Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bus Tayo: Dari Kartun, Jadi Kenyataan di Tangerang

by Deni Ferlindungan
Bus Tayo kini layani masyarakat kota Tangerang

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menghadirkan Bus Tangerang Ayo (Tayo) di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020. Bus Tayo merupakan bus yang digunakan Pemerintah Kota Tangerang untuk melayani transportasi publik, Bus Rapid Trans (BRT).

Secara desain Bus Tayo memiliki tampilan yang menarik perhatian. Mobil ini memilik desain retro. Selain parasnya yang unik, bus Tayo ternyata mampu menampung banyak penumpang.

Bus Tayo dilengkapi dengan kapasitas 27 tempat duduk dan dapat menampung 13 penumpang berdiri. Bus ini melayani tiga koridor yakni Poris – Jatiuwung, Poris – Cibodas, Ciledug – Tangcity.

“Adanya Bus Tayo merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Tangerang kepada masyarakat dalam bidang pelayanan transportasi yang baik, nyaman dan aman,” ujar Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motor Sales Indonesia.

Kehadiran bus Tayo di ajang GIICOMVEC 2020 menjadi daya tarik para pengunjung pameran yang hadir di Booth Hino yang berada di Hall B JCC, Senayan, Jakarta.

Kabin Bus Tayo di Tangerang

Bus Tayo memiliki 27 tempat duduk, dan mampu menampung 13 penumpang berdiri

Melalui desainnya yang unik ala retro, Pemerintah Kota Tangerang berharap bus ini dapat menarik perhatian dan mendorong warga untuk menggunakan transportasi publik, untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara.

Baca juga  Hino Luncurkan Bus dan Truk Terbaru, Sudah Euro4

Pemerintah Kota Tangerang kedepannya juga bakal menambah 2 koridor lagi untuk transportasi angkutan masyarakat. Di setiap koridor tersebut bakal dilengkapi dengan 10 unit bus trans Tayo.

Bus Tayo berasal dari Hino Bus FB 130

Bus Trans Tangerang Ayo (Tayo)

Bus Tayo dirancang dari sasis Hino Bus FB 130 yang diklaim memiliki mesin bertenaga besar. Bus Tayo disematkan mesin depan W04D-TN turbo intercooler 4 silinder bertenaga 128,2 dk dan torsi 362,8 Nm dengan transmisi M550.

Hino Bus FB 130 dipersenjatai dengan double acting absorber dan stabilizer untuk menunjang kenyamanan bagi penumpang selama perjalanan. Bus ini juga didukung dengan jarak roda yang lebih lebar, untuk menunjang kestabilan berkendara ketika bermanuver. Jarak sumbu roda memiliki profil 3.780 mm dan panjang total sasis 7.045 mm.

Hino FB 130 pun diketahui juga biasa digunakan untuk bus pariwisata, bus sekolah, dan transportasi di dalam kota.

Baca juga: 

Baca juga  Hino Euro4 Hadir di Kalimantan, Gratis Servis!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika