by

Biaya Membuat Campervan, Tembus Ratusan Juta?

Kira-kira berapa biaya membuat campervan yang sesuai untuk digunakan berlibur yang aman dan nyaman bersama keluarga? Perlu diketahui, bahwa dalam membuat sebuah campervan, tidak ada batasan dan aturan baku mengenai biaya.

Tapi yang pasti, mobil campervan haruslah aman dan nyaman saat digunakan. Baik ketika mobil dikendari atau pun saat mobil dipakai untuk camping di lokasi wisata.

Menurut Yoyo dari Jakarta Campervan yang berlokasi di Cinere, Jakarta Selatan ini, mobil biasa atau kendaraan sehari-hari pun bisa dijadikan sebagai campervan.

“Karena semua tergantung kebutuhan, mobil biasa saja dikasih kasur juga sudah bisa dibilang campervan,” kata Yoyo saat dihubungi Moladin.com, Kamis (14/10/2021).

Bila demikian, tentu biaya membuat campervan tidaklah mahal. Namun agar mobil yang digunakan aman dan nyaman harus pintar menggabungkan segala macam fasilitas dalam satu mobil. Tujuannya tidak lain, semua perlengkapan yang dibawa bisa berfungsi maksimal sesuai kegunaannya masing-masing.

Berapa Biaya Bikin Campervan Sendiri?

biaya membuat campervan
Ilustrasi Campervan sederhana

Terkait biaya membuat campervan tentunya bervariasi. Semua tergantung perabotan apa yang akan kita masukan kedalam mobil sebagai perlengkapan camping.

Hanya saja kalau mau sederhana, sebenarnya merancang campervan tidak sulit. Pasalnya bisa juga menggunakan mobil sehari-hari. Cuma perlu beli beberapa peralatan. Sebut saja tenda, awning, roof rack, kasur lipat, kursi lipat, meja lipat, dan berbagai perlengkapan untuk memasak dan bahan makanan.

Jadi kalau mobilnya sendiri, sungguh ubahannya minimal. Paling ditambah awning dan roof rack. Guna awning sebagai kanopi untuk berkegiatan di luar mobil. Harganya mulai Rp 1 jutaan.

Lalu roof rack, bisa dipakai meletakkan banyak barang bawaan di atap. Harga roof rack sekitar Rp 1 jutaan ditambah kover atau tas tahan air sekitar Rp 500 ribu.

Kemudian untuk tidur keluarga, bisa dibagi dua. Buat yang bermalam di dalam mobil bisa gunakan kasur lipat. Harganya bervariasi, tapi kalau jenis matras angin cuma Rp 250 ribuan.

Baca juga  Biaya Perbaikan Bodi Mobil Penyok, Semahal Apa?

Sementara tempat tidur di luar ruangan, bisa gunakan tenda. Dirikan tenda tepat di samping mobil dan di bawah awning. Alhasil antara mobil dan tenda seperti terhubung. Harga tenda sekitar Rp 1 jutaan.

Bagaimana dengan memasak? Kamu bisa bawa kompor portable dengan gas kecil. Harganya cukup terjangkau, cuma Rp 250 ribuan. Peralatan memasak dan makan itu bisa diletakkan di dalam satu boks, kemudian di simpan di bagasi. Keluarkan ketika akan dipakai.

Kehadiran kursi lipat dan meja lipat juga penting, buat kamu duduk-duduk di luar mobil menikmati keindahan alam. Harga meja lipat tidak mahal cuma Rp 300 ribuan. Sementara kursi lipat dijual Rp 150 ribuan per unit, beli dua sudah cukup.

Walau demikian, cara ini tentu tidak untuk memasak besar. Umumnya kalau cuma pakai peralatan sederhana, yang dapat dilakukan hanya memasak makanan instan. Kemudian kalau ingin mandi dan cuci piring, bisa dilakukan di toilet umum terdekat.

Bila ditotal, biaya pembuatan campervan sederhana ini cuma butuh Rp 3,6 jutaan. Murah bukan?

Campervan yang Mewah Disebut Juga Motorhome, Biayanya Lebih Mahal

biaya membuat campervan
Biasanya campervan yang mewah seperti ini disebut juga sebagai motorhome

Jika kamu mau campervan yang lebih mewah, bisa buat motorhome. Tapi yang pasti kita harus tahu dahulu, membuat mobil camping tidak melulu harus dilakukan di bengkel modifkasi.

Melainkan bisa dilakukan sendiri asal kamu punya kemampuan yang baik sebagai tukang. Tidak sedikit, pengguna campervan atau motorhome membangun dan merancang sendiri mobil camping mereka.

Kelebihannya dalam membuat mobil camping sendiri adalah tentu biaya yang lebih murah. Karena kita tidak perlu membayar jasa tukang, yang umumnya dihitung harian. Walau demikian, tetap saja kalu jadinya adalah sebuah motorhome, maka biayanya tidak sedikit.

Baca juga  Modifikasi Suzuki Ertiga, Mau Elegant atau Sporty?

Sebagai contoh, keluarga Morgan asal Inggris yang merupakan traveler yang terbiasa keliling dunia, mereka memiliki campervan super nyaman yang sudah lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan harian.

Dikatakan laman vansgotsoul.co.uk, keluarga tersebut merombak sendiri interior mobil campervan tua mereka dengan budget sekitar 1000 Euro atau setara dengan Rp 20 – 25 jutaan.

Singkat cerita, kedua pasangan suami istri ini membangun campervan impian hanya dalam waktu sekitar 6 minggu. Setelah campervan tersebut berhasil dibangun, mereka memberikan sebuah nama Florence.

Nama tersebut awalnya adalah nama untuk calon jabang bayi yang mereka nantikan. Sayang sang ibu mengalami keguguran. Karena dibangun dengan cinta, campervan keluarga Morgan memiliki sentuhan yang sangat apik dan menarik. Belum lagi dengan sentuhan-sentuhan jaitan sendiri mulai dari seprai, sarung bantal hingga tirai, dan sarung jok yang sangat vintage.

Pasangan ini bekerja sama mengisi posisinya masing-masing. Sang suami yang bernama Scott belajar menjadi seorang tukang kayu, tukang ledeng hingga ahli elektronik untuk membangun campervan impian mereka.

Sedangkan istri Ellie tugasnya sebagai penata dekorasi, penjahit dan juga mengecat beberapa bagian. Hasilnya memang sangat memuaskan hingga siapapun jadi berharap memiliki campervan impian yang serupa.

Biaya Bikin Campervan di Bengkel

Biaya Membuat Campervan
Biayanya membuat campervan berkisar Rp 35 – 150 jutaan, dan untuk motorhome bisa mencapai Rp 450 jutaan, jika menggunakan unit chasis Isuzu NLR 55.

Jika kamu tidak punya keahlian atau waktu yang cukup untuk membangun sebuah campervan sendiri, kamu bisa langung mengontak bengkel-bengkel karoseri yang ahli menegerjakan campervan.

Misalkan bengkel karoseri Delima Jaya yang berlokasi di Bogor Jawa Barat. Bengkel ini biasa menerima modifikasi campervan baik dari basid minibus atau pundari chasis microbus.

Maryanto, Marketing karoseri Delima Jaya mengatakan unit kendaraan yang biasa dijadikan campervan atau motorhome, mulai dari Daihatsu Gran Max hingga Isuzu NLR 55.

“Biayanya berkisar sekitar Rp 35 – 150 juta untuk campervan, dan untuk motorhome bisa mencapai Rp 450 jutaan, jika menggunakan unit chasis Isuzu NLR 55,” katanya.

Baca juga  Estimasi Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Resmi Vs Umum

Sedangkan untuk biaya modifikasi Toyota HiAce Premio menjadi campervan di Delima Jaya dipatok harga mulai Rp 50 – 200 jutaan.

Namun semua itu bisa kurang atau bisa lebih sesuai dengan spesifikasi keinginan konsumen. Terkait waktu pengerjaan, umtumny untuk sebuah campervan berkisar antar 30 sampai 60 hari.

Sedangkan di bengkel karoseri Impro campervan, biaya memodifikasi satu unit mobil untuk keperluan camping memakan biayanya antara Rp 50 juta hingga Rp 200 jutaan. Semua fitur yang dihadirkan bisa disesuaikan menurut keinginan konsumen.

Untuk motor home sendiri umumnya sendiri ada  tempat tidur, kamar mandi, TV, kitchen set, dapur masak, hingga tempat karaoke. Sementara Campervan umumnya lebih sederhana.

Sewa Campervan

Biaya Membuat Campervan
Tarif penyewaan campervan di JakartaCampervanID mulai dari Rp 750 ribu. Dengan minimal sewa selama dua hari.

Untuk kamu yang ingin berwisata campervan namun tidak memiliki unit mobilnya, sewa adalah solusi jitu. Misalkan untuk wilayah Jakarta, ada JakartaCampervanID yang bermarkas di Cinere.

JakartaCampervanID melayani penyewaan campervan untuk keperluan kemping dan wisata untuk wilayah Jawa-Bali.

“Semua fasilitas dari kami, kecuali seprei. Karena ini terkait protokol kebersihan di masa pandemi,” kata Yoyo pemilik rental JakartaCampervanID.

Tarif penyewaan campervan ini mulai dari Rp 750 ribu. Dengan minimal sewa selama dua hari.

Yoyo menambahkan, biaya tersebut konsumen sudah bisa membawa mobilnya sendiri tanpa supir. Selain itu untuk kapasitasnya untuk ukuran nyaman berada adalah dua dewasa dan dua anak.

Untuk kamu yang penasaran bisa kontak langsung laman Instagram rental ini di @jakartacampervan.id. Atau kontak Yoyo sang owner di 0819-0887-0975.

Demikian ulasan terkait biaya membuat campervan. Kiranya ulasan ini bisa menjadi panduan kamu, yang sedang merencanakan ingin membuat sebuah campervan yang aman dan nyamn.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif. 

Terbaru