Cara Membuat Alarm Motor Sendiri, Mudah dan Murah

Cara Membuat Alarm Motor – Kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) semakin banyak terjadi. Bukan hanya di tempat umum, motor juga dapat disikat di depan rumah.

Untuk meminimalisir pencurian, pemilik kendaraan biasanya melakukan sesuatu pada motor, misalnya dengan memasang alarm. Ada juga beberapa tips anti maling seperti menggunakan kunci pengaman tambahan, dan lain-lain.

Pentingnya Alarm Motor

cara membuat alarm motor
Honda Scoopy merupakan salah satu motor yang sudah terintegrasi dengan alarm

Menggunakan alarm motor cukup efektif mencegah terjadinya pencurian pada kendaraan bermotor. Dengan alat ini, Anda akan mendapatkan peringatan apabila ada oknum yang sedang mencoba melakukan tindakan pencurian.

Namun, banyak yang enggan memasang alarm pada motor karena harus ke bengkel serta menyiapkan bujet yang tidak sedikit. Faktanya, memasang alarm pada motor tidak sesulit itu.

Berbeda dengan perangkat GPS Tracker pada motor yang merupakan produk khusus untuk melacak posisi kendaraan, alarm bisa dibuat secara manual. Anda hanya membutuhkan sedikit pengetahuan dasar mengenai otomotif serta memiliki alat dan bahan yang dibutuhkan.

Seperti alarm pada mobil, alarm pada motor juga cukup efektif untuk digunakan. Setidaknya, alat ini akan membuat pencuri kaget ketika menjalankan aksinya. Anda pun dapat peringatan dari bunyi berisik yang ditimbulkan alarm.

Lalu bagaimana cara memasang alarm motor secara mandiri? Tidak sulit kok.

Baca juga:

Cara Membuat Alarm Motor Sendiri

cara membuat alarm motor
Honda Vario 150 generasi terbaru sudah dilengkapi sistem keyless dan alarm

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memasang alarm motor adalah mempersiapkan bahan dan alat. Beberapa di antaranya adalah obeng (+), tang potong, kunci ring 10, cutter, saklar ON/OFF berukuran kecil, kabel 1 m, dan bahan perekat.

Alarm motor yang Anda buat sangatlah sederhana. Fungsinya cuma menghubungkan kunci kontak dengan klakson motor. Jadi, ketika kunci kontak diputar ke posisi ON, alarm otomatis berbunyi. Kurang lebih seperti itu.

Penasaran ingin tahu detail cara pasangnya? Simak beberapa langkah membuat alarm motor berikut ini:

1. Membongkar bodi motor

Untuk memasang alarm pada motor, Anda harus membongkar bodi motor terlebih dahulu. Bagian yang dibongkar adalah yang berhubungan dengan klakson motor.

Perlu diketahui, tiap motor memiliki bentuk bodi yang berbeda-beda pula. Motor matic paling mudah karena hanya bagian tameng depan saja yang perlu dibuka. Untuk membuka bodi motor tersebut, Anda membutuhkan obeng (+) dan kunci ring 10.

2. Membuat saklar

Langkah selanjutnya adalah membuat saklar untuk alarm motor. Caranya, lepas baut pada bagian saklar ON/OFF dengan obeng. Kupas sedikit kulit kabel secara perlahan dengan menggunakan cutter dan sambungkan dengan kaki-kaki yang ada pada saklar.

3. Menyambung kabel ke klakson

Kemudian, ujung kabel yang satu harus disambungkan ke bagian bodi motor yang baru saja dibongkar. Anda harus mencari kabel yang mengandung massa atau kabel negatif.

Kabel ini harus disambungkan dengan kabel klakson positif. Setelah selesai, rapikan kerutan kabel tersebut dengan perekat supaya lebih aman dan tidak mengganggu saat berkendara.

4. Mengenal cara kerja alarm motor

Anda perlu mengetahui cara kerja alarm pada motor melalui langkah-langkah yang telah dilakukan tersebut. Jika saklar pada posisi OFF dan kunci kontak pada posisi ON, alarm tidak akan berbunyi.

Sementara itu, jika saklar pada posisi ON dan kunci kontak juga ON, alarm akan terus berbunyi hingga saklar dimatikan.

Cara kerja alarm motor buatan ini sebenarnya sangat sederhana. Jika Anda ingin meninggalkan motor di tempat yang rawan pencurian, pastinya saklarnya harus dalam keadan ON.

Jadi, ketika ada yang menghidupkan mesin motor dengan menggunakan kunci kontak, alarm akan langsung berbunyi. Namun, jangan lupa untuk mematikan alarm tersebut ketika Anda sendiri hendak mengendarai motor.

Apabila motor telanjur dicuri maling, baik karena Anda tidak menggunakan alarm motor atau karena alarm tersebut tidak berfungsi, tidak perlu langsung putus asa atau panik.

Ada sejumlah cara melacak motor hilang yang bisa dilakukan. Pertama, langsung melapor ke pihak yang berwajib.

Selanjutnya, Anda juga bisa mengandalkan media sosial untuk membagikan informasi kehilangan. Barangkali, ada orang yang melihat kendaraan tersebut sehingga membantu Anda menemukannya. Ada pula aplikasi dan website yang bisa dimanfaatkan untuk melacak motor.

Jadi, inilah cara memasang alarm motor dengan mudah dan murah. Karena menggunakan alarm pada motor, Anda tidak perlu lagi terlalu khawatir dengan oknum yang ingin melakukan kejahatan curanmor. Nah, selamat mencoba!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *