Friday, February 3, 2023
Banner

3 Bocoran Mobil Baru KIA di GIIAS 2021, Banyak Diesel!

by Tigor Sihombing
Mobil Baru KIA di GIIAS 2021

Kira-kira, apa mobil baru KIA di GIIAS 2021? Seperti pabrikan mobil lainnya, KIA tentunya juga akan menyiapkan beberapa line up model terbaru untuk pameran yang siap berlangsung pada 11 November 2021.

Terlebih beberapa lalu, foto-foto spy shoot mobil KIA terbaru tersebar di sosial media Indonesia. Selain itu beberapa produk anyar pabrikan Korea Selatan itu juga sudah masuk daftar situs resmi Samsat DKI Jakarta, sekaligus tercantum NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor).

Langsung saja, kami beberkan bocoran mobil baru di GIIAS 2021. Hanya saja sekali lagi ini cuma prediksi. Pasalnya terkait kepastian bakal ada produk apa saja yang hadir di pameran tersebut cuma Kia yang tahu.

1. Seltos Diesel

Mobil Baru KIA di GIIAS 2021

KIA Seltos Diesel diprediksi akan melantai di GIIAS 2021

Besar kemungkinan salah satu mobil baru KIA di GIIAS 2021 adalah Seltos Diesel. Terlebih saat ini nama Seltos sudah terdaftar di situs resmi Samsat DKI Jakarta.

Tercantum, NJKB Seltos konfigurasi mesin diesel ini seharga Rp 242 juta. Sedangkan versi bensinnya Rp 225 juta. Dalam nilai NJKB ini tentunya belum termasuk pajak dan nilai marjin perusahaan. Jadi ketika nanti dipasarkan bisa tembus Rp 350 jutaan, seperti halnya Seltos versi bensin yang sudah meluncur duluan di Indonesia.

KIA Seltos Diesel ini sebelumnya telah rilis di India. SUV ini mengusung mesin 1.493 cc CRDi. Menurut data perusahaan, jantung mekanisnya berkonfigurasi 4 silinder tersebut memiliki torsi besar hingga 250 Nm pada 1.500 rpm, dengan tanaga maksimal 115 PS di 4.000 rpm.

Baca juga  Penjualan Wuling di GIIAS 2021, Almaz Laris Manis

Terkait sistem keamanannya,  KIA Seltos Diesel mengusung enam titik airbag di bagian driver, passenger, side and curtain. Pengereman pakai cakram di depan dan di belakang.

Selain itu juga sudah mengunakan teknologi rem ABS, EBD, Electronic Stability Control, Hill Assist, Traction Control dan Cruise Control.

Di Interior jika mengacu pada Seltos India, telah mengusung stir yang dibalut kulit. Kemudian seluruh jok dibekali kulit sintetis. Fitur standar juga tersedia: Wireless Charging, USB slot juga power outlet.

Kemudian sistem audionya keren. Pakai sistem 2-way, dengan layar mengambang 8 inci plus speaker besutan Bose.

Pada sistem hiburan, mobil ini sudah mengaplikasi musik yang bisa diptar via bluetooth, USB and Auxiliary connection, Apple Car Play, Android Auto dan rear view monitor. AC sudah mengadapsi auto climate control.

Terkait dimensi, Kia Seltos diesel mempunyai panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 mm dan jarak sumbu roda 2.610 mm. Menggunakan ban ukuran 215/60 dengan pelek 17 inci. 

Jika Seltos meluncur, mobil ini tidak memiliki kompetitor. Pasalnya belum ada SUV menengah bermesin diesel yang dijual di Indonesia.

2. Carnival Diesel dan Bensin

Mobil Baru KIA di GIIAS 2021

KIA Carvival tertangkap kamera berada di salah satu diler Jakarta.

Prediksi mobil baru KIA di GIIAS 2021 berikutnya adalah Carnival Diesel dan Bensin. Mobil yang naik kelas menjadi MPV luxury ini telah terdaftar di NJKB – nya di Samsat DKI Jakarta.

Baca juga  Kia Sonet Mengaspal di Indonesia, Dijual Mulai Rp193 Juta

Pada website tersebut, terdaftar model Kia Carnival Diesel dan Bensin. Khusus versi diesel memiliki NJKB Rp 497 juta. Sementara versi bensin Rp 471 juta.

Sebenarnya kabar kedatangan Kia Carnival terbaru ke Indonesia sudah terkuak sejak tahun lalu. Apalagi setelah All New Carnival melakukan debut dunia pada Agustus 2020.

Khusus untuk mesin V6 3,5-liter GDI, mampu menghasilkan tenaga 289 hp dan torsi maksimal mencapai 355 Nm. Lalu untuk mesin 4-silinder 2,2-liter Turbodiesel yang mampu menghasilkan tenaga 198 hp dan torsi 440 Nm. 

KIA Carnival sendiri merupakan unit MPV yang berbagi platform dengan Hyundai Staria. Sebagai MPV besar unit ini bisa menampung banyak penumpang.

Secara dimensi, Kia Carnival 2021 memiliki panjang 5.155 mm dengan lebar 1.995 mm dan tinggi 1.740 mm. Lebih pendek dan lebih kecil dibanding Hyundai Staria.

Sebelumnya KIA Carnival juga tertangkap, sedang berada di salah satu diler di kawasan Jakarta Timur. Di Indonesia, KIA Carnival terbaru akan didatangkan langsung oleh PT Kreta Indo Artha selaku distributor KIA di Indonesia.

Hanya saja terkait bocoran mobil baru KIA di GIIAS 2021, apakah Carnival diesel atau bensin? Sampai sekarang belum ada konfirmasi dari KIA.

Baca juga  Kia Carens Diesel Hadir di Jakarta Auto Week, Sudah Bisa Inden!

3. Kia Sorento

Mobil Baru KIA di GIIAS 2021

Beberapa sumber menyebut Sorento terbaru akan dibanderol dengan nilai Rp 400-600 jutaan.

Bocoran mobil baru KIA di GIIAS 2021 lainya adalah Sorento. Berbeda dengan Seltos, KIA Sorento akan mengisi segmentasi premium SUV. Kemungkinan Sorento yang hadir di Indonesia merupakan generasi ke-4 secara global.

Mobil ini mendapat sentuhan desain anyar dari KIA dengan sudut boxy khas SUV Amerika. Bisa dilihat mulai dari desain bumper depan, headlamp. Tidak lupa desain grille juga sudah mengadosi desain Tiger Nose khas KIA.

Pun demikian bagian samping dan buritannya. Kesan kotak tetap terasa. Bahkan di belakang, stoplamp vertikal bersudut kotak dengan twin tailpipe membuat kesan gagah makin terasa.

Masuk ke kabin, layaknya mobil masa kini, Sorento dibekali instrumen meter digital dengan panel layar 12,3 inci. Sarana hiburan diwakili layar sentuh 10,25 inci dengan sistem navigasi.

Menariknya, selain kualitas audio berkelas dari Bose, standar interior Sorento juga mewah berkat lapisan jok kulit dengan efek satin timbul. Serta penggunaan trim metalik. Dengan wujudnya yang cukup bongsor, kombinasi seat 4+2 dan 5+2 bisa dipilih.

Secara global, pilihan mesinnya berlimpah. Mulai dari diesel 2.200 cc Smartstream, 2.500 cc GDI, 2.500 cc GDI turbo hingga 1.600 cc TGDi Turbo hybrid dengan motor listrik.

Hanya saja yang sudah terdaftar NJKB di Indonesia adalah Sorento 2.2. Artinya kemungkinan bermesin diesel. 

Itulah tadi bocoran mobil baru KIA di GIIAS 2021. Apa yang bakal benar-benar meluncur di pameran otomotif akbar tersebut? Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika