Minggu, September 25, 2022

Bocoran Honda Civic RS Siap Meluncur Hari Ini!

by Firdaus Ali
Honda Civic RS siap meluncur

Honda Civic RS siap meluncur pada siang ini, Kamis (28/10/2021). Hal tersebut terlihat dari unggahan akun resmi @hondaisme yang menampilkan video siluet penampakan bagian belakang Honda Civic generasi ke-11 varian RS.

Munculnya video siluet bagian belakang Honda Civic terbaru tersebut, tentunya menegaskan bahwa PT Honda Prospect Motor (HPM) serius membombardir segemen mobil sedan di Indonesia yang selama ini terbilang lesu penjualannya. Apalagi selain Civic RS akan ada City sedan terbaru pula yang diluncurkan.

Strategi HPM nampaknya memang jitu, sebab pemerintah saat ini sudah memberlakukan PP Nomor 73 Tahun 2019 yang sudah diberlakukan mulai bulan ini (Oktober 2021). Di mana aturan baru tersebut mengubah skema Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap kendaraan bermotor, khususnya mobil.

Regulasi ini tidak lagi menetapkan nilai PPnBM berdasarkan kubikasi mesin dan bentuk bodi, melainkan dihitung dari jumlah emisi gas buang yang dihasilkan, serta konsumsi BBM-nya.

Nah, dengan aturan baru tersebut, mobil sedan yang sebelumnya dikenakan pajak barang mewah sebesar 30 persen, kini bisa jadi cuma 15 persen. Syaratnya harus memenuhi standar emisi gas buang dan efisiensi konsumsi BBM-nya, dan Honda nampaknya sudah siap.

Baca juga  Review Honda Brio CBU 1.300 cc, Paling Bertenaga!

Oh ya, beberapa waktu lalu kami juga sudah menginformasikan mengenai munculnya Honda Civic RS sedang shooting video dikawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Selain itu, redaksi Moladin juga menerima undangan dari HPM dalam peluncuran produk baru pada 28 Oktober 2021.

Spesifikasi Honda Civic RS

honda civic modulo 2021 2

Sosok Honda Civic terbaru yang sudah meluncur lebih dulu di Thailand

Honda Civic RS siap meluncur di Indonesia, lalu bagaimana spesifikasi rival Toyota Corolla Altis ini? Secara gamblang memang belum diinformasikan oleh HPM, karena peluncurannya bakal diadakan pada siang ini. Walau demikian, kita bisa melihat Civic RS yang dijual lebih dulu di Thailand.

Civic RS di Negeri Gajah Putih menggunakan mesin 1.5-liter VTEC Turbo yang lebih bertenaga. Alhasil bisa menghasilkan daya maksimum 178 PS dan torsi puncak 240 Nm. Klaim efisiensi BBM sedan ini mencapai 12,7 Km/liter.

Ada pula teknologi Honda Sensing yang terintegrasi dengan fitur-fitur keselamatan modern. Sebut saja lead car departure notification system (LCN), adaptive cruise control, auto high beam, dan lain-lain.

Baca juga  Toyota Great Corolla Vs Honda Civic Ferio, Beli yang Mana?

Kemungkinan besar, HPM akan memboyong Honda Civic RS terbaru dari Thailand. Pasalnya memang selama ini Honda Civic di Indonesia juga diimpor dari negara berjulukan Gajah Putih itu.

Inden Honda Civic RS

Honda civic rs siap meluncur

Siluet lampu belakang honda civic generasi ke-11 yang dibeberkan oleh HPM di akun instagram

Meski belum dibeberkan harga resminya, beberapa waktu lalu kami menelusuri dengan menanyakan perihal kehadiran Honda Civic RS ke salah satu wiraniaga diler Honda di Jakarta Selatan.

“Betul akan ada produk baru jenis mobil sedan, namun harganya belum bisa diinformasikan. Tapi jika mau inden sudah bisa dengan membayar booking fee Rp 5 juta dan nanti akan diprioritaskan untuk mendapatkan unitnya.”

Soal harga, Honda Civic RS diperkirakan akan dibanderol kisaran Rp 500 jutaan. Harga tersebut tentunya sudah mempertimbangkan skema PPnBM terbaru untuk sedan. Bahkan banderolnya bukan tidak mungkin bakal lebih murah dibanding Civic yang dijual sekarang yaitu Rp 533 jutaan.

Sebagai catatan, di Thailand selain tipe RS, Honda Civic 2022 juga ditawarkan dengan tipe EL dan EL+. Semuanya menggunakan mesin 1.5-liter VTEC Turbo yang dkombinasikan sistem CVT baru dengan daya maksimum 178 PS dan torsi puncak 240 Nm.

Baca juga  Honda Accord 2023 Segera Meluncur, Sudah Tes Jalan!

Kemungkinan besar HPM akan memboyong Honda Civic RS terbaru dari Thailand, mengingat selama ini Honda Civic di Indonesia juga diimpor dari negara berjulukan Gajah Putih itu.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Honda Civic RS siap meluncur dalam waktu dekat di Indonesia. Kamu sudah inden belum? Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika