oleh

BMW Motorrad GS Funride 2020, Touring Kemerdekaan

Ada banyak cara untuk merayakan kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun, salah satunya dengan mengikuti BMW Motorrad GS Funride 2020. Kegiatan tersebut berlangsung 6-10 Agustus, diramaikan oleh 20 penunggang motor premium asal Jerman tersebut.

Menariknya semua motor yang mereka tunggangi berjenis GS, mulai dari G 310 GS, F 750 GS, F850 GS, dan R 1250 GS. Hal tersebut sengaja, lantaran sekaligus memperingati 40 Tahun produksi tipe GS di dunia.

GS sendiri merupakan singkatan dari bahasa Jerman yaitu Gelande/Strasse (tanah/jalanan). Oleh karena itu, motor ini dirasakan sangat pas untuk diajak mengikuti BMW Motorrad GS Funride 2020. Pasalnya rute-rute yang dilalui merupakan kombinasi onroad dan offroad di pesisir selatan Pulau Jawa.

CEO Maxindo Moto – BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan acara yang wajib dilakukan setiap tahun oleh pabrikan kuda besi asal Jerman di Tanah Air. Tujuannya tidak lain memperingati hari kemerdekaan Indonesia, juga untuk memberikan suguhan perjalanan terbaik bagi pengguna BMW Motorrad.

“BMW GS ini motor yang sangat tangguh, tentu perlu diuji, di medan onroad dan juga off-road. Touring kali ini keduanya kita lewati,” beber Joe Frans.

Baca juga  Persiapan Riding Jarak Jauh Ala Yamaha, Perhatikan Ini!

Touring kali ini, Motul Indonesia turut serta berpartisipasi dengan menjadi salah satu sponsor. Sebelum, rombongan dibekali dengan oli mesin Motul 300V FL Road Racing 5W-40 dan juga Coolant MotoCool Expert untuk menjaga performa maksimal BMW GS.

Dari berbagai model BMW GS yang ikut touring, motor paling terjangkau adalah G 310 GS yang dijual cuma Rp 100 jutaan. Murah lantaran produk ini berbekal mesin 313 cc dengan konfigurasi satu silinder. Lalu tempat produksinya ada di India, bukan Jerman.

Kelebihan BMW G 310 GS, dengan kapasitas mesin kecil tentu motor ini irit konsumsi BBM. Tampilannya juga gagah khas motor adventure. Lalu tersedia ban dual purpose, suspensi jenjang, dan windshield tinggi sebagai standar. Tidak ketinggalan fitur anti-lock braking system (ABS) hadir untuk memaksimalkan keselamatan ketika berkendara. Pastinya dengan seluruh komponen adventure tersebut, berkendara dengannya di berbagai medan jalan jadi sangat menyenangkan.

Para Artis Meramaikan BMW Motorrad GS Funride 2020

bmw motorrad gs funride
Motor BMW G 310 GS merupakan salah satu yang digunakan dalam touring kemerdekaan kali ini.

BMW Motorrad GS Funride 2020 juga diramaikan oleh para artis TV, sebut saja Nikita Mirzani, Ferry Maryadi, Kevin Julio, Sabrina Sameh, dan Eddi Brokoli. Mereka memulai perjalanan di hari pertama dari Ciwidey Valley Resort, Bandung, Jawa Barat.

Baca juga  Pilihan Warna BMW G310GS Terbaru, Semakin Istimewa

Sebelum perjalanan dimulai, para peserta melakukan pengecekan awal tunggangan masing-masing, sekaligus mempersiapkan riding gear yang nyaman dan aman (safety). Perjalanan dimulai dengan menyusuri perkebunan teh Rancabali di ketinggian 1.200 meter di bawah permukaan laut (mdpl). Hembusan angin sejuk terus menemani perjalanan seluruh peserta di kawasan tersebut.

Kemudian setelah perjalanan yang cukup melelahkan selam kurang lebih 5 jam, sampai juga di check point pertama yaitu Negla Beach Resort, Pantai Ranca Buaya. Seluruh peserta beristirahat dan makan siang. Lalu dilanjutkan berkegiatan di Pantai Santolo, Pameungpeuk dan menikmati matahari terbenam di atas Bukit Leuweung Datar.

Esok harinya, perjalanan berlanjut. Rombongan BMW Motorrad GS Funride menuju Batu Karas, dengan melewati beberapa lokasi sebagai check point yaitu di Miramare – Pamayangsari dan Cigugur, di kawasan Pantai Pangandaran.

Cigugur dapat dikatakan sebagai daerah yang jarang disinggahi wisatawan, karena lokasinya hanya sedikit orang yang mengetahui. Trek tanah ‘bersahabat’ namun kecil plus dikelilingi hutan, menjadi pertimbangan wisatawan untuk mendatanginya.

Baca juga  Sudah Tahu Harga Motor Touring BMW R 1250 GS Terbaru? Jangan Kaget!

“Kita juga memasuki spot yang belum diketahui masyarakat luas, yaitu Cigugur. Di sana terdapat sungai yang sangat bersih dan belum terjamah sama sekali, karena baru dibuka jalan ke dalamnya dengan jalur yang sangat menantang,” kata Eddi Brokoli selaku salah satu peserta sekaligus penginisiasi BMW Motorrad GS Funride 2020.

Usai menikmati keindahan ‘surga’ yang tersembunyi tersebut, rombongan touring akhirnya menuju titik pamungkas seluruh perjalanan sejauh sekitar 200 km tersebut di Shane Josa Resort.

Acara ditutup dengan pesta barbeque, sekaligus memutar seluruh momen-momen terbaik lewat slide show foto dan video pilihan dari awal hingga akhir ‘BMW Motorrad Independence GS Funride 2020’.

Baca juga: 

 

Terbaru