oleh

Biar Tidak Bocor, Perhatikan Perawatan Mobil Soft-Top

Memiliki mobil dengan atap yang menggunakan bahan kanvas (soft-top) memang menjadi kebanggan tersendiri. Namun, pemilik harus perhatikan perawatan mobil soft-top agar atap yang terbuat dari kanvas tersebut tetap awet dan berumur panjang.

Mobil dengan atap yang menggunakan bahan kanvas membutuhkan perawatan yang berbeda dari mobil pada umumnya. Sebab material kanvas tentunya dibutuhkan treatment khusus agar kondisinya tetap terjaga dan tidak mudah bocor.

Jika pemilik mobil soft-top memiliki waktu luang, cara perawatannya bisa dilakukan sendiri dari rumah. Perawatan mobil soft-top tidak begitu rumit, hanya saja dibutuhkan ekstra detail saat melakukannya.

Cara perawatan atap mobil soft-top

  • Cuci di tempat yang teduh

perawatan mobil soft-top_
Cuci ditempat yang teduh.

Langkah awal perawatan mobil soft-top adalah dengan mencuci bagian sof-top tersebut ditempat yang teduh. Sebab material bahan kanvas jika terkena sinar matahari secara langsung maka pori-porinya akan mengembang.

Nah, jika saat pori-pori mengembang dan disiram air, akibatnya pori-pori kanvas akan mengecil secara mendadak dan bisa menyebabkan bahan kanvas tertarik. Akibatnya benang kanvas akan teratrik dan bisa menimbulkan robek.

  • Gunakan shampo atau sabun khusus

perawatan mobil soft-top
Gunakan shampo atau sabun khusus

Mencuci bagian atap mobil yang menggunakan soft-top atau kanvas tidak boleh sembarangan menggunakan sabun atau shampo.

Gunakan shampo atau sabun yang tidak mengandung deterjen. Sebab bahan kanvas bisa mudah rusak jika asal dalam pemilihan sabun atau shampo yang digunakan untuk mencucinya.

  • Gunakan sikat halus

Setelah mengguyur rata semua bagian kanvas, usap secara lembut dengan spon yang sudah direndam dengan air shampo atau sabun.

Jangan terlalu ditekan saat mengusapnya. Jika ada kotoran yang sekiranya agak membandel, gunakan sikat halus untuk menghilangkannya.

  • Hindari bersihkan mika kaca dengan sikat

Pada mobil yang menggunakan soft-top pada atapnya tentunya juga ada bagian yang menggunakan mika kaca, biasanya pada bagian belakang.

Nah, untuk membersihkan mika kaca tersebut, cukup menggunakan spon. Hindari menggunakan sikat, sebab sehalus apapun sikat tersebut akan berpotensi menimbulkan goresan pada mika kaca.

  • Segera bilas dan keringkan

perawatan mobil soft_top
Segera bilas dan gunakan kain micro fiber untuk mengeringkannya.

Langkah selanjutnya perawatan mobil soft-top adalah dengan segera membilas jika sudah selesai mengusap atap soft-top tersebut dengan air shampo atau sabun.

Jangan biarkan air shampo atau sabun tersebut terlalu lama mengendap di permukaan kanvas. Hal tersebut bisa menimbulkan bercak atau noda.

Kemudian keringkan dengan menggunakan kain jenis micro fiber. Usap secara merata pad semua bagian kanvas dan pastikan mengering dengan merata.

Jika memungkinkan, pemilik mobil sof-top bisa menggunakan hairdryer untuk membantu mempercepat proses pengeringannya.

“Memiliki mobil dengan atap sof-top memang keren, namun perawatannya tidak boleh sembarangan. Harus menggunakan shampo dan sabun khusus yang tidak mengandung deterjen, cara membersihkan dan mengusapnya juga tidak boleh terlalu ditekan, serta harus ditempat yang adem saat mencucinya,” terang Wahyu, mekanik Salah satu bengkel body khusus  mobil Mercy yang berada di kawasan Cirendeu.

Moladiners, itulah ulasan mengenai perawatan mobil soft-top. Untuk informasi seputar otomotif yang menarik, pantau terus Moladin.com.

Terbaru