Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cara Aman Berkendara Motor di Jalan Turunan dan Berkelok

by Baghendra Lodra

Cara Aman Berkendara Motor di Turunan – Siapa dari kalian yang belum lancar mengendarai motor? Hayoo ngaku. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, mengendarai sepeda motor bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Hanya butuh kecakapan dalam mengatur keseimbangan tubuh, mematuhi rambu lalu lintas, serta kemampuan berkonsentrasi dengan baik.

Namun beda halnya ketika kalian berkendara di jalanan yang memiliki turunan tajam dan berkelok-kelok, jika kalian menghadapi jenis jalanan yang seperti ini, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki agar bisa menaklukkannya. Kalian juga memerlukan insting yang tinggi agar tetap nyaman saat mengendalikan motor  melewati jalanan yang ada turunan tajam serta berkelok tersebut.

Nah sobat Jinny, apabila salah satu dari kalian selama ini masih kurang pede atau masih sering khawatir bagaimana cara menaklukkan jalanan seperti itu, ada baiknya jika kalian menyimak ulasan berikut ini. Karena kali ini Jinny bakal share bagaimana cara aman berkendara di turunan curam. Yuk, langsung aja simak tipsnya berikut ini.

Pastikan Motor Dalam Kondisi Sehat

Turunan Tajan dan Berkelok

Cara aman berkendara di turunan dan berkelok yang pertama adalah dengan melakukan langkah persiapan. Adapun persiapan yang harus banget kalian lakukan adalah dengan memastikan motor kalian dalam keadaan sehat. Komponen utama yang harus kalian pastikan “dalam keadaan sehat” adalah bagian mesin serta sistem pengereman pada motor kalian mesti maksimal.

Baca juga  Supaya Safety Saat Riding Sebaiknya Jangan Gunakan GPS

Pada saat akan melewati jalanan yang memiliki turunan curam dan berkelok, sistem pengereman adalah piranti yang sangat kita butuhkan. Karena melakukan pengereman di jalanan normal tentu akan berbeda pada saat melakukan pengereman di jalan turunan dan berkelok. Untuk itu, kalian perlu memastikan komponen ini dalam kondisi yang prima demi keselamatan perjalanan kalian.

Produk Kelebihan Harga
Yamaha Mio M3 Harga Lebih Terjangkau Cek Promonya di Sini
Suzuki Nex II Kaya Akan Fitur Cek Promonya di Sini

Baca Juga :

Siagakan Jari Pada Handle Rem

Siagakan tangan di tuas rem

Cara aman berkendara di turunan dan berkelok selanjutnya adalah bersiaga dengan memposisikan jari–jari kalian pada handle rem depan. dan bersiaga mengerem belakang untuk menjaga keseimbangan. Hal ini sangat diperlukan pada saat kalian akan melewati turunan curam dan berkelok. Gunakan kombinasi rem depan dan belakang pada saat ada gangguan mendadak di depan. Sedangkan pada saat mengontrol laju motor, tariklah sedikit tuas rem depan untuk menahan laju motor. Apabila turunan terlalu panjang dan curam, usahakan untuk berhenti sejenak disisi jalan untuk mendinginkan mesin dan rem.

Baca juga  Supaya Safety Saat Riding Sebaiknya Jangan Gunakan GPS

Baca Juga: 5 Cara Menangani Motor Terendam Banjir.

Gunakan Engine Break

Engine break

Cara yang terakhir adalah pada saat turunan jangan sampai RPM motor mengalami idle. Hal ini dikarenakan, jika motor matic sampai mengalami idle, maka engine brake motor akan nanggung dan akan mengalami nge-loss. Dengan sedikit menahan gas, kalian juga bisa menahan engine brake untuk tetap ada, sehingga kinerja rem juga bisa lebih responsif.

Baca Juga: Penyebab Motor Mati Saat Hujan Deras.

Untuk motor dengan transmisi manual akan sedikit berbeda, caranya dengan mengoper gigi ke posisi lebih rendah secara bertahap dengan dibantu rem depan dan belakang. Apabila motor dipaksakan saat melaju kencang kemudian downshift ke gigi 1, dikhawatirkan kanvas kopling bakal lebih cepat aus atau istilahnya kanvas kopling terbakar. Memposisikan gear ke posisi N atau netral sangat tidak dianjurkan, sebab seluruh beban motor tidak akan tertahan dan akan mempercepat laju motor. Apabila turunan terlalu panjang dan curam, usahakan untuk berhenti sejenak disisi jalan untuk mendinginkan mesin dan rem.

Baca juga  Supaya Safety Saat Riding Sebaiknya Jangan Gunakan GPS

Nah, sekarang jadi ngerti kan cara aman berkendara di turunan dan berkelok? Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Tetap jadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan patuhi rambu lalu lintas yang ada. Sampai jumpa sobat Jinny, see yaa.

Buat kamu yang tertarik membeli Motor Baru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika