Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Biaya Ganti Kaca Mobil Pecah, Semahal Apa?

by Firdaus Ali

Biaya ganti kaca mobil pecah beragam, tergantung merek mobil serta poisi kaca pada mobil tersebut. Selain itu juga produksi mobil Jepang dan Eropa tentu berbeda harganya.

Kaca mobil merupakan salah satu bagian terpenting dalam struktur sebuah mobil. Berfungsi sebagai penahan angin dan kotoran dari luar masuk ke dalam kabin mobil.

Meski materialnya terbilang tidak mudah rusak, namun kemungkinan mengalami kerusakan atau pecah bisa saja terjadi yang disebabkan oleh faktor usia atau faktor eksternal karena terkena kerikil dan kecelakaan di jalan.

Untuk mengganti kaca mobil pecah bisa dilakkukan melalui dua pilihan, melalui bengkel resmi atau bengkel spesialis kaca mobil.

Indikator Harga Kaca Mobil

biaya ganti kaca mobil pecah

Harga dan biaya ganti kaca mobil ditentukan juga oleh merk dan model mobil

Ada beberapa indikator harga kaca mobil, seperti merk mobil, letak atau posisi kaca mobil, jenis dan model mobil, serta tahun pembuatan.

  • Model mobil

Model mobil adalah istilah yang digunakan oleh produsen kendaraan untuk memasarkan berbagai jenis mobil. Metode yang digunakan untuk mengklasifikasikan berbagai produk ke dalam model bervariasi antara produsen yang berbeda. Contohnya adalah perbedaan antara BMW 7-series dan BMW X5, keduanya sama-sama merk BMW tetapi cukup berbeda dalam fitur, bodi dan spesifikasi.

  • Tahun pembuatan mobil

Tahun pembuatan mobil atau modelnya juga mempengaruhi biaya. Avanza yang dibuat pada tahun 2000 akan memiliki fitur yang lebih sedikit daripada Avanza 2020, Jadi, akan lebih murah untuk mengganti.

  • Merk mobil

Merk mobil jelas menentukan harga dari kaca mobil. Misalnya saja harga kaca mobil Mitsubishi Xpander tentunya akan berbeda dengan harga kaca mobil Daihatsu Xenia, meski tahun pembuatannya sama.

  • Tempat Perbaikan

Selanjutnya adalah tempat perbaikan atau membeli kaca mobil. Harga antara satu bengkel spesialis kaca mobil satu dengan lain umumnya ada perbedaan. Apalagi untuk bengkel resmi, tentu harganya akan lebih mahal dari bengkel umum spesialis kaca mobil.

Harga Kaca Mobil

biaya ganti kaca mobil pecah

Penggantian kaca belakang mobil.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa harga kaca mobil ditentukan dari merk, jenis mobil, tahun pembuatan dan letak dari kaca mobil tersebut. Berikut informasinya

  • Harga kaca mobil depan

Biaya ganti kaca mobil pecah kita ambil untuk jenis mobil Daihatsu Xenia. Aris Triyono selaku Servis Advisor Astra Daihatsu mengungkapkan harga kaca mobil depan dan belakang di bengkel resmi Daihatsu.

Baca juga  Beda Caravan dan Campervan, Mana yang Asik untuk Liburan?

“Untuk kaca bagian depan harganya berkisar Rp 960 ribuan, serta lem kacanya Rp 200 ribu serta list kaca dikisaran Rp 90 ribuan. Harga teresebut belum termasuk biaya pasangnya. Untuk biaya jasa pasang Rp 350 ribu,” terang Aris.

“Selain itu, kami juga memberikan garansi selama 6 bulan atau 10 ribu kilometer. Dengan catatan bukan untuk garansi dari eksternal seperti terkena batu atau kerikil,” imbuh Aris.

Sementara itu, Sanusi selaku mekanik dari bengkel spesialis kaca mobil di bilangan Ciputat mengungkapkan bahwa biaya ganti kaca mobil pecah tidaklah mahal.

“Saya ambil contoh mobil yang banyak populasinya, yaitu Toyota Avanza. Untuk harga kaca depan di harga Rp 1,2 jutaan termasuk biaya pasang.

  • Harga kaca mobil samping

biaya ganti kaca mobil pecah

Kaca samping depan.

Berbeda halnya dengan kaca mobil bagian depan dan belakang, umumnya jika kaca bagian samping mengalami kerusakan atau retak umumnya tidak bisa diperbaiki. Dengan kata lain harus ganti yang baru.

Sebab, kaca mobil samping terbuat dari tempered glass yang tebal dan susah untuk dilakukan perbaikan. Untuk harganya dibanderol Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribuan.

  • Harga kaca mobil belakang

Biaya ganti kaca mobil pecah bermacam-macam, untuk kaca belakang dibanderol kisaran harga Rp 560 ribuan untuk mobil Daihatsu Xenia. Lagi-lagi harga tersebut belum teramasuk biaya jasa pasang seta harga kaca filmnya.

“Harga kaca mobil memang berbeda-beda, tergantung letak posisi kacanya serta mobil buatan mana. Kalo mobil Jepang masih terbilang terjangkau, namun kalo mobil Eropa lebih mahal, berkisar di atas harga mobil Jepang. Selisinya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 2 jutaan,” jelas Sanusi.

“Oh ya, jika konsumen mengalami keterbatasan budget terkadang ada kaca mobil copotan. Namun harus hati-hati dalam memilihnya, ditakutkan kaca mobil bekas tersebut sudah pernah direparasi. Imbasnya jelas kekuatannya tidak akan sama dengan yang masih baru,” imbuh Sanusi.

Mengenal Kaca Mobil Orisinil, Aftermarket serta Bakaran

  • Kaca mobil orisinil

biaya ganti kaca mobil pecah

Kaca orisinil BMW

Kaca mobil orisinil berarti kaca mobil yang mempunyai logo merk kendaraan tersebut, dan biasanya dijual di dealer resmi ataupun toko spare part merk kendaraan tersebut. Sebut saja kaca mobil orisinil BMW, berarti kaca mobil ini mempunyai Logo BMW pada kaca  tersebut, yang disertai dengan logo pabrik yang memproduksi kaca mobil tersebut.

  • Kaca mobil aftermarket atau OEM

Apa itu OEM? OEM adalah Original Equipment Manufacturer  atau pabrik yang menghasilkan kaca mobil orisinil untuk dipakai para merk-merk otomotif. Pabrik tersebut juga memproduksi kaca mobil dengan menggunakan logo merk dagang mereka sendiri untuk dipasarkan sehingga disebut sebagai kaca mobil Aftermarket atau OEM.

Baca juga  6 Tips Beli Nissan Grand Livina Bekas

Proses produksi kaca aftermarket pun sama dengan kaca mobil  yang digunakan untuk memproduksi kaca orisinil. Yang membedakan keduanya hanyalah tidak adanya logo merk endaraan tersebut seperti BMW, Toyota, Honda, dan lain sebagainya.

Contoh merek kaca aftermarket adalah Fuyao. Umumnya dari sisi harga juga lebih murah dibanding kaca OEM.

  • Kaca mobil bakaran

Kaca mobil bakaran biasanya digunakan jika kaca mobil orisinil ataupun kaca mobil aftermarket tidak tersedia di pasaran. Umumnya digunakan untuk mobil-mobil klasik yang mempunyai spare part yang sulit untuk dicari misalnya mobil tahun 1980-an, ataupun juga mobil-mobil karoseri.

Dari beberapa pilihan kaca mobil tersebut, mana yang harus dipilih? Jika mempunyai budget lebih disarankan untuk menggunakan kaca orisinil yang dijual di diler-diler. Selain lebih meyakinkan, umumnya juga ada garansinya.

Namun jika budget tidak mamapu untuk membeli kaca mobil ang orisinil, bisa dengan alternatif membeli kaca aftermarket yang tentunya harga dan kualitasnya sebenarnya sama dengan yang kaca mobil orisinil. Yang membedakan hanya tidak ada logo merk sesuai mobilnya.

Nah, jika mobil klasik yang mengalami pecah kaca mobilnya bisa menggunakan kaca bakar untuk mengantisipasinya sementara. Namun baiknya tetap diganti dengan kaca mobil yang orisinil atau OEM.

Proses Pemasangan Kaca Mobil, Berapa Lama?

biaya pasang kaca mobil pecah

Pemasangan kaca mobil

Pemasangan kaca mobil tidak membutuhkan waktu lama, sekitar dua sampai tiga jam saja, namun jika yang diganti full dari depan, samping dan belakang maka tentu biayanya akan lebih maha. Stsu beberapa bengkel spesialis kaca juga menawarkan paket pemasangan kaca mobil.

“Untuk paket ganti kaca baru depan, belakang dan samping berkisar Rp 3 juta sampai 5 jutaan. Lagi-lagi tergantung merek dan mobil lansiran mana, Jepang atau Eropa.

Untuk waktu yang dibutuhkan untuk pemasangan kaca mobil pecah biasnaya sekitar 2 sampi 3 jam. Namun jika yang ingin diganti seluruh kaca mobilnya bisa sampai Rp 5 juta,” tutup Sanusi.

Baca juga  10 Cara Reset Alarm Mobil, Pemilik Wajib Tahu!

Tips Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Kinclong

biaya ganti kaca mobil pecah

Gunakan kain berstektur lembut untuk mengelap kaca mobil

Setelah mengetahui kisaran biaya ganti kaca mobil pecah, berikut akan kami ulas juga cara merawat kaca mobil. Tujuannya jelas, agar kaca mobil tetap kinclong dan visibilitas pengemudi tidak terganggu. Berikut beberapa tipsnya:

  • Jaga kebersihan kaca mobil secara rutin

Yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan kaca secara rutin. Sebagaimana diketahui, kaca memiliki bagian yang cukup luas dan sangat mudah terkena kotoran. Mulai dari debu yang menempel, air hujan, hingga cipratan air dari kendaraan lain yang bisa meninggalkan noda kotoran.

Jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama maka akan sulit untuk dibersihkan. Untuk membersihkan noda atau kotoran tersebut, bisa menggunakan cairan khusus permbersih kaca atau diguyur dengan menggunakan air bersih. Kemudian untuk mengeringkan, gunakan kain microviber atau kain lap bersih berstektur halus.

  • Langsung cuci dan keringkan setelah terkena air hujan

Beberapa pemilik mobil terkadang masih malas mengeringkan atau mengelap langsung kaca mobil yang habis terkena air hujan, bahkan membiarkannya terlalu lama. Jika hal ini sering dilakukan, akibat buruknya kaca mobil akan jamuran.

Untuk itu, baiknya setelah kaca mobil terkena air hujan, segera diguyur dengan air bersih dan langsung dilap dengan kain microviber atau kain lap bersih.

  • Bilas kaca mobil yang kotor dengan 2 air dan 2 kain lap

Membersihkan kaca mobil juga tidak boleh asal-asalan. Cara yang benar adalah siapkan terlebih dahulu 2 ember, 1 ember diisi air yang sudah dicampur dengan cairan pembersih kaca, dan satu lagi diisi dengan air bersih.

Kemudian, sediakan juga 2 kain lap bersih. Bisa menggunakan kain lap yang bertekstur halus atau kain microviber. Tujuannya agar proses pengeringan optimal.

  • Ganti karet wiper jika sudah getas

Salah satu penyebab goresan yang muncul di kaca mobil disebabkan oleh gerakan wiper, khususnya ketika kondisi karet mengeras. Penting bagi pemilik mobil untuk rutin memeriksa kondisi karet wiper.

Caranya cukup mudah, hanya perlu menggerakkan karet wiper untuk menguji kelenturannya. Bila dirasa sudah keras, maka segera ganti karet wiper tersebut dengan yang baru. Umumnya, karet wiper wajib diganti paling lambat setahun sekali untuk mencegah goresan permanen terjadi pada kaca.

Modaliners, itulah ulasan mengenai biaya ganti kaca mobil pecah. Untuk informasi otomoti menarik pantau terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika