Biaya Ganti Busi Bugatti Veyron, Lebih Mahal dari Harga Mobil Brio RS!

by Baghendra Lodra

Ternyata biaya ganti busi Bugatti Veyron sangatlah mahal. Nominalnya tembus $20.000 atau setara Rp 300 jutaan.

Dengan kata lain, tarif yang dikenakan lebih mahal dibanding harga mobil Honda Brio RS Urbanite terbaru yang cuma Rp 243,9 juta (OTR Jakarta). Kenapa ganti busi saja, biayanya sangat mahal?

Pertama-tama karena ini adalah Bugatti Veyron, hypercar dengan mesin 8.000 cc dengan konfigurasi W16. Harga mobilnya, tembus $1,9 juta atau Rp 28 miliar (Di Indonesia, banderolnya bisa lebih mahal karena pajak).

Informasi soal biaya ganti busi Bugatti Veyron ini diungkapkan oleh akun teknisi mobil bernama Fixitsteven di platform Reddit. Dia mengaku sedang membetulkan mobil berperforma tinggi tersebut, lantaran pengapiannya terganggu di silinder nomor 13 dan 16.

Busi Bugatti Veyron sesunguhnya tidak beda dari busi mobil VW biasa yang harganya $18 setara Rp 265 ribuan. Namun, karena ini dibalut merek Bugatti, maka harga satuannya $170 sekitar Rp 2,5 jutaan. Kemudian paket koil penggantinya, masing-masing $730 setara Rp 10 jutaan.

Baca juga  Mengenal Kelebihan Busi Iridium dan Cara Merawatnya

Maka seluruh biaya ganti busi Bugatti Veyron beserta koilnya sekitar Rp 300 jutaan. Ongkos tersebut bengkak, lantaran pekerjaan yang dilakukan mekanik tidaklah mudah. Fixitsteven mengatakan, ini adalah pekerjaan dengan waktu 40-50 jam.

Sulitnya Mengganti Busi Bugatti Veyron

biaya ganti busi bugatti veyron

Tampilan mesin Bugatti Veyron yang sudah dilepas kovernya

Di samping harga busi dan koil yang mahal, biaya ganti dua komponen itu di mobil Bugatti Veyron ternyata menyulitkan. Teknisi harus mencopot beberapa panel bodi bagian belakang terlebih dulu.

Lalu alat khusus khusus dibutuhkan untuk membuat mekanik benar-benar berada di atas mesin. Hal ini penting untuk memberikan ruang pandang serta memudahkan pencopotan dan pemasangan busi dan koil.

“Satu-satunya cara agar koil bisa keluar adalah dengan melepaskan ratusan pengikat, sambil tidak menjatuhkan apa pun ke jurang ruang mesin,” kata mekanik Fixitsteven pada Carscoops.

Jadi sudah tahu kan, biaya ganti busi Bugatti Veyron beserta koilnya? Tentu buat pemilik hypercar tersebut, uang Rp 300 juta tidaklah terasa berat.

Baca juga  5 Tanda Busi Mobil Harus Ganti, Jangan Sepelekan!

Ya inilah konsekuensi dari memiliki salah satu mobil termahal di dunia. Masa iya, bisa beli mobilnya, tidak punya uang untuk servisnya!

Sudah tahu harganya tinggi dan servisnya mahal, kenapa masih ada yang mau beli Bugatti Veyron. Salah satunya, karena performanya juga istimewa. Di atas kertas, mesin W16 milik hypercar ini punya empat turbo yang bisa melontarkan tenaga hingga 1.0001 PS. Bahkan di model terbarunya bisa tembus 1.200 PS. Gila.

Mesin buas itu mampu membuat mobil berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 2,6 detik. Sementara untuk kecepatan maksimalnya 375 km/jam.

Itulah tadi bahasan soal biaya ganti busi Bugatti Veyron beserta koilnya. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika