Bocoran Honda City Sedan Terbaru, Meluncur Hari Ini!

by Tigor Sihombing

PT Honda Prospect Motor (HPM) dikabarkan akan meluncurkan produk terbaru yang diperkirakan adalah Honda City sedang terbaru. Peluncuran akan dilakukan pada siang ini, Kamis (28/10/2021).

Kabar peluncuran Honda City ini juga terungkap dari teaser yang dilrilis akun sosial media Instagram HPM @hondaisme belum lama ini. Dalam postingannya tersebut tampak siluet bagian belakang mobil dengan lampu LED berdesain khas Honda.

Diprediksi lampu tersebut yang sedikit berdesain tanduk tersebut merupakan lampu belakang Honda City terbaru. Jika benar mobil tersebut yang melantai, berarti sedan Hnda City ini akan menemani varian City Hatchback RS yang rilis beberapa waktu lalu.

Jika melihat kemungkinannya, Honda City sedan terbaru akan menggunakan mesin empat silinder kapasitas 1.498 cc DOHC berkode L15ZF seperti City Hatchback RS. Mesin tersebut juga digunakan oleh City di Thailand. Bertenaga 178 hp dan torsi 240 Nm yang dipadukan dengan transmisi CVT.

Hanya saja ada opsi lain, yaitu di Negeri Gajah Putih tersedia konfigurasi 1.0L VTEC turbo dengan tenaga 122 HP dan torsi 173 Nm. Hanya saja untuk mesin kecil ini sepertinya belum tentu masuk ke pasar Indonesia.

Baca juga  Sejarah Honda Freed di Indonesia, MPV Seumur Jagung!

Terkait harga, sebagaimana diketahui Honda City sedan saat ini dijual dengan harga Rp 350 jutaan. Bukan tidak mungkin, banderol produk terbarunya jadi lebih murah. Pasalnya sekarang ada aturan PPnBM berdasar gas emisi terbaru yang membuat pajak sedan jadi lebih rendah dibanding sebelumnya.

Kalau dulu PPnBM didasarkan pada bentuk bodi mobil, maka sedan kena 30 persen. Sekarang, sedan seperti City bisa cuma kena 15 persen. Alhasil harusnya hal ini berpengaruh ke harga jual.

Honda City Hybrid Masuk Indonesia?

Honda City sedan e-HEV

Di Thailand sudah ada City Hybrid

Lalu yang tidak kalah menarik adalah kemungkinan Honda City sedan menggunakan teknologi hybrid masuk Indonesia. Pasalnya di Thailand dan Malaysia, varian ini sudah eksis.

Kelebihan Honda City e:HEV adalah mengombinasikan mesin 1.500 cc dengan dua motor elektrik. Tambahannya adalah ada transmisi E-CVT dan lithium-ion battery.

Alhasil sistem Sport Hybrid i-MMD ini bisa melontarkan torsi puncak hingga 253 Nm. Lalu dari sisi konsumsi BBM, City Hybrid ini lebih istimewa karena mampu menghemat hingga 27,8 Km/liter.

Baca juga  Honda Odyssey Setop Produksi Akhir 2021, Kabar dari Jepang

Hal menarik lain, City e:HEV telah dilengkapi Honda Sensing. Ada pula Honda LaneWatch yang menyertai seperti halnya BR-V 2022. Kemudian 3-level kamera belakang, rem parkir elektrik, auto brake hold system, hingga Honda Connect.

Kelebihan lain dari sistem hybrid di City sedan adalah memiliki tiga mode berkendara. EV Drive mode yang artinya roda bergerak sepenuhnya dari sumber motor elektrik. Ada pula hybrid mode yang mengombinasikan mesin bensin dengan motor elektrik. Serta engine drive mode dengan memaksimalkan mesin bensin saja.

Hanya saja perpindahan mode berkendara itu dilakukan secara otomatis oleh sistem. Alhasil kita hanya tahu bahwa hasilnya adalah performa mantap serta konsumsi bahan bakar irit.

Di Thailand, City juga telah dibekali layar sentuh 8 inci dan layar MID TFT 7 inci yang memperlihatkan berbagai informasi seputar kendaraan.

Jadi apa yang akan dijual di Indonesia, Honda City Sedan 1.500 cc, 1.000 cc turbo, atau e:HEV? Nantikan peluncurannya siang ini yaitu 28 Oktober 2021, berbarengan pula dengan sedan lainnya yaitu Civic RS.

Baca juga  Honda Accord Hybrid RS Masuk Indonesia, Harganya Segini!

Demikian ulasan terkait bocoran Honda City terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika