by

Bocoran Yamaha R7 Mesin Dua Silinder, Meluncur 2021?

Media Jepang kembali ramai menginformasikan soal bocoran Yamaha R7. Kuda besi ini diklaim bersiap meluncur pada 2021.

“Ada rumor yang mengatakan MT-07 bakal memiliki versi full fairing (YZF-R7). Sepertinya itu akan menjadi kenyataan. Apakah kamu tidak sabar soal pengumuman resminya?,” seperti dikutip dari kojintekibikematomeblog.com.

Dari informasi yang kami terima, R7 bukanlah pengganti R6. Hal tersebut lantaran dari sisi spesifikasi mesin berbeda jauh.

Yamaha R7 cuma menggunakan mesin dua silinder, basisnya adalah MT-07. Sementara R6 pakai jantung mekanis empat silinder.

Dengan demikian, jangan terlalu berharap tentang performanya di putaran mesin atas. Terlebih bila mesin 688 cc yang dipakai benar-benar serupa dengan Yamaha MT-07. Di atas kertas, tenaga maksimalnya cuma 73 PS pada 9.000 rpm dan torsi di angka 68 Nm pada 6.500 rpm.

Harapannya tentu Yamaha melakukan revisi untuk R7. Alhasil kompetensinya bisa lebih baik lagi ketika meluncur nanti.

Meski performanya kalah jauh dari R6, bukan berarti R7 tidak punya kelebihan. Beberapa media Jepang menginformasikan, bahwa salah satu kunci dari kehadiran motor sport dua silinder ini, harganya bakal sangat terjangkau.

Baca juga  5 Alasan Beli Yamaha Fino 125

Ingin tahu lebih jauh terkait bocoran motor Yamaha R7? Simak bahasan berikut:

Harga Yamaha R7 Lebih Murah dari R6

bocoran yamaha r7
Kemungkinan motor sport full fairing berbasis MT-07 ini bakal melakukan debut pada 2021 di Jepang

Salah satu yang diincar dari kehadiran Yamaha R7 adalah harga murah. Itu sudah jadi rahasia umum, kalau lebih sedikit silinder mesin yang dipakai, maka semakin terjangkau pula harganya.

Tidak percaya? Ambil contoh di pasar otomotif Indonesia, Kawasaki Ninja ZX-25R dengan empat silinder dijual Rp 100 jutaan. Sementara Ninja 250 berkonfigurasi dua silinder cuma Rp 60 jutaan.

Menurut media Jepang, oleh karena alasan itulah Yamaha mengembangkan R7. Incarannya adalah harga murah untuk konsumen.

“Inilah era di mana lebih mudah menjual produk ke masyarakat dengan harga murah dan didukung tampilan keren, dibanding memiliki performa mesin terbaik,” beber laman bestcarweb.jp.

Bicara harga, ketika masuk Indonesia maka kemungkinan banderolnya ada di angka Rp 250 juta. Hal tersebut berdasar MT-07 sebagai model naked sport yang saat ini dijual Rp 243 juta (OTR Jakarta).

Masih Ada Harapan untuk Performa Mesin Yamaha R7

mesin yamaha mt-07
Gambar mesin yamaha mt-07 yang bakal jadi basis di R7

Sampai sekarang memang beluma ada konfirmasi dari pabrikan garputala, bahwa performa mesin Yamaha R7 akan sama persis dengan MT-07. Oleh karenanya masih tersedia harapan untuk kompetensinya meningkat.

Baca juga  10 Motor Yamaha Baru dengan DP Mulai Rp500 Ribuan, Apa Saja Sih?

Informasi tambahan buat kamu, Aprilia memiliki motor sport full fairing bernama RS660 yang pakai kubikasi dua silinder. Di atas kertas torsinya tembus 67 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 100 PS pada 10.500 rpm.

Lagi-lagi, memang tidak sebuas Yamaha R6 yang pakai empat silinder, namun cukup oke untuk motor sport full fairing. Kalau saja, Yamaha mau merevisi basis mesin dari MT-07, harusnya performa R7 juga bisa seperti Aprilia RS660.

Kalau tidak direvisi pun, alias tetap mempertahankan performanya seperti milik MT-07 sebenarnya tidak ada masalah. Terlebih mesin dua silinder tersebut telah mengadopsi teknologi crossplane (CP2) hasil pengembangan dari motor Yamaha YZR-M1 di MotoGP.

Dengan begitu, bisa dipastikan rasa berkendaranya bakal masih menyenangkan. Suaranya juga cukup merdu.

Terbaru