Benelli Imperiale 400 Siap Meluncur, Rival Royal Enfield Classic

Produk retro anyar siap dihadirkan Benelli Motor Indonesia (BMI), akhir tahun ini. Tanda-tandanya tampak di laman resmi mereka. Ada video teaser yang memunculkan sosok Benelli Imperiale 400. Motor apakah itu?

Bila melihat spesifikasi, Benelli Imperiale 400 sungguh mirip Royal Enfield Classic 350. Kedua motor ini bahkan sudah jadi rival di India, lantaran punya banyak kesamaan. Sebut saja desain klasik ala 50an. Hal ini ditunjang pula penggunaan lampu depan bulat, pelek jari-jari, jok terpisah antara pengemudi dan pembonceng.

Sektor depot daya juga tidak beda jauh. Kuda besi Benelli punya performa yang sedikit lebih unggul. Jantung mekanisnya berkubikasi 374 cc, mampu memuntahkan torsi puncak hingga 29 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 21 PS pada 5.500 rpm. Sementara Royal Enfield Classic 350 yang berkapasitas 346 cc, cuma bisa mengeluarkan torsi puncak 28 Nm dan tenaga 20 PS.

Kelebihan lain dari motor Benelli, sudah pakai sistem penyemprotan bahan bakar injeksi. Soal fitur, kuda besi ini juga mengaplikasikan rem cakram di kedua roda dengan anti-lock braking system (ABS). Tidak hanya itu, panel instrumennya pun istimewa karena sudah dilengkapi kombinasi analog serta digital.

Soal harga, konsumen India bisa menebusnya dengan Rs 1.69 Lakh atau sekitar Rp33 jutaan. Walau begitu, ketika masuk Indonesia kemungkinan banderolnya bakal lebih mahal. Kenapa? Belajar dari Royal Enfield Classic 350 yang di India dijual Rs 1.53 Lakh atau Rp29 jutaan. Ketika dipasarkan di Tanah Air, harganya mencapai Rp76.7 juta (OTR Jakarta). Jadi wajar, kalau Benelli Imperiale 400 masuk ke sini dengan harga serupa.

Baca juga:

Benelli Imperiale 400 launching di IIMS Motobike 2019?

benelli imperiale 400
Kelebihan Benelli Imperiale 400, sudah pakai injeksi, ABS, dan instrumen kombinasi

Sebenarnya pihak Benelli cuma membeberkan bahwa Imperiale 400 siap kemungkinan hadir di Tanah Air, akhir 2019. Hanya saja untuk kepastiannya meluncur di IIMS Motobike 2019, itu masih misteri. “Sssttt (jangan bilang-bilang),” ujar sumber Benelli saat kami konfirmasi.

Satu yang pasti, kemunculan kuda besi ini bakal melengkapi portofolio Benelli untuk lini produk retro di Indonesia. Mereka sudah punya Patagonian Eagle, Motobi 200, dan Motobi 152.

Benelli patagonian Eagle dan Motobi 200 merupakan motor bergaya cruiser retro. Ciri khas keduanya punya posisi kaki rileks dan setang agak tinggi dan lebar. Sementara Motobi 152 merupakan motor ala cafe racer dengan jok single seater dan setang menekuk.

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *