Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

BMW M3 Touring, Station Wagon Pertama di Dunia

by Tigor Sihombing
BMW M3 Touring

BMW M3 Touring terbaru resmi hadir secara global. Namanya seri M, sudah tentu dibekali dengan mesin yang lebih berperforma dibanding seri lainnya.

Sungguh keistimewaan M3 Touring bukan cuma di performa mesin. Kehebatan lain adalah mobil sport ini hadir dalam versi station wagon. Di mana varian ini belum pernah sama sekali diluncurkan BMW di segmen M3. Jadi bisa dibilang ini merupakan model M3 wagon pertama dari pabrikan mobil Jerman tersebut.

Di laman resmi BMW, dikatakan BMW M3 Touring mengaplikasi mesin berkapasitas 3.000 cc, 6 silinder berteknologi M TwinPower Turbo. Mesin tersebut pun diklaim dapat menghasilkan tenaga mencapai 510 hp dengan torsi maksimum di angka 650 Nm.

Tenaga yang sangat besar ini disalurkan ke sistem all-wheel-drive M xDrive dengan transmisi otomatis Steptronic M Drivelogic dengan 8-percepatan. Guna memaksimalkan traksi, ditanamkan juga Active M Differential pada gardan belakang.

Klaim pabrikan sih BMW M3 Touring ini bisa melesat dari 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu 3,6 detik saja. Sedangkan melesat dari diam hingga 200 km/jam hanya membutuhkan waktu 12,9 detik saja, saat dilakukan pengetesan di sirkuit Nuburging Jerman.

Baca juga  Intip Spesifikasi BMW M5 Edition 35 Years, Mobil Rp 5 Miliar

Untuk keamanan kecepatannya dibatasi hanya di sampai 250 km/jam saja. Selain itu BMW juga menawarkan paket M Driver’s yang membuat mobil bisa melaju dengan kecepatan maksimal di angka 280 km/jam.

Spesifikasi BMW M3 Touring

BMW M3 Touring

BMW M3 Touring

Bicara spesifikasi BMW M3 Touring terbaru ini BMW mengatakan mesin yang mereka gunakan mengambil basis dari M4 GT3 generasi terbaru. Serta sudah menggunakan suplai oli dan pendinginan dengan sistem longitudinal dan lateral dynamic forces. Sistem tersebut membuat pendinginan mesin menjadi makin sempurna, terutama saat sedang digunakan di dalam sirkuit.

Selain itu BMW M3 Touring terbaru juga mengusung teknologi knalpot M dengan electrically controlled flaps generates. Sistem ini mampu membuat suara knalpot menjadi lebih gahar dan diklaim bisa memompa adrenalin serta menambah sensasi kesenangan baru.

BMW M3 Touring terbaru mengaplikasi jenis chasis rigid yang mampu melahap sirkuit namun tetap nyaman digunakan harian. Sedangkan kaki-kakinya menggunakan double-joint spring strut front axle pada depan dan five-link rear axle di belakang.

Baca juga  6 Tips Naik Mobil di Sirkuit untuk Pemula, Pasti Bisa!

Suspensinya sendiri memakai Adaptive M Suspension yang diatur sepenuhnya secara elektronik.

Sistem pengeramannya sendiri ditawarkan dalam dua pilihan. Rem keramik karbon atau menggunakan sistem M Compound sebagai peranti standar yang akan didapatkan.

Pelek yang digunakan memakai ukuran 19 inci di depan, dan 20 inci di belakang. Konsumen juga bisa memilih opsi ban untuk keperluan harian atau keperluan di atas lintasan sirkuit.

Di interior, mobil BMW menggunakan paduan warna merah dan hitam pada lapisan dasbor, jok, hingga doortrim yang dilapis bahan kulit.

Ada juga aksen karbon yang semakin memperkuat nuansa sporty dari station wagon ini. Sementara di bagian tengah dasbor menggunakan curved display yang terdiri dari instrumen cluster digital 12,3 inci di balik setir dan layar infotainment 14,9 inci.

Supaya tidak kehilangan identitasnya, BMW M3 Touring ini juga mampu membawa barang banyak. BMW mengklaim bagasi di bagian belakang bisa digunakan untuk mengangkut barang dengan kapasitas 1.510 liter.

Mobil ini kabarnya pun hanya akan dipasarkan di beberapa negara Eropa dan Australia.

Baca juga  Harga BMW 320i Sport 2022, Masih Terjangkau!

Terkait harga pihak BMW belum membukanya secara rinci. Namun BMW akan mengumumkannya di ajang Goodwood Festival of Speed 2022 yang akan berlangsung 23-26 Juni 2022 .

Demikian ulasan terkait BMW M3 Touring terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika