oleh

Biaya Kursus Mengemudi, Ternyata Terjangkau!

Tempat kursus mengemudi semakin menjamur di berbagai wilayah khususnya kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan kota besar lainnya. Biaya kursus mengemudi juga beragam, tergantung dari pilihan jenis mobil yang digunakan, transmisi mobil, serta durasi belajarnya.

Beberapa tempat kursus mengemudi memang memasang harga lebih tinggi dari tempat kursus lainnya. Hal tersebut umumnya karena mobil yang digunakan untuk praktek belajar mengemudi, usianya masih muda dan jenis mobil yang digunakan lebih bagus.

Bahkan jenis transmisi mobil juga mempengaruhi biaya kursus mengemudi. mobil bertransmisi otomatis lebih mahal ketimbang mobil yang mengusung transmisi manual.

Selain itu, biaya kursus mengemudi juga dipengaruhi oleh paket yang ditawarkan. Salah satu contohnya adalah paket yang berkaitan dengan durasi waktu prakteknya dan paket yang sudah termasuk pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) A.

“Biaya kursus mengemudi memang berbeda-beda untuk setiap tempat kursus, umumnya tergantung dari paket yang diambil, jenis mobil dan transmisi yang digunakan untuk praktik, serta harinya, kalau weekend lebih mahal,” ujar Bobby yang merupakan salah satu trainer tempat kursus mengemudi dibilangan Pondok Cabe. (1/11/2021).

Biaya kursus mengemudi

biaya kursus mengemudi
Simulasi penilaian kursus mengemudi

Seperti dijelaskan sebelumnya, jika biaya kursus mengemudi dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti jenis mobil dan jenis transmisinya serta durasi dan hari prakteknya. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita ulas lebih jauh biayanya.

Oh ya, biaya yang akan kita ulas adalah biaya yang diterapkan oleh salah satu tempat kursus mobil yaitu Talenta Jaya. Notaben ini merupakan lokasi kursus mengemudi yang sudah dikenal dan kualitas mobilnya masih bagus.

  • Biaya berdasarkan jumlah pertemuan praktik (weekdays)

10 x pertemuan Rp 1.000.000 untuk mobil transmisi manual.

10 x pertemuan Rp 1.100.000 untuk mobil transmisi otomatis.

8 x pertemuan Rp 850.000 untuk mobil transmisi manual.

8 x pertemuan Rp 1.000.000 untuk mobil transmisi otomatis.

6 x pertemuan Rp Rp 650.000 untuk mobil transmisi manual.

6 x pertemuan Rp 850.000 untuk mobil transmisi otomatis.

Sementara itu untuk pertemuan di hari Sabtu dan Minggu dengan durasi 8 kali pertemuan, biaya kursus mengemudi yang dikenakan sebesar Rp 900.000 untuk mobil transmisi manual dan Rp 1.050.000 untuk mobil transmisi otomatis.

Selain paket regular di hari kerja dan weekend, ada pula paket kelas praktik malam dan privat (1 mobil 1 murid).

Untuk kelas praktik malam dengan 7 kali pertemuan dikenakan biaya Rp 800.000 untuk mobil transmisi manual dan Rp 900.000 untuk mobil bertransmisi otomatis.

Sedangkan untuk kelas privat dengan 2 kali pertemuan biayanya sebesar Rp 300 ribu untuk mobil bertransmisi manual dan Rp 350.000 untuk mobil bertransmisi otomatis.

Oh ya, selain biaya tersebut, dikenakan biaya pendaftaran awal sebesar Rp 30 ribu serta memberi uang kepada trainer sebesar Rp 40 ribu untuk setiap kali menjalani belajar praktik mengemudi.

Sebagai catatan, biaya di atas menggunakan mobil jenis Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio untuk transmisi manual. Sedangkan untuk transmisi otomatis menggunakan mobil Toyota Raize dan Toyota Fortuner.

  • Biaya pembuatan Surat Izin Mengemudi

Hampir semua tempat kursus mengemudi bisa membantu untuk membuatkan SIM A. Terutama setelah selesai uji praktik dan dinilai layak untuk mendapatkan SIM A. Meski demikian, sayangnya biaya yang dipatok memang cukup tinggi dari harga normal jika mengurus sendiri pembuatan SIM A di SAMSAT.

Jika mengurus sendiri dalam membuat SIM A di SAMSAT harga resminya adalah Rp 120 ribu, di luar bayar tes kesehatan Rp 30 ribu dan administrasi lain sekitar Rp 20 ribu.

Berbeda halnya dengan pembuatan SIM A melalui tempat kursus mengemudi. Harga yang dikenakan oleh murid yang sudah lulus ujian praktik sebesar Rp 850 ribu. Meski demikian memang tidak perlu antri dan mengikuti uji teori dan praktik kembali di SAMSAT, misalnya datang pun hanya bersifat formalitas. Meski hal tersebut tentunya tidak dibeberkan di brosur.

Murid hanya datang untuk pengambilan foto dan sidik jari. Berbeda halnya jika mengurus pembuatan SIM A sendiri dengan mengikuti jalur normal yang bisa memakan waktu seharian penuh, itu pun belum tentu dinyatakan lulus.

  • Jam praktik belajar mengemudi

Jam praktik kursus mengemudi dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore, dengan durasi setiap pertemuan adalah 2 jam.

Sementara itu untuk kelas praktik belajar mengemudi kelas malam dimulai dari jam 18.30 hingga jam 20.30.

Keuntungan belajar di tempat kursus mengemudi

  • Kerusakan mobil ditanggung oleh pihak tempat kursus

biaya kursus mengemudi
Ilustrasi belajar mengemudi mobil

Tidak khawatir memperbaiki kerusakan jika mobil menabrak sesuatu atau menyenggol objek lain. Misalnya sedang belajar parkir dan menabrak tembok, secara otomatis pihalk tempat kursus dan trainer yang bertanggung jawab.

  • Waktu fleksibel

Denan belajar mengemudi di tempat kursus, kita bisa melihat jadwal praktiknya dan menyesuaikan sesuai keinginan kita.

  • Dilatih oleh trainer berpengalaman

Setiap mobil praktik yang digunakan oleh pihak tempat kursus tentu sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Meski begitu dibutuhkan juga trainer yang handal, sabar dan telaten agar muridnya bisa belajar mengemudi dengan maksimal.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya kursus mengemudi. Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru