Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Benelli Panarea 125 Siap Meluncur di IIMS Hybrid 2021

by Reza Agis Surya Putra
Benelli Panarea 125

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Benelli Motor Indonesia siap meluncurkan satu produk skuter matik bergaya retro pada 2021. Akhirnya kabar itu bersambut dengan rencana kehadiran Benelli Panarea 125 di Tanah Air dalam waktu dekat.

Motor ini digadang-gadang meluncur pada April mendatang. Informasi tersebut disampaikan oleh Business Development Manager Region Jakarta, PT Benelli Motor Indonesia, Joel Kusuma kepada tim Moladin.com.

“Benar, kami akan hadirkan Benelli Panarea 125 segera. Tunggu saja tanggal mainnya,” ucap Joel.

Ketika kami tanyakan waktu pasti peluncuran dari skuter matik ini, Joel mengatakan kemungkinannya di IIMS Hybrid 2021. Jika benar, maka motor matik retro Benelli bakal jadi lawan tangguh dari Vespa LX 125 di Tanah Air.

“Sebetulnya kami masih menunggu event yang tepat. Kemungkinan kami bakal adakan di gelaran Indonesia International Motor Show 2021 ini,” tambah Joel.

Spesifikasi Benelli Panarea 125

benelli panarea 125

Desainnya retro, pakai mesin 125cc.

Berdasarkan beberapa informasi yang telah kami dapatkan, Panarea 125 secara global bernama Portofino. Motor ini sejatinya diproduksi oleh QJ Motor Corporation. Namun untuk pasar Indonesia, Benelli Motor Indonesia memberikan nama Panarea 125.

Baca juga  Boyolali Jadi Seri Pembuka Yamaha Cup Race 2020, Ada Fun Race

Skutik yang juga bakal jadi pesaing dari Vespa LX 125 ini, mengusung mesin 124cc 1 silinder berpendingin udara. Hanya saja dari sisi performa tidak sebaik Vespa.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum yang mencapai 8,4 HP pada putaran 7.500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimum yang dihasilkan adalah 9,0 Nm pada 6.000 rpm.

Bobotnya mencapai 107 Kg. Kapasitas tangkinya juga tidak terlalu besar, cuma 4,6 liter dan joknya lumayan tinggi  dengan spesifikasi 755 mm.

Desain Benelli Panarea 125

benelli panarea 125

Sosok Benelli Panarea 125 sebenarnya sudah pernah dibocorkan oleh Direktur PT Benelli Motor Indonesia, Steven Kentjana Putra melalui akun Instagramnya. Terlihat sekali kalau motor matik ini memiliki tampilan retro khas skuter Eropa seperti Vespa dan Lambretta.

Dari gambar, tampak saudara dari Portofino ini memiliki desain bodi serba bulat yang classic, dek rata dan juga lampu di batok setang. Ada pula grille yang khas di bagian tebeng depan.

Menguatkan model retronya, skuter matik ini menggunakan lampu depan dengan model trapesium. Sementara lampu belakang, sekilas pakai gaya agak mengotak vertikal.

Baca juga  Sosok Motor ADV 350 Terungkap, Bukan Merek Honda!

Pada bagian kaki-kaki, motor ini menggunakan roda dengan velg berukuran 12 inch. Gaya peleknya hadir dengan model klasik.

Dari sisi penerangan, motor ini telah dilengkapi lampu-lampu dengan model LED. Sementara dari sisi fitur, panel speedometer dihadirkan dengan kombinasi analog dan digital, bagasi bawah jok luas, serta USB socket charger.

Jika melihat dari bocoran sosok Benelli Panarea 125 dari Instagram Steven, maka kunci kontak kuda besi tersebut belum pakai keyless. Hanya saja kalau merujuk ke QJ Portofino, seharusnya sudah ada keyless. Entah versi apa yang bakal disodorkan ke konsumen Indonesia nanti.

Lalu soal harga, belum ada pemberitahuan resmi dari Benelli. Hanya saja kalau melihat QJ Motor Portofino 125 yang resmi dirilis September 2020 lalu di Tiongkok, memiliki banderol mulai dari 10,999 Yuan atau setara Rp. 24 jutaan.

Tentunya banderol tersebut cukup menarik, terlebih melihat harga Vespa LX 125 yang mencapai hampir Rp 40 jutaan. Buat kamu yang punya bujet terbatas, Panarea 125 bisa jadi alternatif.

Baca juga  Honda PCX 160 e:HEV, Harga Tembus Rp 50 Jutaan

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika