayaran tersebut sebagai bukti sah untuk ditukar dengan nota pajak kendaraan yang baru.

BELI HELM ZULU FREE ONGKIR 150 RIBU! KLIK DI SINI!

Panduan Pengambilan Nota Pajak di Samsat

samsat ciledug

Datang ke Samsat (yang terdaftar saat mengisi form) pada jam kerja pukul 08:00 – 11:00. Jangan lupa membawa bukti pembayaran dari internet banking atau struk pembayaran via ATM, KTP dan STNK asli. Kalian bisa langsung menuju loket pembayaran, dan sebisa mungkin hindari calo.

Wajarnya, proses pengambilan nota pajak ini memakan waktu kurang lebih 5 menit. Dan menariknya, proses ini gratis, tanpa kupon antrian, tinggal datangi loket dan selesai.

[product product=”Suzuki Nex II” images=”https://cdn.moladin.com/motor/suzuki/Suzuki_Nex_II_16375_70255_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/suzuki/suzuki-suzuki-nex-ii?utm_source=suzuki_nex_2&utm_medium=blog_bayar-pajak-motor-online_buttonbiru&utm_campaign=utm_name%3Dsuzuki_nex_2″ price=”Rp. 550.000,-*” description=”*Dp mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Baca juga  4 Cara Cek dan Bayar Pajak Kendaraan Bekasi Online 2023

Tentu layanan bayar pajak motor online ini sangat menguntungkan dan aman. Tanpa harus antri berjam – jam, sehingga lebih efisien waktu dan juga tenaga. Sayangnya, informasi ini belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat. Oleh karena itu bagikan artikel ini agar dapat mengedukasi masyarakat untuk mengurus pajak kendaraan bermotor.

Baca juga :

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika