Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

5 Cara Ganti Baterai Remote Mobil, Mudah dan Murah

by Tigor Sihombing
Cara Ganti Baterai Remote Mobil

Berikut Moladin sampaikan cara ganti baterai remote mobil. Seperti diketahui saat ini remote mobil tidak hanya berfungsi sebagai alat yang membuat praktis buka dan mengunci pintu mobil saja.

Melainkan pabrikan sudah mengembangkan remote dengan rangkaian fitur yang mendukung kemanan dan kenyamanan. Seperti misalnya yang marak digunakan saat ini adalah fitur immobilizer dan smart key (keyless entry).

Pada fitur kunci mobil immobilizer, biasanya pada kunci di dalammnya tersemat chip, yang membuat mobil tidak akan bisa dikontak jika tidak menggunakan kunci kuhsus tersebut, meski dengan kunci “T” atau bahkan kunci duplikat.
Pun dengan mobil yang menggunakan keyless entry.

Pada jenis ini, remote mobil sudah tidak memiliki anak kunci. Melainkan hanya remote yang didalamnya terdapat chip sensor yang akan aktif jika remote dekat dengan kondaraan dalam jarak tertentu.

Nah meski begitu, baik jenis remote immobilizer atau pun jenis keyles entry keduanya memerlukan penanganan yang baik supaya awet. “Kalau pada remote mobil, jangan menganti baterai sampai menunggu benar-benar drop, karena remote yang baterainya sudah mau habis biasnaya sudah tidak nyaman digunakan, karena buka tutup kunci menjadi sedikit rada susah,” kata Putra, mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Biaya Ganti Remote Baterai Mobil

Cara Ganti Baterai Remote Mobil

Baterai remote bisa didapatkan dengan harga mulai Rp 10 – 50 ribuan.

Gejala remote harus ganti baterai adalah sulit saat membuka pintu walau tombol sudah ditekan berkali-kali, atau jangkauan sinyal yang tiba-tiba berkurang dari biasanya. Jika sudah timbul gejala seperti ini sebaiknya baterai mobil langsung diganti.

Untuk jenis baterai yang digunakan biasanya ada 2 yaitu: model batang tipe A27 dan jenis koin (CR2016 3V) yang biasa digunakan oleh mobil modern saat ini. Terkait harganya juga terbilang murah, baterai-baterai tersebut bisa didapatkan mulai Rp 20 – 50 ribuan. Tetapi jika sudah sama onkos pasang di bengkel resmi harganya bisa mencapai Rp 50 -100 ribuan.

Untuk pergantiannya sendiri laman Auto2000 menyarankan untuk dilakukan di bengkel resmi, jangan melakukan sendiri. Hal ini lantaran cara membuka rumah baterai remote keyless itu perlu alat khusus. Pasalnya, kebanyakan model remote saat ini rata-rata sudah tidak pakai sekrup lagi sebagai pengunci.

Selain itu dengan mengganti baterai remote mobil di bengkel resmi, keaslian baterai yang digunakan juga bisa terjamin. Penggunaan baterai yang sembarangan atau kw, pastinya akan merugikan. Mulai dari mudah habis dayanya, sehingga cepat mati kembali, sampai dengan membuat pemilik mobil jadi kerepotan. Apalagi saat ini fungsi remote tidak hanya untuk membuka tutup pintu saja, melainkan pengaman immobilizer yang di dalamnya sudah ada sensor-sensor yang langsung terhubung dengan sistem starter.

Langkah Ganti Baterai Remote Mobil

Buat kamu yang tetap ingin mengetahui cara ganti baterai remote mobil di rumah, boleh simak artikel berikut. Walau demikian, dalam proses penggantian, ada baiknya kamu bersabar dan tidak buru-buru. Pasalnya komponen remote mobil umumnya terbuat dari plastik, jadi mudah patah.

Kemudian banyak juga komponen remote mobil yang detailnya kecil, jadi jangan sampai berceceran. Untuk lebih lengkapnya, yuk ikuti 5 langkah ganti baterai remote mobil:

1. Cungkil Cangkang Remote Mobil

Cara Ganti Baterai Remote Mobil

Membuka cangkang remote harus dengan kesabaran, karena jika tidak kamu beresiko mematahkan cangkangnya.

Cara ganti baterai remote yang pertama adalah dengan mencungkil cangkang remote dengan menggunakan alat yang berujung pipih. Tools ini biasanya terdapat pada pisau lipat.

Selain itu, patut dikehaui saat ini juga masih ada remote kunci mobil masih ada yang menggunakan baut unutk membuka baterainya. Jika kamu menemukan yang jenis ini, harus melepas dahulu bautnya dengan menggunakan obeng kembang yang biasanya berukuran kecil. Barulah setelah itu, tetap menggunakan proses pencungkilan dengan alat.

Jika cangkang remote sudah terlepas, baterai akan terlihat. Selanjutnya kamu tinggal mengambil isi baterainya dengan menggunakan obeng pipih. 

Beberapa pada mobil mewah seperti Volvo misalnya, lebih mudah lagi untuk membuka cangkangnya. Caranya cukup dengan slide body remotenya, tidak perlu mencungkil bagian cangkang luar.

2. Melepas Baterai Lama

Cara Ganti Baterai Remote MobilCara ganti baterai remote mobil berikutnya adalah dengan melepas baterai lama. Jika berjenis baterai batangan kamu tinggal mencungkilnya. Begitu pun dengan yang berjenis koin.

Walau demikian, ada beberapa baterai remote koin yang dijepit oleh besi penghantar. Nah untik kasus ini, agar mudah dan aman dalam mengambil baterai lama, sebaiknya menggunakan pinset.

Selain itu, untuk yang jenis cangkang remote mobil bergaya slide, umumnya seperti gambar di atas, ada pelindung baterai lagi. caranya kamu cukup menggunakan obeng pipih untuk membukanya.

3. Masukkan Baterai Baru

Cara Ganti Baterai Remote Mobil
Cara ganti baterai remote mobil berikutnya tinggal memasukin baterai baru yang sudah disiapkan. Pastikan ukurannya sama. Harus ingat, jangan sampai terbalik. Pasalnya remote tidak akan berfungsi kalau posisi baterai terbalik. Ujung-ujungnya, kamu harus buka lagi baterainya dan ini tentu merepotkan.

Untuk ukuran baterainya biasa ada dua: berbentuk koin CR2016 3V dan baterai batangan tipe A27. Terkait harganya kisaran Rp 20-50 ribuan.

4. Tutup Kembali Baterai

Cara Ganti Baterai Remote Mobil

Selanjutnya tutup kembali baterai seperti semula. Jika remote menggunakan baut, pastikan tidak ada yang tertinggal. Dalam melakukan proses pemasangan juga sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, apalagi untuk remote keyless yang terintegrasi immobilizer, di dalamnya ada chip tambahan. Jadi, jangan sampai tercungkil atau terkena benda tumpul.

5. Cek Kembali Fungsi Remote Mobil

Cara Ganti Baterai Remote Mobil
Langkah terakhir dari cara ganti baterai mobil adalah dengan melakukan pengecekan ulang. Tekan tombol-tombol untuk memastikannya kembali pada fungsi semula. Tidak sulit bukan? Semuanya memang bisa dilakukan sendiri di rumah, namun kamu harus benar-benar sabar dan teliti dalam melakukan penggantiannya.

Demikian ulasan cara ganti baterai remote mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif. 
 
 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika