by

Bocoran All New Avanza FWD 2022, Meluncur Sebentar Lagi?

Beredar kabar All New Avanza FWD 2022 akan rilis sebentar lagi. Beberapa sumber menyebut mobil ini siap diperkenalkan pada akhir 2021 atau tepatnya November 2021 

All New Avanza FWD 2022 dikabarkan akan menggunakan platform baru, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini juga sudah digunakan pada dua mobil kembar terbaru mereka Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Selain platform baru, banyak juga yang memprediksi jika mobil Avanza 2022 akan mengusung jenis penggerak roda depan alias FWD (Front Wheel Drive).

Hingga kini PT Toyota Astra Motor (TAM) masih menutup rapat informasi ke media otomotif tanah air. Satu-satunya informasi resmi yang kami dapat adalah kemunculan tipe dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang diduga sebagai All New Avanza FWD 2022.

Informasi tersebut didapat lewat Lampiran Permendagri No.40 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permendagri No 1 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Di Lampiran itu tertulis kode mobil baru yang didaftarkan Toyota yaitu: W100RE dan W101RG.

Baca juga  Toyota Voxy Generasi Terbaru Sedang Uji Jalan!

Memang tidak menyebut nama Avanza secara terang-terangan. Hanya saja dugaan mengarah ke arah sana semakin kuat. Apalagi Daihatsu juga mendaftarkan kode mobil baru yang mirip yaitu: W100RE dan W101RG. Maka kemungkinannya kode tersebut mengarah ke mobil kembar Avanza-Xenia anyar.

Fitur Terbaru Toyota Safety Sense

All New Avanza FWD 2022
All New Avanza FWD 2022 dikabarkan akan menggunakan platform baru, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Di samping kode, dalam lampiran itu juga termpampang tipe yang didaftarkan. Totalnya ada tiga tipe untuk All New Avanza FWD 2022 yakni E, G, dan Q. Bicara pilihan mesin juga tampak dua kombinasi yang tidak asing lagi: 1.3L dan 1.5L naturally aspirated.

Hanya saja yang menarik adalah kemunculan transmisi CVT (Continous Variable Transmission). Transmisi ini menggantikan model otomatis konvensional 4-percepatan di model lama.

Kemudian yang paling menarik dari All New Avanza FWD 2022 terbaru adalah kehadiran fitur Toyota Safety Sense (TSS) di tipe Q dan G. Tertulis jelas kodenya W101RE LBVFJ 1.5 Q CVT TSS dan W101RE-LBMFJ 1.5 G CVT TSS.

TSS sendiri mencakup sistem keamanan Pre-collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist with Steering Assist. Ditambah Pedal Misoperation Control, Rear Cross Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Baca juga  Toyota Avanza Hybrid Siap Meluncur 2022?

Bicara desain, memang tidak tampak bocoran dari lampiran Permendagri tersebut. Hanya saja banyak spekulasi mengatakan bahwa tidak jauh beda dari mobil konsep DN Multisix yang pernah dipamerkan di ajang pameran otomotif beberapa tahun silam.

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi dari All New Avanza FWD 2022? Sabar, biasanya setelah didaftarkan NJKB, maka tidak lama lagi akan meluncur. Bukan tidka mungkin debutnya dilakukan pada GIIAS November 2021. 

Demikian ulasan terkait All New Avanza FWD 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita otomotif terbaru.

Terbaru