Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cara Membaca Kode Kerusakan Motor Honda, Sudah Tahu?

by Baghendra Lodra
kode kerusakan motor honda - PCX 160

Sebagai pemilik motor dengan merek sayap mengepak, kamu harus tahu cara membaca kode kerusakan motor Honda atau kode MIL Honda. Hal ini bakal memudahkan dalam mendeteksi komponen yang bermasalah, kemudian memperbaikinya.

Percayalah, untuk menerjemahkan kode tersebut tidak sulit. Apaalagi seluruh motor terbaru Honda telah menggunakan sistem PGM-FI atau injeksi. Kelebihan motor injeksi, dapat mendiagnosa permasalah secara otomatis.

“Kehadiran MIL pada sepeda motor Honda bukan merupakan sesuatu yang baru. Kemudahan dalam mendeteksi permasalahan sepeda motor Honda pun dapat diketahui oleh konsumen secara mudah. Namun kami tetap sarankan agar konsumen dapat menuju AHASS terdekat agar sepeda motor kesayangannya dapat ditangani dengan tepat oleh teknisi AHASS,”  kata Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno dalam keterangan resmi yang kami terima pada April 2021.

Kemudian hasil diagnosa tersebut disampaikan melalui malfunction indicator lamp (MIL) atau kode MIL Honda. Indikator tersebut bisa kamu lihat di bagian speedometer secara langsung, tepatnya di lampu check engine.

Dalam kondisi normal, ketika kunci kontak dalam posisi ON maka kode MIL Honda akan menyala sekitar 2 detik. Kemudian mati kembali dan itulah tanda bahwa mesin motor siap diaktifkan.

Kalau ada masalah, maka kode kerusakan motor Honda akan berkedip terus menerus. Jumlah kedipan MIL, memiliki arti tersendiri. Kamu hanya perlu mengetahui cara membaca kedipan lampu check engine tersebut.

Baca juga  Honda Vario 125 Vs Yamaha Freego, Lebih Baik yang Mana?

Ada dua jenis kedipan MIL Honda, yaitu kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik.

Dalam mendeteksi kode kerusakan Honda, kamu bisa terjemahkan satu kedipan panjang lampu check engine sama berarti sepuluh. Lalu kedipan cepat berarti satu.

12 Kode Kerusakan Motor Honda yang Bisa Terdeteksi

kode kerusakan motor honda

Kode MIL bisa diketahui dari kedipan indikator check engine di panel instrumen motor Honda

Setelah bisa menerjemahkan kode kerusakan motor Honda, langkah selanjutnya kamu harus cek makna masing-masing kode MIL tersebut. Setiap kedipan menunjukkan masalah berbeda.

Ambil contoh kode MIL Honda Beat kamu berkedip dua kali panjang dan satu kali pendek. Maka ini berarti menunjuk kode 21.

Makna kode kerusakan Honda 21 adalah adalah potensi masalah sistem O2 sensor (Oxigen sensor) yang berfungsi mendeteksi gas buang dan kondisi pembakaran mesin. Biasanya kalau terjadi seperti ini, maka ada efek mesin motor sulit dihidupkan dan terdapat knalpot nembak atau brebet.

Contoh lain kode MIL Honda 11 atau check engine berkedi satu kali panjang dan satu kali pendek. Maka artinya sistem sensor kecepatan bermasalah. Umumnya mengakibatkan speedometer tidak berfungsi atau Idling Stop System (ISS) tidak bakal aktif.

Baca juga  Merokok Sambil Berkendara Bisa Kena Tilang, Ini Aturannya

Mudah bukan mengenali masalahnya lewat kode kerusakan Honda tersebut? Supaya lebih memudahkan kamu, berikut kami beberkan cara membaca 12 jenis kedipan lampu check engine di motor Honda:

Jumlah Kedipan MIL Honda Arti Kode Kerusakan Motor Honda Efek yang Terasa di Motor
1 Kedipan Manifold absolute pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold Akselerasi kurang oke, performa mesin pun tidak maksimal pada putaran atas.
7 Kedipan Sensor temperatur mesin atau biasa disebut Engine Coolant Temperature (ECT) Atau Engine Oil Temperature (EOT). Mesin agak susah dihidupkan pada saat mesin kondisi dingin.
8 Kedipan Masalah di sistem sensor throttle position (TP) Mesin mudah mati dan akselerasi tidak maksimal
9 Kedipan Persoalan di sensor Intake air temperature (IAT) Performa mesin tidak maksimal, mudah mati, emisi gas buang yang dihasilkan pun tidak bagus.
11 Kedipan Gangguan pada area sistem sensor kecepatan Speedometer tidak berfungsi atau bila motor telah menggunakan fitur Idling Stop System (ISS) tidak akan berfungsi.
12 Kedipan Masalah pada area sistem injector Sepeda motor tidak bisa dinyalakan.
21 Kedipan Ada persoalan di sistem O2 sensor (Oxigen sensor) yang mendeteksi kondisi pembakaran mesin dan gas buang Motor brebet, knalpot nembak, dan mesin susah hidup
29 Kedipan Sistem Intake Air Control Valve (IACV) yang membuat putaran stationer tidak stabil Mesin susah dihidupkan dan boros bahan bakar
33 Kedipan Potensi gangguan pada area sistem Engine Control Module (ECM) yang merupakan sumber dari seluruh pengaturan sistem PGM-FI Akibatnya motor tidka bisa dihidupkan

52 Kedipan

Masalah sensor crankshaft position (CKP)  Motor tidak dapat dihidupkan

54 Kedipan

Ada persoalan di sistem sensor bank angle yang berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis ketika motor terjatuh 

Sensor bank angle adalah salah satu sistem safety atau keselamatan ketika terjadi kecelakaan. Jika ada kerusakan, tentu sistem safety ini tidak berfungsi optimal

67 Kedipan

Hal ini menunjukan potensi gangguan pada sistem Honda Selectable Torque Control (HSTC) terkait putaran roda depan dan belakang yang dibaca oleh ECM.  Sensor ini bekerja ketika sepeda motor dalam kondisi diam dengan standar tengah, kemudian dinyalakan dan tuas gas dibuka selama 20 detik, maka bila terdeteksi masalah, MIL pun akan berkedip. Kode ini hanya muncul pada sepeda motor yang memiliki sistem HSTC seperti Honda PCX 160 tipe ABS, X-ADV dan Forza 250
Baca juga  Honda Monkey Edisi Gundam Resmi Dijual, Cuma 125 Unit

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika