Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Beli Mobil Vs Sewa Mobil, Lebih Hemat Mana?

by Firdaus Ali
Beli mobil vs sewa

Membahas mengenai beli mobil vs sewa mobil tentu menarik. Sebab, fenomena orang lebih memilih sewa mobil dibanding membeli sudah mulai banyak ditemui. Salah satu alasannya adalah tidak repot mengurusi maintenance dan administrasi tahunan.

Berbeda halnya dengan membeli mobil, pemilik harus siap untuk perawatan mobil, membayar pajak dan asuransi serta keperluan lain untuk menunjang mobil tersebut selalu dalam keadaan prima. Namun, nilai plusnya membeli mobil adalah kepemilikan.

Yup, dengan membeli mobil tentunya mobil akan menjadi hak milik. Sementara jika sewa atau rental mobil hanya memakai saja tanpa ada hak kepemilikan.

Berbicara sewa mobil, saat sudah banyak perusahaan rental mobil, sebut saja ada MPM Rent, Trac, ASSA Rent, Batavia Rent, Hiba Rent Car, Kinto dan perusahaan rental besar lainnya. Dari deretan perusahaan rental yang kami sebutkan, hanya Kinto yang bisa menyewakan untuk konsumen personal, sisanya hanya menyewakan kepada perusahaan.

Kelebihan Sewa Mobil

Beli mobil vs sewa mobil

Salah satu keuntungan sewa mobil adalah bebas biaya servis berkala

Dalam membahas belis mobil vs sewa, tentu akan lebih menarik jika mengulas kelebihan dari sewa mobil. Berikut kelebihannya.

  • Bebas biaya servis berkala

Kelebihan yang pertama dari sewa mobil adalah bebas biaya servis berkala. Yup, saat mobil yang disewa tiba saatnya untuk diservis berkala, konsumen hanya perlu menghubungi pihak perusahaan rental dan mereka (perusahaan rental) yang akan mengurusi servis berkalanya.

Baca juga  4 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Berbahaya?

“Untuk servis berkala, konsumen tidak perlu repot. Langsung hubungi ke perusahaan rental dan nanti akan dijadwalkan untuk servis berkala di bengkel resmi. Jika ada waktu, konsumen bisa datang sendiri ke bengkel resmi tersebut, namun jika sibuk, bagian operation kami yang akan menghandlenya dengan cara menjemput mobil di rumah atau kantor penyewa dan nanti dikembalikan setelah servis berkala selesai. Oh ya, untuk pergantian ban dan aki, itu juga gratis,” terang Fitri, salah satu Marketing MPM Rent Car (6/10/2022).

Hal ini berlaku buat kebanyakan perusahaan rental mobil, termasuk Kinto. Jadi sewa mobil di Kinto, konsumen tidak perlu lagi memikirkan biaya servis atau perawatan sama sekali. Hanya saja harus lebih dulu melakukan booking servis melalui hotline Kinto. Ada dua cara, pertama walk ini yaitu datang ke bengkel resmi Toyota. Cara kedua adalah teknisi Toyota yang datang ke rumah kamu untuk melakukan servis mobil.

  • Bebas Biaya Asuransi dan Perpanjang STNK

Selain bebas biaya servis berkala, konsumen rental mobil juga bebas dari biaya asuransi dan perpanjang STNK. Sebab harga sewa yang dipatok biasanya sudah termasuk kedua hal tersebut.

Baca juga  Menakar Biaya Spooring dan Balancing, Tidak Mahal

Layanan asuransi yang didapatkan oleh konsumen juga terbilang lengkap. Ambil contoh dari layanan asuransi yang diberikan oleh Kinto, yaitu Asuransi Third Party Liability (TPL), Personal Accident (PA), Riot, Flood, and Earthquake (RFE), serta Terrorsm and Sabotage (TS).

  • Gratis Towing

Selanjutnya, beberapa perusahaan rental mobil juga biasanya menyediakan jasa towing gratis apabila mobil yang disewa mengalami kerusakan di jalan alias mogok.

Dilansir dari laman Kinto, perusahaan rental mobil di bawah naungan Toyota Astra Finance (TAF) ini menyediakan layanan mobil darurat atau towing gratis. Tentu saja hal ini membuat konsumen menjadi tenang dan tidak was-was jika mobil mengalami masalah di jalan.

  • Dapat Mobil Pengganti Jika Diperlukan

Kelebihan dari sewa mobil selanjutnya adalah adanya mobil pengganti jika mobil yang disewa mengalami masalah, seperti mesin bermasalah yang memerlukan perbaikan berhari-hari atau karena kecelakaan.

“Kita ada mobil pengganti jika mobil yang disewa mengalami masalah dan diperlukan perbaikan berhari-hari. Untuk mobil penggantinya kita usahakan model yang sama, namun tahunnya bisa lebih tua sedikit, tidak lebih dari 3 tahun. Dengan catatan mobilnya juga dalam kondisi sehat,” imbuh Fitri dari MPM.

Baca juga  Ban Mobil AT vs MT, Mana yang Lebih Baik?

Sementara untuk sewa mobil di Kinto, kustomer akan dapat pilihan untuk menikmati fasilitas mobil pengganti saat pengajuan awal. Kemudian berhak pula mendapatkan kuota mobil pengganti sebanyak 5 hari dalam 1 tahun.

Kekurangan Sewa Mobil

Beli mobil vs sewa

Biaya sewa mobil umumnya lebih mahal dari cicilan kredit mobil

Ada kelebihan tentu ada kekurangan. Begitu juga dalam membahas beli mobil vs sewa mobil. Ada beberapa kekurangan sewa mobil yang patut diketahui, seperti:

  • Harga Sewa Mahal

Rental atau sewa mobil memang lebih praktis karena tidak perlu memikirkan servis berkala, pajak dan lain sebagainya. Namun konsekuensi dari layanan tersebut adalah harga sewa mobil yang tergolong mahal.

Jika dilihat dari laman resmi Kinto, untuk harga sewa New Toyota Agya perbulan adalah Rp 4,2 jutaan. Sementara untuk New Toyota Avanza Rp 6 jutaan perbulan. Lalu untuk mobil premium seperti New Toyota Alphard di angka Rp 28 jutaan perbulan. Bisa dikatkaan nominalnya lebih mahal dari kredit mobil.

Ambil contoh Toyota Agya, harga beli barunya sekitar Rp 170 jutaan. Artinya dengan bujet Rp 4,2 juta perbulan, sama dengan menyewa mobil selama 40 bulan atau kurang lebih 3 tahun. 

  • Tidak Bisa Sewa Harian

Selain harga yang mahal, konsumen juga tidak bisa menyewa harian. Minimal sewa mobil adalah 1 bulan.

Kelebihan Beli Mobil

  • Bebas Dimodifikasi

Beli mobil vs sewa

Mobil leluasa untuk dimodifikasi

Mengulas beli mobil vs sewa mobil juga akan lebih menarik jika membahas kelebihan beli mobil dibanding sewa, salah satunya adalah pemilik bebas memodifikasi mobilnya. Yup, setiap orang yang mempunyai mobil tentu ada keinginan untuk membuat mobilnya tampil lebih optimal dengan cara dimodifikasi.

Ambil contoh seperti Wuling Air EV milik Den Dimas dan BTX Concept. Keduanya langsung memodifikasi mobil listrik tersebut tidak lama setelah datang ke rumah mereka.

  • Menjadi Kenang-kenangan

Berbeda dengan menyewa mobil yang jika masa sewnya mobil tersebut harus dikembalikan. Membeli mobil, baik baru atau bekas bisa menjadi kenang-kenangan.

Sebab, ada beberapa orang yang membeli mobil pertamanya dari hasil pencapaian karir atau usahanya. Alhasil, mobil terseebut dijadikan kenang-kenangan sebagai bagian dari perjalanan hidupnya dan bisa diberikan kepada anak turunannya.

  • Bisa Untuk Investasi

Memang tidak semua mobil bisa menjadi investasi. Umumnya mobil yang bisa dijadikan investasi adalah mobil dengan model atau warna tertentu.

Ambil contoh seperti Toyota Kijang Kapsul Krista. Siapa sangka mobil MPV tersebut saat ini menjadi incaran para kolektor, utamanya yang kondisinya masih prima dan orisinil.

Kekurangan Beli Mobil

Beli mobil vs sewa

Salah satu kewajiban memiliki mobil adalah membayar pajak tahunan

Untuk kekurangan beli mobil tentu kebalikan dari kelebihan sewa mobil. Seperti harus menyiapkan uang dan waktu untuk melakukan servis berkala, bayar asuransi dan pajak tahunan, perpanjang STNK dan juga ganti ban dan aki.

Moladiners, itulah bahasan mengenai beli mobil vs sewa mobil. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi lebih hemat mana? Semua tergantung kebutuhan, kalau kamu merupakan tipe orang yang menganggap mobil sebagai alat transportasi belaka dan tidak mau ribet dengan pengeluaran tambahan seperti servis serta perpanjang STNK, ada baiknya sewa mobil.

Sementara kalau kamu berniat membeli mobil untuk menjadi kenangan serta memiliki keterikatan secara batin, maka wajib beli mobil. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika