by

Kisaran Biaya Service Radiator Mobil, Murah?

Saat radiator bermasalah, berapa sebenarnya biaya service radiator mobil terbesit dipikiran kalian. Mengingat tentunya ada rasa was-was yang menghantui kamu yang ingin melakukan perbaikan.

Pasalnya jika terjadi kerusakan yang berat, maka biaya service radiator mobil tentunya membutuhkan dana yang lumayan besar juga. Apalagi jika kerusakan radiator tersebut menutut kalian mengganti dengan komponen yang baru.

Mengacu dari sejumlah sumber, sejatinya biaya service radiator mobil tergantung kepada tingkat kerusakan yang terjadi pada kendaraan kalian. Kalau kerusakan radiator menyeluruh alias total, tentunya biaya yang kalian keluarkan pasti besar.

Mengingat tentunya kalian harus mengganti radiator lama dengan yang baru. Namun apabila kerusakan radiator mobil kamu tergolong ringan, seperti lecet ataupun terjadi kebocoran pada selang air. Biayanya masih cenderung terjangkau, Sob!

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pengecekan ke bengkel spesialis radiator ataupun bengkel umum terdekat dari rumah kalian. Karena jika tidak dibenahi secara cepat, bisa mengakibatkan kerusakan lain yang timbul di mesin kendaraan kalian.

Maka dari itu, perbaikan dibutuhkan meski terjadi kerusakan kecil di sistem radiator mobil kalian. Daripada penasaran, berikut ini Moladin akan memberikan estimasi biaya service radiator mobil.

4 Rincian Biaya Service Radiator Mobil

biaya service radiator mobil
Kisaran biaya service radiator mobil

Ketika radiator mengalami kendala, sebaiknya segera dilakukan perbaikan. Karena jika hanya mengalami kerusakan ringan, biaya service radiator mobil tidaklah besar.

Jadi alangkah baiknya jika kalian segera membawa mobil ke bengkel spesialis radiator maupun bengkel lainnya terdekat dari rumah kalian. Tujuannya tentu mencari solusi ampuh untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Sebagai gambaran untuk kalian, mengenai biaya service radiator mobil. Sebenarnya disesuaikan dengan jenis kerusakan yang ada. Kalau kerusakan kecil tentunya biaya service tidaklah besar. Adapun estimasi biaya service radiator mobil meliputi:

Baca juga  Mengenal Perbedaan Mesin DOHC Vs SOHC, Mana yang lebih baik?

1. Biaya Melepas Radiator Mobil

Biaya service radiator mobil
Segini biaya service radiator mobil

Proses melepas radiator mobil, sejatinya sudah dikenakan biaya. Jadi jangan kaget ketika kalian ingin membayar biaya service radiator mobil ada tagihan melepas, Sob!

Tagihan melepas radiator ini berlaku untuk semua jenis mobil, baik yang transmisi manual maupun matik. Umumnya biaya melepas radiator ini dikenakan oleh bengkel pada radiator yang mengeluarkan bunyi seperti ‘ngorok’.

Pasca radiator mobil kalian dilepas, selanjutnya radiator akan dibersihkan. Jadi bukan hanya sekadar dilepas saja. Lalu akan dilakukan pengecekan secara menyeluruh, dan menakar kemungkinan ada komponen radiator yang mengalami kerusakan.

Jika tidak terjadi kerusakan lainnya, maka montir bisa memasang radiator kembali setelah memastikan kondisinya sudah bersih. Estimasi biaya pelepasan radiator tersebut sekitar Rp 200 ribu sampai dengan Rp 250 ribuan tergantung tingkat kerusakan.

2. Estimasi Ongkos Pengecekan Radiator

Rincian biaya pengecekan radiator mobil
Rincian biaya pengecekan radiator mobil

Kalau hanya pengecekan saja, biaya service radiator mobil tidaklah besar. Kalian bisa mengunjungi bengkel terdekat dari rumah untuk sekadar melakukan pengecekan saja.

Umumnya, biaya pengecekan radiator berkisar Rp 100 ribuan. Mengutip dari sejumlah sumber, biaya yang dikeluarkan tersebut untuk pengecekan seluruh komponen radiator secara menyeluruh.

Pengecekan radiator meliputi selang radiator, dan pengisian ulang air radiator (menggunakan air mineral atau air keran). Ada biaya tambahan yang kalian keluarkan, jika harus melakukan pengisian ulang air radiator dengan cairan khusus.

3. Tarif Service Radiator

Tarif service radiator mobil
Tarif service radiator mobil

Setiap bengkel memberikan tarif perbaikan yang berbeda-beda. Namun biaya service radiator mobil tentunya tak akan jauh berbeda antara bengkel spesialis dengan bengkel umum.

Baca juga  Tips Membawa Sepeda di Mobil Dengan Mudah dan Aman

Biasanya, biaya service radiator mobil di bengkel resmi akan lebih mahal dibandingkan dengan bengkel umum.  Rata-rata, biaya service untuk radiator mobil di bengkel resmi berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 400.000.  Tergantung seberapa parah kerusakan radiator mobil kalian.

Berbeda dengan bengkel mobil resmi, untuk harga service radiator di bengkel umum biasa hanya sekitar Rp 175 ribu hingga Rp 350 ribuan saja. Namun tergantung tingkat kerusakan yang terjadi pada radiator mobil kalian.

Semakin parah kerusakan radiator mobil. Maka, semakin mahal pula biaya service yang harus Anda keluarkan pastinya.

4. Harga Kuras Radiator

Biaya kuras radiator mobil
Harga kuras radiator mobil masih cenderung terjangkau

Tak kalah penting untuk kalian ketahui, adalah harga kuras radiator. Mengingat kuras radiator di rasa sangat penting untuk mengembalikan fungsi radiator kendaraan kalian.

Kuras radiator tentunya cukup penting dalam memulihkan kembali fungsi radiator dalam kondisi prima. Seperti diketahui, seiring dengan penggunaan sebaiknya air radiator dilakukan pergantian setiap jangka waktu tertentu.

Ketika mobil kerap mengalami overheating atau mesin cepat panas. Kamu wajib mengganti jenis air radiator biasa ke jenis air radiator khusus, seperti air coolant radiator, radiator super coolant, ataupun antifreeze coolant protector.

Terkait biaya, ongkos kuras radiator masih cenderung murah sekitar Rp 20 ribuan hingga Rp 30 ribuan saja. Namun saat mobil kerap overheat, kalian harus menggunakan air radiator khusus.

Harganya sedikit lebih mahal, berkisar Rp 50 ribuan hingga Rp 85 ribuan untuk kemasan satu liter.

Sekadar informasi, biasanya kerusakan yang terjadi pada komponen radiator disebabkan oleh adanya kebocoran atau kerusakan-kerusakan kecil lainnya. Oleh karena itu, kalian perlu lakukan pengecekan secara berkala.

Baca juga  13 Arti Mimpi Naik Mobil, Pertanda Baik atau Buruk?

Dengan mengetahui biaya service radiator mobil terlebih dahulu. Kamu jadi bisa memiliki gambaran mengenai dana yang harus disiapkan sebelum melakukan perbaikan di bengkel.

Cara Merawat Radiator Tetap Dalam Kondisi Prima

Merawat radiator mobil kesayangan kalian
Merawat radiator mobil kesayangan kalian

Ketimbang kalian mengeluarkan biaya service radiator mobil, sebaiknya lakukan perawatan yang rutin. Karena merawatnya radiator sangatlah mudah, hanya rajin mengecek kondisi air radiator.

Air radiator sejatinya wajib dicek sebelum kalian mulai berkendara, terutama menempuh jarak jauh. Cek bagian-bagian selang, input dan output dari radiator mobil tersebut.

Jangan sampai kalian membawa mobil dalam kondisi radiator mengalami kebocoran. Buka tutup radiator dan lihat, apakah air di dalam radiator berkurang atau tidak. Jika kurang, tambahkan air coolant atau air biasa.

Untuk diketahui, air coolant memiliki tingkat didih yang lebih rendah dibandingkan dengan air biasa. Air coolant juga mampu memberikan pendinginan yang optimal pada radiator mobil kalian.

Nah, yang tak boleh luput dari perhatian kalian. Lakukan juga pengecekan pada bagian tabung air cadangan. Tabung air cadangan atau reservoir ini jangan sampai kondisinya kosong.

Lakukan pengecekan bagian radiator lainnya secara menyeluruh. Jika sudah ditemui ada beberapa karat, usahakan langsung dibawa ke tempat servis.

Segera lakukan perbaikan setidaknya beberapa bulan sekali, supaya kondisi radiator tetap dalam kondisi baik. Semoga informasi mengenai biaya service radiator mobil dan cara merawatnya bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru