Musim Hujan Sering Bikin Bunyi Rem Berdecit, Begini Cara Mengatasinya!

Haloo sobat Moladiners. Saat musim hujan seperti sekarang sering menimbulkan beberapa masalah tersendiri buat motor kesayangan. Mulai dari komponen besi yang rawan karatan, dan yang paling mengganggu yakni timbulnya bunyi rem berdecit juga cukup sering kita alami. Bikin bete ya kan. Sobat nggak perlu khawatir, berikut ini Jinny kasih tau gimana caranya ngilangin bunyi berdecit pada rem motor. Simak baik-baik ya sob!

 

Penyebab Bunyi Rem Berdecit

Bunyi Rem Berdecit
Batang Pin Kaliper yang Kotor Bisa Menyebabkan Bunyi Rem Berdecit

Seiring berjalannya waktu, beberapa komponen pasti mengalami degradasi, dalam hal ini adalah komponen pengereman. Dalam kurun waktu beberapa bulan, piringan cakram lama kelamaan akan timbul pola cacat bergaris. Hal ini wajar karena kampas rem dan piringan cakram yang saling bergesekan satu sama lain. Coba deh sobat tengok cakram motor kalian, pastikan cakram tidak mengalami peyang atau bergelombang. Jika cakram ternyata normal namun ada baret atau pola bergaris, dapat dipastikan hal tersebut merupakan salah satu penyebab bunyi rem berdecit.

Ada juga penyebab lainnya, sob. Setiap handel rem cakram ditekan, selalu muncul bunyi berisik yang cukup mengganggu. Dan biasanya, bunyi tersebut tak kunjung hilang walau handel sudah dilepas, dan baru hilang ketika sudah berjalan agak lama.

Gejala tersebut bisa juga disebabkan karena kampas rem kotor dan juga pin braketnya yang sudah kering. Ditambah musim hujan, kotoran berupa pasir yang terbawa genangan kian memperparah alur garis kampas.

 

Cara Mengatasi Bunyi Rem Berisik

Atasi Bunyi Rem Berdecit
Bongkar Kaliper Agar Proses Pembersihan Lebih Mudah

Bunyi seperti tikus kejepit tersebut bisa diatasi dengan cara membersihkan kampas rem dan melumasi pin braket kaliper dengan gemuk. Pertama, sediakan kunci L5, ampelas dan gemuk. Lalu, lepaskan baut-baut dudukan kampas rem pada kaliper. Kemudian copot kaliper dari bracket agar lebih mudah saat dibersihkan. Tinggal dibongkar, mulai dari braket kaliper, penahan kampas rem, pegasnya dan pin braket.

 

 

rem depan seret
Kalian Juga Bisa Menyemprot Bagian Pin Kaliper dengan WD-40

Bersihkan kanvas rem dengan ampelas 400, dan pin braket yang berupa batang penghubung bracket dan kaliper di olesi gemuk. Tetapi jika bunyi rem berdecit tadi muncul kembali setelah beberapa hari kemudian, kemungkinan cakram motor kalian yang telah bergelombang. Dan lebih baik kalian ganti piringan cakram dengan yang baru, sob. Lagi pula, demi keamanan berkendara juga kan.

Lalu, gimana caranya menghilangkan bunyi berdecit di bagian rem belakang model tromol? Sabar ya guys, nanti artikel tersebut menyusul setelah beberapa hari. By the way, Jinny mau pamit dulu yah. See ya!

Waxco Toughstain Cleaning Foam

 

Baca juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *