Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak, Bisa Dilakukan di Rumah?

by Firdaus Ali
biaya ganti kaca mobil pecah

Cara memperbaiki kaca mobil retak ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah, namun diperlukan ketelitian. Sebab jika perbaikan asal-asalan justru akan memperparah keretakan pada kaca mobil tersebut.

Saat mengemudikan mobil di jalan raya, terkadang bisa terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Contohnya kaca depan mobil terkena kerikil dari roda ban mobil lain yang ada di depannya.

Akibatnya jelas, kaca depan mobil akan retak. Meski keretakan ada tingkatannya, namun jika hal tersebut terjadi  harus segera memperbaiki kaca yang retak tersebut.

“Terkadang retak kaca bisa dari dimensi yang sangat kecil dan tanpa kita sadari. Atau bahkan pemilik mobil sebenarnya mengetahui keretakan kaca mobil tersebut, namun mengabaikan untuk segera memperbaikinya,” jelas Sanusi, mekanik bengkel spesialis kaca mobil dikawasan Pondok Ranji, Ciputat saat kami hubungi via telepon (26/8/2021).

“Retak kecil pada permukaan kaca depan mobil tersebut jika dibiarkan terlalu lama akan menjalar dan semakin luas. Jika hal tersebut sudah terjadi, siap-siap untuk mengganti kaca depan mobil dengan yang baru demi keamanan pengemudi dan penumpang mobil,” imbuh Sanusi.

Kaca mobil retak yang bisa diperbaiki

cara memperbaiki kaca mobil retak

Kaca mobil dengan retak dibagian tengah masih bisa diperbaiki.

Sebelum mengulas cara memperbaiki kaca mobil retak, ada baiknya kita ulas mengenai tingkatan keretakan pada kaca mobil yang bisa diperbaiki.

  • Retak di bagian tengah kaca mobil

Jika bagian retak kaca mobil ada di bagian tengah serta kedalamannya tidak signifikan maka masih bisa diperbaiki. Berbeda halnya jika keretakan kaca mobil berada dibagian sudut dan menjalar ke bagian tengah, itu sulit untuk diperbaiki dan jalan keluarnya harus diganti kaca mobil baru.

  • Panjang retak maksimal 10 inci

Selain posisi retak di tengah, kaca mobil masih bisa diperbaiki jika panjang retaknya tidak lebih dari 10 inci.

Baca juga  7 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Jalan, Waspadalah

Sebab jika lebih dari 10 inci, maka nantinya kekuatan kaca tidak optimal meski sudah diperbaiki. Apalagi jika kaca depan mobil yang notabennya menahan angin saat mobil berjalan.

  • Tidak mengenai sensor

Mobil lansiran di atas tahun 2010 umumnya telah mengadopsi sensor yang diletakkan pada bagian kaca. Seperti sensor radio, suhu, serta sensor modern lainnya.

Jika posisi retak sudah mengenai bagian salah satu sensor tersebut, maka sebaiknya dibawa ke bengkel resmi untuk perbaikkannya.

  • Tidak menembus kaca bagian dalam kabin

Apabila keretakan kaca tidak terlalu dalam, masih bisa diperbaiki. Namun jika keretakkannya sudah dalam dan menembus kaca bagian dalam kabin, maka akan mubazir jika diperbaiki. Harus diganti dengan kaca mobil baru.

Cara memperbaiki kaca mobil retak

cara memperbaiki kaca mobil retak

Proses perbaikan kaca mobil retak.

Nah, jika sudah mengetahui tingkat keretakan yang bisa diperbaiki. Selanjutnya adalah mengulas cara memperbaiki kaca mobil retak.

Peralatan yang dibutuhkan tidak banyak. Serta biayanya masih terjangkau di kantong. Meski demikian, dibutuhkan ketelitian dan detail saat memperbaikinya.

Baca juga  Tips Mencuci Mobil Warna Doff Stargazer X, Awet Anti Pudar

Ada beberapa langkah yang bisa diaplikasikan untuk memperbaiki kaca mobil yang retak yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Hanya saja perlu diingat, kalau kamu ingin hasil yang benar-benar optimal, sebaiknya bawa saja ke bengkel spesialis.

  • Membersihkan kaca dan mencopot kaca film

Langkah awal cara memperbaiki kaca mobil retak adalah dengan mencopot kaca film lalu membersihkan bidang kaca yang retak. Tujuan membersihkan ini adalah untuk menghilangkan sisa-sisa percikan retakan kaca serta kotoran dan debu.

Siram dengan air secukupnya dan kemudian lap dengan kain bersih secara merata. Setelah itu tunggu beberapa menit hingga kaca benar-benar sudah kering.

Dengan kaca yang sudah bersih dari sisa-sisa retakan dan kotoran debu, maka akan mempermudah proses selanjutnya dalam memperbaiki kaca yang retak.

  • Melubangi kaca dibagian retaknya

Langkah selanjutnya cara memperbaiki kaca mobil retak adalah menyiapkan alat bor. Dipasaran, alat bor ini dibanderol dengan harga kisaran Rp 1,2 jutaan lengkap dengan mata bor untuk melubangi kaca.

Buat lubang secukupnya pada area kaca mobil yang retak, jangan terlalu dalam melubanginya karena nanti justru akan membuat kerusakan kaca bertambah parah.

  • Masukan resin atau lem kaca

Setelah proses melubangi selesai dilanjutkan dengan memasukkan resin atau lem kaca dibagian yang retak. Beberapa produk resin atau lem kaca memang sudah menjual include dengan alat untuk memasukan resinnya.

Baca juga  6 Tips Servis Mobil untuk Mudik, Supaya Aman di Jalan

Namun jika membeli alatnya secara terpisah harganya berkisar Rp 100 ribuan. Sedangakan harga resin atau lem kacanya berkisar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribuan, tergantung mereknya.

Memasukan resin juga dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Masukan secara perlahan dan akurat pada bagian kaca mobil yang retak. Jika saat proses memasukan resin meluber, segera bersihkan dengan kain lap agar tidak membekas.

  • Pasang kaca film baru

biaya memperbaiki kaca mobil retak

Proses pemasangan kaca film.

Langkah terakhir cara memperbaiki kaca mobil retak adalah dengan mendiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 2 jam untuk memastikan resin sudah merekat pada bagian yang retak. Setelah itu lakukan pemerataan cairan resin dengan cara mengganti kaca film baru.

Bersihkan terlebih dahulu bagian atau area yang telah dimasukan resin. Kemudian pasang kaca film untuk meratakan hasil perbaikan tersebut. Gunakan kaca film yang berkualitas agar hasil dari perbaikan optimal.

“Memperbaiki kaca mobil yang retak memang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun harus diingat saat proses perbaikan harus dengan cara yang tepat, utamanya saat melakukan pengeboran untuk membuat lubang. Jika ragu, bawa saja ke bengkel spesialis kaca agar hasilnya sesuai yang diharapkan,” terang Sanusi, mekanik bengkel spesialis kaca mobil dibilangan Pondok Ranji, Ciputat (26/8/2021).

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara memperbaiki kaca mobil retak. Untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika