Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cara Kirim Motor ke Luar Kota dan Tarifnya, Mahal?

by Deni Ferlindungan
Cara kirim motor

Cara Kirim Motor – Mengirim kendaraan sekarang bukanlah perkara sulit dilakukan masyarakat. Tinggal menyiapkan dana, motor ataupun kendaraan lain bisa sampai tujuan dengan waktu yang singkat.

Terlebih momen jelang hari raya Lebaran, yang biasanya dimanfaatkan banyak masyarakat yang merantau di kota-kota besar. Biasanya kerap kirim sepeda motor ke kampung halaman. Cara kirimnya pun ternyata mudah, dan bisa dilakukan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Terdapat banyak sekali jasa pengiriman motor, baik itu melalui moda kereta api, kapal laut, hingga jalur darat. Dari ketiganya, memang yang paling murah adalah kereta api. Hanya saja terbatas cuma bisa dilakukan di Pulau Jawa. 

Prosedur dan Cara Kirim Motor yang Wajib Diketahui

Cara kirim sepeda motor

Packing sepeda motor yang akan di kirim

Mudahnya mengirim kendaraan dari dan menuju Jakarta ke seluruh Indonesia cukup mudah. Cara kirim motor bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Biaya yang harus dikeluarkan pun terbilang cukup terjangkau.

Kini banyak masyarakat yang mulai mengandalkan jenis pelayanan satu ini, tanpa merasa bingung atau repot membawa motor ke seluruh wilayah di Tanah Air.

Caranya kamu cukup datang dan mendaftar di jasa pengiriman motor atau ekspedisi. Pastikan kamu membawa sepeda motor yang akan dikirim, lalu urus proses pengiriman dengan waktu yang singkat.

Selang beberapa hari, barang dapat diterima dengan kondisi baik di tempat tujuan. Untuk biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu mahal, tergantung dari spesifikasi motor, lokasi tujuan dan jenis pengiriman yang kamu pilih.

Tidak hanya melalui jasa pengiriman motor via kereta api. Ada sejumlah pilihan lain, seperti lewat jalur laut, dan trucking. Untuk tarifnya pun berbeda-beda, tergantung jarak dan berat motor.

Penasaran mau tahu lebih jauh tentang cara kirim motor dengan beragam model ekspedisi? Simak ulasan berikut ini:

Cara Kirim Motor Melalui Kereta Api

Kereta Api jadi Cara Kirim Motor Paling Tepat

Kereta Api jadi solusi pengiriman motor

Menurut informasi yang diterima dari PT Kereta Api Logistik (KALOG) Stasiun Senen. Tarif kirim motor lewat Kereta Api, sangat bervariasi. Semua itu tergantung jarak dan jenis motornya.

Penentuan tarif sendiri digolongkan dalam beberapa kategori jenis motor, seperti bebek, matik, motor naked, sport fairing, hingga motor gede (moge), dan digolongkan berdasarkan kota tujuan.

Sebagai contoh, tarif kirim motor jenis bebek dan juga matik, harganya sama untuk tujuan Jakarta – Jawa Barat, sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 450 ribu. Untuk jarak yang lebih jauh seperti Jakarta menuju Jawa Tengah, dibanderol kisaran Rp 450 ribu hingga Rp 500 ribu. Sementara untuk tujuan Jakarta ke Jawa Timur, motor matik dan bebek tarifnya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 650 ribuan.

Baca juga  7 Penyebab Mesin Motor Bunyi Kletek-Kletek, Jangan Dibiarkan

Jika kamu ingin mengirim motor jenis naked hingga motor sport, biayanya tinggal ditambahkan sekitar Rp 100 ribuan saja. Lagi-lagi tergantung dari kategori lainnya.

Misalnya pengiriman dari Jakarta ke Jawa Barat, tarif kirim motor sport via kereta api kisarannya Rp 400 ribu sampai Rp 550 ribu. Tujuan Jakarta-Jawa Tengah, kisaran biaya yang diperlukan sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 550 ribu.

Sedangkan untuk moge atau kubikasidi atas 250cc, harganya juga lebih mahal. Seperti tujuan Jawa Barat, kisaran harganya mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 900 ribu. Seluruh biaya di atas belum termasuk dengan biaya packing sepeda motor.

Pasalnya untuk packing, pengirim akan dikenakan biaya tambahan, contoh packing kardus biayanya sebesar Rp 50 ribu. Belum lagi jika ditambahkan plastik bubble wrap, pengirim akan dikenakan biaya Rp 150 ribu.

Tarif Kirim Motor Via Kereta Api

Jasa pengiriman motor dengan moda kereta api memang yang paling murah. Hanya saja ada keterbatasan, lantaran cuma bisa dilakukan di Pula Jawa saja. Tidak bisa antar pulau.

Mau tahu kisaran tarif kirim motor via kereta api, berikut rincian yang bisa kamu jadikan patokan:

  • Motor bebek mulai Rp 300 ribu
  • Motor sport mulai Rp 400 ribu
  • Motor 250 cc ke atas atau Moge mulai Rp 750 ribu

Pengiriman Sepeda Motor Melalui Trucking atau Jalur Darat

Pengiriman sepeda motor trucking

Pengiriman sepeda motor trucking

Mengirim motor melalui jalur darat, proses dan cara kirim sangatlah mudah. Banyak masyarakat meminati jasa kirim melalui darat, yang dikenal dengan sistem trucking.

Proses pengiriman motor biasanya menggunakan truk atau mobil box berukuran besar. Contohnya, mungkin menggunakan truk Fuso, trailer, tronton, dan lain sebagainya.

Umumnya, untuk jasa angkut sepeda motor yang jumlahnya banyak dibawa pada bagian belakang truk yang terbuka. Lain halnya jika satu atau dua unit saja, biasanya pengangkutannya menggunakan self driving atau jenis truk berukuran kecil ataupun sedang.

Cara kirim motor melalui jalur darat ini juga meliputi pengiriman via kereta api yang sudah Moladin jelaskan di atas. Harga yang murah dan waktu yang lebih cepat, menjadi alasan banyak orang memilih jasa satu ini.

Biasanya, jadwal keberangkatannya selalu tepat waktu. Bukan pihak pengirim maupun perusahaan jasa ekspedisi yang mengatur keberangkatan namun merekalah yang harus menyesuaikan diri dengan jadwal pengiriman kereta api.

Tak sampai di situ saja, pengiriman ini juga termasuk yang cukup aman. Karena motor dimasukkan dalam gerbong tertutup dan dijaga dengan ketat oleh para petugas keamanan.

Baca juga  7 Rekomendasi Kursus Mekanik Motor untuk Kamu!

Tarif Kirim Motor Menggunakan Jalur Darat

cara kirim motor lewat kargo

Mudahnya mengirim motor via kargo

Kisaran biaya kirim untuk jalur darat dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya kapasitas mesin. Misal motor bebek, skutik, sport dengan kapasitas mesin 250 cc ke bawah, dipatok tarif mulai Rp 500 ribu untuk tujuan Jawa Tengah hingga Rp 650 ribu untuk tujuan Jawa Timur.

Motor dengan kubikasi mesin besar, seperti 250 cc ke atas, akan dikenakan biaya mulai dari Rp 600 ribu, dengan tujuan Jawa Tengah, hingga Rp 725 ribu untuk tujuan Jawa Timur.

Harga tersebut belum termasuk biaya pengemasan yang berkisar dari Rp 50 ribu hingga 200 ribu, tergantung ukuran dan jenis motornya. Apabila menggunakan jasa kargo Pos Indonesia, harganya tidak terlalu jauh dari banderol di atas.

Rinciannya, bagi motor bebek dan matik dari Jakarta ke Jawa Tengah sekitar Rp 700 ribu, hingga Rp 1 juta untuk motor dengan kapasitas 250cc. Harga tersebut sudah termasuk asuransi, namun belum termasuk biaya pengemasan.

  • Motor 250 cc ke bawah mulai dari Rp 500 ribu
  • Motor 250 cc ke atas mulai dari Rp 600 ribu

Baca juga:

Cara Kirim Motor Lewat Jalur Laut

Pengiriman Motor via jalur laut

Tarif kirim motor lewat laut dihitung tiap Kg, mulai Rp 3.500. Hanya saja itu belum termasuk biaya packing.

Selain via darat, kirim sepeda motor juga bisa dilakukan melalui jalur laut. Cara pengirimannya pun cukup mudah, lohh! Karena kini sudah tersedia beragam jenis armada kapal pengangkut barang berat dan jumlahnya pun besar.

Ekspedisi via laut ini biasanya menggunakan kapal pengangkut seperti kapal roro, kapal pelni, tongkang, dan cargo. Kalau kamu berminat menggunakan jasa kirim sepeda motor, kamu perlu tahu sejumlah cara yang perlu dilakukan.

Prosedur pengiriman sepeda motor via laut ini antara lain pemilik kendaraan harus mengetahui betul batas maksimum motor yang diangkut, jenis dan tipe kendaraan, kondisi mesin dan lainnya.

Seluruh prosedur tersebut bertujuan menjaga keamanan sepeda motor yang kamu kirim juga, selama proses ekspedisi dan selama kapal berlayar. Jasa ekspedisi via jalur laut, biasanya menjadi alternatif terbaik pengiriman sepeda motor antar pulau.

Mengingat kapal laut bisa menjangkau berbagai daerah khusus, hingga terpencil sekalipun. Kapasitas ruang penyimpanan atau kabin kapal laut pun sangat luas, sehingga para pengirim tidak perlu mengantri lama, dan biasanya kapal pun berangkat sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Baca juga  Berapa Ukuran Angin Ban Motor yang Pas?

Setelah yakin menggunakan jasa pengiriman via jalur laut, kamu juga perlu memperhatikan tarif kirim motor. Biasanya masyarakat kerap berfikir jasa kirim sepeda motor via laut memakan biaya yang besar, karena dihitung berdasarkan bobot kendaraan.

Tarif Kirim Motor Lewat Jalur Laut

Ekspedisi Sepeda Motor

Ekspedisi Sepeda Motor via laut, perlu dilakukan packing yang baik agar tidak lecet

Dalam menentukan tarif kirim sepeda motor melalui jalur laut ditentukan dari berbagai macam hal. Salah satunya adalah menghitung berat sepeda motor berdasarkan jenis dan tipenya.

Pasalnya, setiap jenis kendaraan memiliki standar berat berbeda-beda, contohnya motor bebek 100 kg, offroad 150 kg, Vespa 200 kg dan lainnya. Pengiriman via laut juga turut memperhitungkan kapasitas mesin yang mempengaruhi tarif paket pengiriman.

Khusus untuk kapasitas mesin hanya berlaku dalam kondisi tertentu saja, seperti jarak antar kota atau daerah terdekat. Ekspedisi via laut juga turut memperhitungkan estimasi waktu dan lokasi pengambilan barang.

Untuk diketahui, semakin jauh jarak pengiriman, maka akan mempengaruhi biaya yang harus kamu gelontorkan, alias semakin mahal. Terlebih jika kamu menggunakan jasa antar dari perusahaan ekspedisi.

Tarif kirim motor lewat jalur laut yang paling murah dari Jakarta ke Pontianak (Kalimantan), mulai Rp 3.500 tiap Kg. Jika motor kamu beratnya 100 Kg, maka totalnya cuma Rp 350 ribu. Hanya saja yang perlu diingat, tarif ini belum termasuk packing.

Cara kirim motor lewat ekspedisi laut ini, pemilik kendaraan juga harus memperhitungkan fasilitas yang akan digunakan, seperti jasa packing, bongkar muatan, asuransi motor, dan keamanan ekstra.

Setidaknya, ada beragam hal yang perlu jadi pertimbangan, ketika ingin mengirim barang berat seperti sepeda motor. Terlebih lintas pulau, untuk itu kamu perlu memilih jasa ekpedisi yang tentunya terpercaya dengan harga yang sesuai kemampuan.

Misalnya untuk packing kayu untuk motor, biayanya bisa Rp 100 ribu. Lalu waktu sampai ke lokasi tujuan, pastinya tidak terlalu cepat. Misalnya saja dari Jakarta ke Pontianak, perlu 3-5 hari. Belum lagi, kapal tidak tiap hari berangkat.

Alangkah baiknya, jika pemiliki motor tidak hanya berpatokan pada biaya pengiriman motor yang murah saja melainkan juga kualitas, keamanan dan kelengkapan pelayanan.

Itulah tadi informasi terkait tarif kirim motor via kereta api, jalur darat, dan laut. Mana yang kira-kira paling kamu suka? Bila mau tantangan, kamu juga bisa kendarai sendiri motor ke lokasi tujuan. Tentunya hal tersebut lebih murah, sekaligus bakal menemukan berbagai pengalaman seru di perjalanan.

Hanya saja memang cara touring seperti itu, membutuhkan kemampuan fisik yang baik. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan waktu yang pastinya tidak bakal singkat. Terlebih kalau harus berbeda pulau.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika