Minggu, September 25, 2022

8 Tips Berkendara Mobil Malam Hari Biar Tidak Ngantuk!

by Firdaus Ali
Berkendara mobil malam hari

Berencana melakukan perjalanan dengan mengendarai mobil di malam hari? Berikut akan kami ulas tips berkendara mobil malam hari.

Beberapa orang lebih nyaman berkendara mobil malam hari. Selain karena tidak terkena terik sinar matahari, umumnya situasi jalanan juga tidak terlalu macet.

Meski begitu berkendara mobil malam hari juga dibutuhkan kewaspadaan yang ekstra. Sebab  keadaan gelap serta kondisi tubuh yang lelah bisa mengakibatkan konsentrasi mengemudi bisa ambyar dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

“Pada dasarnya berkendara mobil malam hari tidak dianjurkan, utamanya untuk perjalanan luar kota. Sebab kondisi fisik tentu tidak sebugar seperti saat siang hari, jadi misalnya harus berkendara mobil malam hari harus ada persiapan yang matang,” terang Jusri Pulubuhu selaku Training Director & Founder Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC). (9/5/2022).

Nah,  untuk lebih mengetahui tips berkendara mobil malam hari. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Latihan Beraktivitas Malam Hari

Berkendara mobil malam hari

Latihan beraktivitas malam hari untuk persiapan berkendara malam hari

Persiapan atau tips berkendara mobil malam hari yang pertama adalah dengan melakukan latihan beraktivitas di malam hari dan tidur di siang hari 2 hari sebelum melakukan perjalanan. Hal tersebut bertujuan agar kondisi tubuh terbiasa saat berkendara mobil di malam hari.

“Lakukan Latihan melakukan aktivitas di malam hari 2 hari sebelumnya. Hal tersebut bertujuan agar tubuh bisa beradaptasi saat berkendara malam. Karena mengemudi di malam hari membutuhkan fokus yang ekstra dibandingkan siang hari, mulai dari minim pencahayaan jalan yang mengakibatkan jarak pandang berkurang,” imbuh Jusri.

Baca juga  5 Penyebab Setir Mobil Berat, Jangan Anggap Enteng!

2. Pastikan Kondisi Fisik Prima

Berkendara mobil malam hari

Pastikan kondisi fisik prima

Nah, setelah melakukan Latihan beraktivitas di malam hari 2 hari sebelumnya. Saat akan melakukan perjalanan mobil di malam hari pastikan kondisi fisik prima.

“Siangnya harus tidur sebelum berkendara mobil di malam hari. Tujuannya agar fisik prima saat di malam harinya. Kemudian gunakan juga jaket atau sweater untuk menghindari masuk angin,” jelas Jusri.

3. Jaga Jarak Dengan Kendaraan Lain

Berkendara mobil malam hari

Jaga jarak aman

Selanjutnya, pengemudi harus mengatur jarak dengan kendaraan lain yang ada di depannya. Hal ini memang berlaku juga untuk mengemudi di siang hari.

“Jaga jarak penting sekali untuk berkendara mobil di malam hari. Sebab seterang-terangnya lampu jalan dan lampu mobil tetap saja tidak seterang cahaya matahari. Sebab di jalanan masih ada kendaraan seperti truk yang lampu belakangnya tidak menyala, dan jika kita lengah sedikit dan jarak terlalu dekat maka bisa menimbulkan kecelakaan,” terang Jusri.

4. Pastikan Kondisi Headlamp Prima

Berkendara mobil malam hari

Pastikan kondisi headlamp prima

Headlamp merupakan bagian dari mobil yang sangat penting untuk berkendara di malam hari. Yup, pastikan juga headlamp dalam keadaan layak digunakan.

Baca juga  6 Cara Mencegah Mobil Agar Tidak Berkarat, Wajib Tahu!

Oh ya, tidak disarankan juga menggunakan jenis bohlam headlamp modifikasi yang berlebihan. Karena hal tersebut bisa merugikan kendaraan lain karena cahayanya yang terlalu silau.

5. Pastikan Kondisi Mesin Sehat

Berkendara mobil malam hari

Pastikan kondisi mesin sehat

Memastikan kondisi mesin sehat merupakan hal wajib sebelum melakukan berkendara mobil malam hari. Sebab jika di tengah perjalanan terjadi masalah pada mesin, tentu akan susah untuk mencari bengkel untuk memperbaikinya.

Caranya tidak sulit, persiapkan mobil terlebih dulu dengan cek kondisi oli. Bisa juga melakukan servis berkala sebelum melakukan perjalanan malam hari.

6. Tak Perlu Ngebut

Berkendara mobil malam hari

Hindari ngebut

Umumnya, saat berkendara di malam hari kondisi jalanan cenderung lebih lengang. Hal ini juga yang membuat pengendara memilih untuk berkendara di malam hari agar lebih cepat sampai di tujuan.

Jalanan yang lengang seringkali membuat pengendara tancap gas dan memacu mobil dengan kecepatan di atas rata-rata. Padahal saat berkendara di malam hari, Anda disarankan untuk memacu kendaraan lebih lambat agar memberikan kesempatan untuk bereaksi lebih cepat ketika terjadi sesuatu.

7. Waspada Dengan Keadaan Sekitar

Berkendara mobil malam hari

Waspada keadaan sekitar

Selain tidak perlu ngebut, berkendara mobil malam hari juga harus wasapada dengan keadaan sekitar. Ibarat siang hari, Anda bisa menjangkau jarak pandang hingga 200 meter ke depan, maka saat malam hari jarak tersebut berkurang hingga 150 meter saja. Itu pun dibantu dengan lampu jauh.

Baca juga  Cara Pasang Klakson Keong di Mobil, Mudah Banget!

Maka dari itu, dibutuhkan esktra waspada terhadap kondisi sekitar, terutama pada objek yang tidak mengeluarkan cahaya seperti hewan, orang berjalan, naik sepeda, dan lainnya. Jika tidak memperhatikan sekitar dan Anda berpacu dengan kecepatan, maka risiko kecelakaan makin tinggi.

8. Istirahat Saat Ngantuk Atau Capek

Berkendara mobil malam hari

Istirahat saat badan sudah ngantuk atau lelah

Banyak yang lalai dengan kondisi fisik saat berkendara mobil di malam hari. Jika dirasa kondisi fisik sudah capek atau ngantuk sebaiknya langsung melakukan istirahat di rest area.

“Istirahat jika sudah melakukan perjalanan 2 sampai 3 jam. Memang biasanya setelah 2 atau 3 jam perjalanan kondisi fisik masih terasa prima. Namun begitu, baiknya tetap istirahat untuk melakukan stretching ringan untuk menjaga fisik tetap prima,” jelas Jusri.

Jusri juga menuturkan, jika perjalanan sudah melakukan perjalanan selama 6 sampai 8 jam baiknya mencari penginapan untuk istirahat dan melanjutkan perjalanan di esok hari. Atau melakukan penggantian supir.

“Berkendara mobil malam hari membuat mata mudah lelah dan tentu akibatnya ngantuk. 2 jam pertama biasanya belum merasa lelah, namun baiknya tetap istirahat 10 sampai 15 menit untuk stretching. Kemudian jika sudah 8 jam ganti supir pengganti atau mencari penginapan untuk istirahat dan melanjutkan perjalanan esok hari,” tutup Jusri.

Moladiners, itulah ulasan mengenai tips berkendara mobil malam hari. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika