by

BMW Bocorkan Peluncuran Mini Electric di Indonesia, Catat!

Kalau kamu menanti peluncuran Mini Electric, maka ini kabar gembira. BMW memastikan siap memboyong produk mobil listriknya itu ke Tanah Air.

Hal tersebut terungkap saat wawancara virtual dengan media bersama Communications Director BMW Group Indonesia, Jodie Otania pada beberapa waktu lalu. Dia mengatakan mobil listrik Mini bakal meluncur pada tahun depan.

“Tahun 2022 akan ada beberapa kendaraan full listrik yang diperkenalkan dari BMW dan juga Mini,” beber Jodie.

Kalau bicara mobil listrik Mini, sudah tentu cuma satu yaitu Mini Electric. Kendaraan ini meluncur secara global pada 2019. Sampai sekarang sudah dijual di berbagai belahan di dunia termasuk Eropa dan Amerika.

Di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura, Mini juga telah memasarkannya. Hanya memang di Indonesia, peluncuran Mini Electric belum terlaksana dan baru siap dilakukan pada 2022.

Sementara untuk tahun ini, BMW mengaku tidak bakal meluncurkan kendaraan full electric di Indonesia. Mereka fokus memperkenalkan model-model terbaru dari mobil berbahan bakar bensin, serta untuk elektrifikasinya adalah model plug-in hybrid.

Baca juga  Mobil Listrik Jaguar Siap Selamatkan Kebangkrutan

“BMW pada 2021 ini akan ada lebih dari 20 kendaraan terbaru dari SAV hingga sedan kompak. (untuk elektrifikasi) Kita fokus di tahun ini adalah memperkenalkan teknologi dari Plug-in hybrid terbaru,” jelas Jodie.

Keistimewaan Mobil Listrik Mini atau Mini Electric

peluncuran mini electric
Mini Electric 2021, tampilannya lebih sederhana tapi fitur-fiturnya lebih baik

Walau peluncuran Mini Electric masih tahun depan, tapi kamu sudah bisa tahu spesifikasinya dari website Mini di negara lain. Pasalnya produk ini merupakan model global.

Basisnya adalah Mini 3-door, hanya saja tidak perlu isi bensin. Pasalnya kendaraan ini memiliki sumber tenaga baterai. Dalam kondisi penuh, mobil listrik tersebut bisa melaju hingga 235 Km. Untuk pengisian baterainya tergolng cepat, cukup 35 menit dengan fast charging DC.

Soal perfrma, tidak perlu diragukan. Ada torsi instan dan tenaga hingga 184 hp yang bisa membawa Mini Electric melaju dari diam hingga 60 km/jam hanya dalam 3,9 detik.

Ciri khas tampilan dari mobil listrik Mini, kehadiran aksen warna kuning di beberapa bagian eksterior seperti pelek, grille, dan bagasi. Kemudian masuk interior, aksen kuning itu juga ikut sebagai pembeda.

Baca juga  Mobil Listrik Murah: Hyundai Kona Elektrik Vs Ioniq

Soal harga di Inggris, Mini Electric dijual mulai 25.500 Poundsterling atau setara Rp 510 jutaan. Hanya saja saat masuk ke Indonesia nanti, kemungkinan banderolnya bakal ada di angka Rp 1 miliar.

Nah yang belum jelas adalah peluncuran Mini Electric di Indonesia pada tahun depan akan membawa versi lama atau generasi terbaru. Pasalnya di Eropa telah meluncur Mini Electric versi anyar pada Maret 2021.

Ubahannya ada di sektor eksterior yang lebih sederhana. Kemudian suspensi juga diracik semakin istimewa agar semakin menyenangkan dipakai bermanuver sekaligus nyaman untuk harian. Fitur-fitur keselamatan juga ditingkatkan agar berkendara dengannya semakin penuh percaya diri.

Mari kita nantikan peluncuran Mini Electric pada 2022. Sabar ya! Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru