Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Beda 3 Varian Yamaha Fino: Sporty, Premium, dan Grande

by Baghendra Lodra
varian yamaha fino

Beda Varian Yamaha Fino – Pasar skuter matik retro saat ini sedang digemari. Tidak heran, jika jenis motor yang satu ini tiap kali rilis di pasaran diserbu peminatnya. Pabrikan berlogo garpu tala andalkan Yamaha Fino untuk bersaing di pasar skuter matik retro.

Skuter matik retro yang menggendong mesin 125 cc ini punya desain bodi yang unik, tetapi tidak meninggalkan kesan elegan. Desain ramping dengan bentuk spion membulat bikin kesan klasik di Yamaha Fino semakin melekat. Ditambah dengan diamond cut lens, desain headlamp yang anggun dengan kilauan bagai berlian.

Di pasar Indonesia, Yamaha Fino hadir dalam tiga varian: Sporty, Premium, dan Grande. Apa saja beda tiga varian Yamaha Fino tersebut? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

 

Yamaha Fino Sporty

varian yamaha fino

Kesan sporty hadir lewat penggunaan pelek dan jok hitam, serta stiker bodi unik

Yamaha Fino Sporty merupakan varian yang paling murah, dibanderol dengan harga Rp 18.210.000 (OTR Jakarta). Memiliki tiga pilihan warna, yaitu; Retro Green, Classic Blue dan Vintage Red. Beda varian Yamaha Fino yang satu ini, memadukan kesan retro dengan sport. Makanya, di kedua sisi bodi terdapat cutting sticker yang bertuliskan ‘Fino Sporty’, ditambah balutan pelek berukuran 14 inci berwarna hitam.

Baca juga  CustoMAXI x Yamaha Heritage Built Bali, Modifikator Siap Unjuk Gigi

Skuter matik retro ini menggunakan mesin 125 berteknologi Blue Core. Teknologi yang diklaim Yamaha bikin irit BBM, halus dan nyaman saat dikendarai. Pakai mesin 125cc, satu silinder, berpendingin udara 4-katup, SOHC. Yamaha Fino sanggup semburkan tenaga maksimal 9.38Hp/8.000rpm dan torsi puncak 9.6Nm/5.500rpm.

Terkait fitur, skuter matik retro ini sudah dilengkapi dengan Advance Key System yang memiliki fungsi untuk menemukan lokasi dan membuka penutup kunci. Terdapat juga fitur Smart Stand Side Switch yang fungsinya untuk menghindari pengendara yang lupa menaikan standard samping saat motor diparkir.

Selanjutnya juga sudah disematkan Smart Lock System yang bikin pengendara merasa aman saat berhenti di tanjakan atau turunan. Terdapat juga Eco Indicator, bikin konsumsi BBM motor lebih ekonomis. Ruang penyimpanan skuter matik retro Yamaha ini terbilang kecil. Hanya memiliki bagasi sebesar 8,7L. Artinya, bagasi sebesar ini tidak bisa menempatkan barang yang terlalu banyak.

Baca juga:

Baca juga  Cukup Duit 300 Ribu, Kamu Bisa Bawa Pulang Motor Ini!

 

Yamaha Fino Premium

varian yamaha fino

Yamaha Fino Premium identik dengan pelek abu-abu yang dikombinasikan jok cokelat. Stiker bodinya juga didesain untuk menunjang kesan elegan

Beda varian Yamaha Fino Premium dengan Sporty tidak banyak. Dari segi harganya memiliki kesamaan, dibanderol Rp 18.210.000 (OTR Jakarta). Perbedaan yang paling menonjol ada di pilihan warna. Varian premium punya tiga pilihan warna; Caramel Brown, Black Espresso dan White Latte.

Kemudian dengan embel-embel Premium, Yamaha memberi kesan lebih elegan untuk varian ini. Terlihat dari emblem ‘Fino’ yang timbul di kedua sisi bodinya, dipadukan dengan pelek 14 inci berwarna grey bikin skuter matik retro ini terlihat lebih elegan.

Sementara untuk fitur, tidak ada perbedaan dibanding Fino Sporty. Yamaha Fino Premium dibekali eco indicator, bagasi 8,7 liter, advance key system, dan smart stand side switch. Begitu pula untuk mesin, pakai kapasitas 125 cc.

 

Yamaha Fino Grande

yamaha fino grande

Yamaha Fino Grande paling mahal karena dapat tambahan fitur seperti lampu LED dan SSS

Varian Yamaha Fino yang terakhir adalah Grande atau paling mahal. Dibanderol dengan harga Rp 19.385.000 (OTR Jakarta). Memiliki dua pilihan warna, yaitu; Luxury Red dan Royal Blue. Kedua kelir tersebut identik dengan tampilan matte alias tidak mengilap yang membuat aura mewah lebih keluar.

Baca juga  Warna dan Grafis Baru Yamaha Mio M3, Makin Terlihat Modern!

Pada bagian samping bodinya terdapat emblem ‘Fino’ yang timbul sama seperti Yamaha Fino  Premium. Begitu pula untuk pelek varian termahal ini, menggunakan ukuran 14 inci berwarna silver.

Yamaha Fino Grande, kian mewah dengan adanya headlamp LED yang bikin pencahayaan lebih terang. Ini merupakan pembeda dengan dua varian lainnya yang masih menggunakan bohlam. Desain jok juga dibuat lebih stylish karena menggunakan warna dual tone: cokelat kombinasi hitam.

Membahas bagian fiturnya, Yamaha Fino Grande sudah disematkan teknologi SSS (Stop & Start System) yang membuat mesin otomatis mati saat motor berhenti berhenti dan baru akan menyala kembali saat tuas gas diputar. SSS ini diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar dengan lebih baik.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika