Jangan Salah Paham, Cakupan Garansi Baterai Mobil Listrik Beda Dengan Asuransi

by Firdaus Ali
garansi baterai mobil listrik

Cakupan garansi baterai mobil listrik beda dengan asuransi. Ini penting untuk disimak supaya tidak saah paham saat membeli mobil listrik.

Hampir semua pabrikan otomotif yang menjual mobil listrik di Indonesia memberikan garansi untuk baterainya. Rata-rata semua merek mobil listrik di Tanah Air kasih garansi baterai selama 8 tahun.

“Garansi baterai dari produsen mobil itu cakupanya jika kondisi mobil normal terus tiba-tiba baterai ngedrop. Itu baru akan kita ganti dengan yang baru, namun jika kerusakan baterai karena kecelakaan atau tertusuk benda tertentu ya tidak masuk dalam kategori garansi, namun lebih ke asuransi. Nah biasanya masing-masing diler punya rekanan perusahaan asuransi,” jelas Januar Eka Sapta selaku Senior Manager After Sales Neta Indonesia (10/7).

Januar juga menambahkan, untuk Neta sendiri, kualitas baterainya telah diuji dengan berbagai metode sehingga aman untuk digunakan serta punya durabillity yang kuat.

Test drive Neta V-II dari Jakarta ke Bandung
Test drive Neta V-II dari Jakarta ke Bandung

“Setiap baterai yang ada di mobil Neta, itu sudah diuji terlebih dahulu dengan berbagai metode. Ditekan, diguncang dan direndam air selama 48 jam. Kemudian casing yang digunakan untuk membungkus baterai juga pakai material komposit sehingga aman,” imbuh Januar.

Baca juga  SPBU Pertamina Fatmawati Layani Pengisian Mobil Listrik

Terkait posisi baterai dari NETA V-II yang ada di kolong mobil, NETA meyakinkan pelanggan bahwa baterai tetap aman. Seperti yang sudah diinformasikan, baterai di mobil NETA sudah diuji berstandar Internasional.

“Kalau bicara baterai yang dikhawatirkan mobil listrik kalau tertusuk lalu bolong, itu yang dikhawatirkan kalau tertusuk kena sel baterai. Kalau sekedar terbentur masih aman selama sel tidak berubah bentuk, setiap baterai mobil listrik sudah ada pelindung baru modul berupa cashing,” terang Januar.

Garansi Baterai Mobil Listrik NETA

PT Neta Auto Indonesia (NAI) selaku pemegang merek Neta di Indonesia berani kasih promo jaminan Lifetime Warranty Unlimited Kilometers & Periods untuk pembelian unit NETA V dan NETA V-II. Namun garansi seumur hidup ini hanya berlaku untuk high voltage battery, drive motor dan Motor Control Unit (MCU).

“Lifetime Warranty kami berikan khusus kepada 2.024 pembeli pertama NETA V-II dan NETA V. Kami berani kasih jaminan tersebut karena baterainya sudah teruji dengan berbagai metode. jadi aman digunakan,” pungkas Januar.

Baca juga  Perbedaan Jenis Mobil Listrik Secara Umum

Sebagai informasi tambahan, NETA V-II yang notabennya produk baru pakai baterai dengan kapasitas 36,1 kWh. Jika diisi penuh, kendaraan bisa menjangkau jarak hingga 401 kilometer.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika