by

Cara Membaca Trip Meter di Mobil

Untuk kamu pengguna mobil Suzuki, mungkin saat ini masih bingung mengenai cara baca trip meter yang terpampang pada indikator MID (Multi Information Display).

Seperti kita ketahui mobil-mobil produksi Suzuki terbaru sudah dilengkapi fitur trip meter. Gunanya memantau jarak perjalanan yang telah ditempuh. 

Nah kalau di mobil Suzuki, posisinya terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain seperti speedometer, tachometer fuel meter, temperatur mesin, dan odometer.

Menurut Suzuki dalam keterangan resminya dikutip pada Selasa (27/7/2021), dikatakan melalui trip meter, pengemudi bisa mengetahui berapa selisih jarak yang ditempuh dari titik A ke titik B dan sebaliknya jika mengambil rute berbeda.

Misalnya saat kamu sedang pergi pengemudi bisa menggunakan mode Trip A untuk pergi ke satu titik tujuan. Sedangkan saat kembali, kamu bisa menggunakan mode Trip B, sehingga bisa diketahui perbedaan jaraknya, antara kamu berangkat dan pergi, jika melalui rute yang berbeda. Alhasil kamu jadi tahu, rute terdekat mana yang harus ditempuh.

“Penggunaan trip meter bisa membantu pengemudi merencanakan rute perjalanan hingga mempertimbangkan aktivitas yang mungkin bisa dilakukan, seperti menepi sejenak untuk beristirahat,” kata Yulius Purwanto, Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales.

Baca juga  8 Cara Mengganti Oli Mobil yang Mudah dan Cepat

Cara Reset Fitur Trip Meter

cruise control di mitsubishi xpander ultimate
Fitur ini bisa direset sesuai kebutuhan pengemudi

Pada fitur trip meter yang sederhana ini kamu bisa mereset angkanya dan dapat dikembalikan ke dalam posisi nol apabila ingin mengubah atau membuat rute perjalanan baru.

Caranya meresetnya kamu bisa menekan dan menahan kenop pada spedometer sampai muncul angka nol di layar. Apabila hanya ditekan saja tanpa ditahan, maka tampilan akan berubah dari trip A ke trip B atau sebaliknya.

Sedangkan, untuk melihat berapa jauh jarak tempuh penggunaan mobil secara total sejak diproduksi, pengendara dapat memanfaatkan fitur odometer yang juga terdapat pada MID.

“Fitur trip meter dihadirkan untuk menambah kenyamanan pengemudi ketika berkendara dan memudahkan untuk mengetahui berapa kilometer jarak yang telah ditempuh,” beber Yulius.

Trip Meter Bisa Mengukur Konsumsi BBM Rata-Rata Mobil

konsumsi bbm suzuki ertiga
Cek konsumsi BBM rata-rata lewat fitur trip meter

Fungsi lain trip meter, kamu bisa mengukur konsumsi BBM rata-rata dari sebuah mobil dengan metode full to full. Cara untuk mengetahuinya, kamu cukup mengisi penuh bensin di tangki mobil. Kemudian reset sampai nol kilometer.

Baca juga  6 Penyebab Air Radiator Mendidih dan Cara Mengatasinya

Lalu yang perlu kamu lakukan cukup berkendara secara wajar, hingga jarak tertentu. Umumnya untuk mengetahui konsumsi BBM rata-rata, perlu melakukan perjalanan minimal 60-100 Km.

Setelah itu, kamu bisa isi bensin lagi sampai penuh atau full. Jangan lupa minta struk terkait berapa banyak bensin yang dibutuhkan hingga tangki penuh. Usai isi bensin, kamu juga perlu mencatat angka di trip meter.

Misal bensin yang dibutuhkan sekitar 4,5 Liter. Lalu jarak tempuh di trip meter menunjukkan angka 100 Km. Artinya dengan metode full to full, mobil kamu bisa melaju sejauh 100 Km hanya dengan bensin 4,5 Liter. Kata lainnya konsumsi BBM rata-ratanya sekitar 22,2 Km/liter.

Fitur-fitur lain yang Bisa Dilihat di MID

trip meter
MID mobil Suzuki

Untuk kamu pemilik kendaraan Suzuki, juga harus mengetahui jika pada MID mobil Suzuki terdapat beberapa fitur selain trip meter. Misalnya fitur indikator range yang berfungsi untuk mengestimasi jarak yang dapat ditempuh dari bahan bakar yang tersedia di tangki.

Sebagai contoh, jika indikator range menunjukkan informasi angka di 200 km, berarti idealnya ketersediaan bahan bakar dapat menempuh hingga 200 km lagi. Namun, angka yang muncul pada indikator range ini dipengaruhi oleh beragam faktor seperti kondisi lalu Lintas, medan jalan, serta gaya mengemudi.

Baca juga  Spesifikasi Suzuki Ignis, Apa Beda Varian GL dan GX?

Selain trip meter dan range, pada MID mobil Suzuki juga terdapat indikator AVG (Average) yang digunakan untuk mengetahui rata-rata konsumsi bahan bakar selama perjalanan.

Ada lagi nih fitur yang sangat menarik di mobil Suzuki, yaitu driving style meter. Fitur ini berguna untuk mengukur dan menampilkan gaya mengemudi.

“Kami berharap dengan adanya kelengkapan fitur seperti trip meter dan berbagai fitur lainnya di MID mobil-mobil Suzuki dapat memudahkan konsumen yang akan melakukan perjalanan baik jarak jauh maupun dekat,” tutup Yulius.

Gimana guys, sudah tercerahkan dong harusnya mengenai cara baca trip meter pada MID yang ternyata gampang ? Simak terus Moladin.com ya untuk ulasan terbaru terkait berita otomotif.

Terbaru