Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cara Membuat Sampo Motor, Bisa Untuk Usaha Sampingan

by Deni Ferlindungan
cara membuat sampo cuci motor

Cara Membuat Sampo Motor – Sudah menjadi kewajiban bagi pemilik motor untuk selalu menjaga kebersihan kendaraan. Salah satu upaya termudah yang bisa kita lakukan dengan cara rajin mencucinya.

Motor yang bersih tentunya menjadi kebanggaan bagi kita. Kondisi motor yang bersih tentunya lebih enak dipandang, bukan untuk kamu sendiri. Bisa juga dinikmati orang lain yang melihatnya.

Mengendarai sepeda motor yang bersih, mampu meningkatkan kepercayaan diri ketika berkendara. Oleh karena itu, sepatutnya kamu merawat dan menjaga kebersihan motor tetap dalam kondisi terbaik.

Mencuci motor pun bisa kamu lakukan sendiri. Selain lebih hemat, kamu bisa sekaligus berolahraga lohh! Terlebih dalam kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), saat ini yang dicanangkan pemerintah.

Dalam proses mencuci kendaraan, tentunya kamu membutuhkan bahan pembersih khusus atau yang juga dikenal dengan sampo motor. Cara membuatnya pun mudah, dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Penasaran seperti apa proses dan bahan yang diperlukan untuk membuat sampo motor, berikut dengan cara membuatnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Membuat Sampo Motor Sendiri di Rumah, Berikut Cara Mudahnya

cara membuat shampo mobil

Membuat shampo mobil bisa dilakukan di rumah

Agar dapat lebih menghemat bujet perawatan sepeda motor kesayanganmu. Mungkin kamu bisa membuat sampo motor sendiri di rumah. Jadi tak perlu mengeluarkan dana lebih untuk membeli sampo motor pabrikan.

Cara membuat sampo motor pun mudah dan dapat lakukan sendiri. Kamu cukup membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sampo motor, bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah didapatkan dipasaran.

Bahan-bahan membuat sampo motor pun tersedia dari berbagai macam merek, dengan harga yang terjangkau pastinya. Dengan meracik sampo motor sendiri, juga bisa kita jadikan sebagai ladang usaha.

Setelah yakin dengan kualitas sampo motor yang kamu buat. Kamu mungkin saja bisa memasarkannya via online. Siapa tahu bisa menambah pemasukan untuk kamu.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sampo Motor dan Cara yang Harus Dilakukan

  1. Caustic Soda 5.5 gr
  2. ABS (Alkyl Benzene Sulfonat) 50 gr
  3. Cottoclarine BM 120 gr
  4. Sodium Sulfat 60 gr
  5. Dewisil Liquid 1 cc
  6. Aquadest 890 cc
  7. Enzym AR 2 gr
  8. Trilon 0.5 gr
  9. Dimethicone 350 cps 3 cc
  10. Silbione 3 cc
  11. TX-100 30 cc
  12. Emulgent T 5 cc
  13. Sodium Chloride 5 gr
  14. Pewarna Biru Acid Stable secukupnya
Baca juga  Cara Reset Indikator Oli atau Oil Trip di Yamaha Nmax

Langkah-Langkah Cara Membuat Membuat Sampo Motor

cuci motor

Membuat sampo motor, memerlukan bahan-bahan yang mudah didapat

Cara membuat sampo motor yang kamu harus lakukan, dengan mempersiapkan Caustic Soda sebanyak 5.5 gr + Aquadest 100 cc, lalu aduk hingga larut. Selanjutnya kamu bisa tambahkan ABS 50 gr, aduk kembali hingga rata.

Apabila yakin sudah merata, kamu bisa masukan Cottoclarine BM 120 gr dan kembali aduk hingga larutan rata. Langkah selanjutnya kamu siapkan Sodium Cloride sebanyak 5 gr + 100 cc Aquadest dan lakukan pengadukan hingga merata.

Pastikan seluruh bahan-bahan sudah larut, dan kamu bisa menyiapkan Enzym AR 2 gr + Trilon 0.5 gr + Sodium Sulfat 60 gr + Aquadest 690 cc. Tak lupa kamu juga bisa masukan Dewisil Liquid, lalu aduk kembali hingga larut.

Seluruh bahan yang sudah dimasukan pastikan sudah larut dan merata. Selanjutnya kamu bisa menambahkan Dimethicone 350 cps = 3 cc, lalu masukan Silbione 3 cc dan aduk kembali hingga rata secara menyeluruh.

Tahapan selanjutnya larutan yang sudah kamu campurkan, bisa ditambahkan dengan TX100 sebanyak 30 cc, dan aduk kembali sampai merata.

Dilanjutkan kamu bisa masukkan Emulgent T 5 cc , dan pewarna secukupnya, lalu aduk. Bila ingin menghasilkan busa berwarna kamu bisa campurkan EDTA sebanyak 20 gr.

Pelajari Bahan yang Digunakan Untuk Membuat Sampo Motor

sabun curah untuk membuat sampo motor, berikut cara mudahnya

Beli bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sampo motor di toko terdekat

  • Caustic Soda merupakan basa kuat, yang berfungsi sebagai penetral ABS.
  • ABS (Alkyl Benzene Sulfonat) adalah bahan pembentuk sabun, bila direaksikan dengan caustic soda akan menghasilkan base sabun dan berfungsi sebagai pembersih yang kuat dan berbusa banyak.
  • Cottoclarine BM adalah surfactant yang digunakan untuk membersihkan kotoran dan merupakan bahan pembersih yang menghasilkan busa dengan gelembung besar.
  • Sodium Sulfat bertugas untuk membantu proses pelarutan ABS dan membantu untuk mengentalkan.
  • Dewisil Liquid sebagai pengawet sampo motor.
  • Enzym AR, berfungsi sebagai pelarut kotoran/debu yang menempel pada kendaraan dan menjaga agar debu yang sudah terlarut dalam air tidak menempel lagi.
  • Trilon, tugas utamanya membantu mengikat ion-ion.
  • Dimethicone 350 cps, merupakan bahan pengkilap yang bisa mengkilapkan motor, sifatnya sulit larut dalam sampo motor. Untuk itu dalam penggunaannya bisa digabung dengan silbione.
  • Silbione adalah dimethicone copolyol yang berfungsi untuk mengkilapkan motor. Bisa larut dalam air, tapi harganya lebih mahal dari pada dimethicone.
  • TX-100, merupakan surfactant non ionic yang mempunyai daya bersih dan sekaligus bisa mengkilapkan motor. Busanya sedikit dan bersifat kesat.
  • Emulgent T, memiliki fungsi untuk menetralkan pH sampo motor, agar tidak terjadi korosive pada motor yang digunakan.
  • Sodium Chloride, bertugas membantu proses pelarutan cottoclarine ke dalam air dan juga membantu untuk mengentalkan.
  • Aquades, berfungsi sebagai pelarut bahan-bahan dasar pembuatan sampo motor.
Baca juga  Aturan Pasang Box Motor Tambahan dan Pentingnya Mengetahui Beban Maksimal

Membuat Sampo Motor Dengan Bahan Sederhana

sampo cuci motor

Sediakan perlengkapan membuat sampo motor

Jika bahan-bahan di atas kamu rasa sulit didapatkan, kamu bisa menggunakan cara dan bahan yang lebih sederhana. Cara membuat sampo motor kali ini pun terbilang cukup mudah.

Umumnya bahan-bahan yang digunakan kali ini biasa digunakan masyarakat sehari-hari. Biaya yang dikeluarkan tentunya lebih ekonomis.

Busa yang dihasilkan pun ternyata cukup maksimal dan hasil pencuciannya ternyata tak kalah memuaskan, dengan kamu mencuci mobil di jasa pencucian. Berdasarkan pengalaman Moladin, hasil pencuciannya mirip-mirip dengan cuci salju.

Bedanya, dengan kamu membuat sampo dan mencuci motor sendiri, bisa lebih menghemat biaya dan juga lebih puas dalam merawat sepeda motor kesayanganmu.

Terlebih jika untuk usaha jasa pencucian mobil yang mungkin sedang kamu rintis. Memungkinkan kamu untuk mengeluarkan bujet yang lebih minim. Karena kamu bisa menghasilkan sampo atau cuci salju dengan bahan yang sangat mudah dan sederhana.

Penasaran ingin tahu cara membuat sampo motor dengan bahan sederhana? Berikut langkah tepat dan bahan yang diperlukan:

Baca juga  3 Penyebab Karburator Mio Brebet, Pernah Mengalami?

Komponen Alternatif untuk Membuat Sampo Motor

  1. Wings Biru atau Sunlight
  2. Rinso 1 sachet
  3. Shampo Pantene atau Lifeboy 1 sachet
  4. Minyak goreng 10 sendok makan
  5. Gliserin 100 ml (jika ada)
  6. Garam 250 gram
  7. Molto atau Downy 1 sachet

Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan

  • Panci
  • Wadah Penampan
  • Pengaduk
  • Botol Kemasan 1500ml

Tahapan Membuat Sampo Dari Bahan Sederhana

Cuci salju

Menghasilkan busa seperti jasa cuci salju

Cara membuat sampo motor yang pertama, kamu bisa menyiapkan air panas sebanyak 1 liter. Lalu larutkan Wings biru dan Rinso ke dalam air panas terlebih dahulu. Kamu harus mengira-ngira, tidak sampai 1 liter.

Step selanjutnya, kamu bisa tambahkan garam, minyak goreng dan gliserin. Bila gliserin tidak ada, tak masalah, karena gliserin hanya bertugas sebagai pelembut saja.

Aduk hingga merata, dan kamu harus pastikan seluruh bahan sudah masuk. Selanjutnya kamu bisa tambahkan sampo pantene atau lifeboy dan molto sebagai pewangi.

Bila terlihat sudah merata, tambahkan sedikit air panas lagi dan kamu bisa menambahkan air sekitar 5 liter. Setelah itu kemas dalam botol air mineral besar, dan selanjutnya bisa kamu gunakan.

Nah.. kalau kamu ingin memaksimalkan bisa pada air, alangkah baiknya kamu simpan selama 2 hari terlebih dahulu, sebelum digunakan. Dengan begitu, busa yang dihasilkan akan semakin banyak.

Kalau ingin membuat sampo motor dengan jumlah yang banyak, mungkin trik paling mudah kamu bisa tambahkan bahan-bahannya, seperti 1 botol sampo ukuran 10ml atau 100ml, 1 Wings sachet atau Sunlight 10ml.

Tak lupa kamu harus menyediakan 2 buah Rinso Sachet ukuran kecil, 100 ml minyak goreng, 100 ml Gliserin, 250 gr Garam, 2 sachet Molto atau Downy, dan 10 liter air.

Untuk mengentalkan larutan sampo motor, kamu bisa menambahkan sejumlah bahan seperti Camperlan. Semoga tips mengenai cara membuat sampo motor ini dapat bermanfaat buat kamu. Selamat mencoba!

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika