by

10 Cara Menambal Knalpot Bocor, Bisa Tidak Dilas

Kali ini Moladin mau kasih solusi tentang cara menambal knalpot bocor yang mudah dan murah. Beberapa penyebab kebocoran alat pembuangan satu ini antara lain baut pengunci leher kendur dan lepas, keropos, serta bisa pula disebabkan paking yang telah rusak.

Motor yang mengalami masalah ini memang tetap bisa jalan, tetapi kalau didiamkan bisa menyebabkan persoalan lain. Bukan tidak mungkin, mesin jadi rusak!

Sebelum mengetahui cara mengatasi knalpot bocor, ada baiknya kamu tahu dulu ciri-cirinya. Paling umum, kamu bisa mendengar suara mendesis yang tidak lazim dari sektor leher knalpot. Kemudian konsumsi BBM motor semakin boros. Lebih parahnya lagi, tenaga motor pun berkurang.

Efek paling fatal karena mendiamkan knalpot bocor terlalu lama adalah mesin bisa overheat. Hal tersebut disebabkan kinerja mesin yang tidak stabil, berakibat proses pendinginan berjalan tidak optimal, alhasil mesin motor lebih cepat panas. Kalau overheat sampai terjadi, maka jeroan jantung mekanis bisa rusak. Ujung-ujungnya turun mesin motor

Tentu kamu tidak mau masalah itu terjadi bukan? Apalagi penyebabnya sepele gara-gara knalpot bocor. Maka dari itu, Moladin mau kasih tips, nih! Berikut ini 10 cara menambal knalpot bocor dan beberapa di antaranya bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Yuk, simak!

1. Seal Tape Aluminium

Cara Menambal Knalpot Bocor Seal Tape Alumanium

Cara menambal knalpot bocor yang pertama, gunakan Seal Tape Aluminium. Pastinya Moladiners yang pernah menambal peralatan dapur seperti panci dan wajan, harusnya sudah akrab dengan perekat satu ini.

Percayalah, Seal tape aluminium yang biasa digunakan di dapur itu berfungsi juga untuk menambal knalpot bocor. Cara mengaplikasikannya tidak sulit. Pertama-tama kamu harus tahu dulu lokasi kebocoran. Setelah mengetahui letaknya, lepaskan seal tape dari kertasnya kemudian tempelkan.

Tidak masalah jika ingin melapisi dengan dua atau tiga lembar, yang penting kamu sudah yakin betul tidak ada lubang lagi. Mudah bukan? 

2. Aluminium Muffler Tape

Cara Menambal Knalpot Bocor Alumanium Muffler Tape

Bentuknya memang mirip dengan yang pertama, tapi perekat yang satu ini memang khusus untuk knalpot. Dari namanya saja sudah ketahuan, Aluminium Muffler Tape. 

Baca juga  Kenali Ciri-Ciri CDI Rusak dan Cara Mengatasinya!

Cara menambal knalpot bocor dengan alat ini pun tidak ada beda. Kamu cuma cukup rekatkan ke bagian yang berlubang. Setelah itu, nyalakan motor selama 5 – 10 menit serta putar tuas gas untuk memastikan kebocoran sudah tidak terjadi lagi. 

Kalau berhasil, dijamin suara mendesis bakal hilang. Motor kamu pun bakal kembali bertenaga. Aluminium Muffler Tape tersebut dapat digunakan di berbagai macam motor, seperti Honda PCX 150, Yamaha Nmax 155, motor tua, sampai mobil sekalipun.

3. Aluminium Foil

Cara Menambal Knalpot Bocor Alumanium Foil

Cewek-cewek yang suka memasak tentu tahu nih, fungsi aluminium foil untuk menahan panas atau menjaga makanan tetap hangat. Nah, selain itu, aluminium foil juga bisa banget buat atasi kebocoran pada knalpot motor

Bila kamu mau mengaplikasikan cara menambal knalpot bocor dengan aluminium foil, pastinya lebih sulit dari Aluminium Seal Tape dan Aluminium Muffler Tape. Hal ini lantaran tidak ada perekat di alat yang satu ini. Kemudian penggunaannya juga khusus untuk kebocoran ujung leher knalpot.

Pakai aluminium foil, kamu wajib lebih telaten dan rapih ketika melakukan proses penambalan. Teknik pertama, knalpot dicopot dulu dari blok mesin. Kemudian lapisi seluruh ujung knalpot dengan aluminum foil sampai rata. Bila dirasa telah terkover semua, pasang lagi knalpot. 

Lalu nyalakan mesin, cek apakah masih ada suara-suara mendesis. Kalau tidak berarti cara mengatasi knalpot bocor tersebut berhasil.

4. Lem Dextone Plastic Steel

Lem Dextone untuk menambal knalpot motor yang bocor
Lem besi bisa dimanfaatkan untuk menambal knalpot bocor.

Cara menambal knalpot bocor tanpa dilas yang selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan lem merek Dextone Plastic Steel. Ini merupakan bahan serbaguna yang sangat mudah di dapat, paling mudah ditemukan di toko bangunan. Bukan cuma bisa digukanan di kaca, keramik, plastik, kayu, tapi juga knalpot.

Teknik menggunakan Dextone Plastic Steel, pertama-tama kamu perlu menggabungkan kedua pastanya. Ada warna hitam dan putih, campurannya 1:1. Kemudian setelah merata langsung oleskan ke bagian knalpot yang bocor. Ingat, waktu pengerjaannya tidak boleh lama-lama. Harus lima menit saja, karena setelah itu bakal mengeras.

Baca juga  3 Cara Upgrade CVT Mio M3, Akselerasi Semakin Cepat!

5. Lem Besi Merek Lain 

Lem Besi

Kalau kamu tidak ingin yang lebih baik dari Dextone Pastic Steel, bisa pakai lem besi merek lain. Di pasaran terdapat banyak pilihan seperti Pioneer Durasteel 5 Epoxy yang bisa tahan sampai panas 300 derajat Celcius. 

Cara menambal knalpot bocor dengan lem besi ini pun tidak sulit. Lagi-lagi gabungkan dua jenis pasta yang disediakan, lalu oles secara merata di lokasi yang bolong. Supaya lebih yakin, kamu bisa mengolesnya sebanyak dua hingga tiga lapisan agar rekatan lebih kuat.

6. Bungkus Rokok Sebagai Alternatif

cara menambal knalpot bocor dengan bungkus rokok
Bungkus rokok bisa dimanfaatkan untuk mengatasi knalpot bocor, terutama di baguan ujungnya.

Salah satu cara menambal knalpot bocor yang paling kreatif adalah dengan memanfaatkan bungkus rokok. Praktis banget nih, buat cowok-cowok yang lagi di jalan, terus tiba-tiba knalpot bocor, coba deh rogoh saku dan manfaatkan bungkus rokok yang ada.

Manfaatkan kertas aluminium yang terdapat dalam bungkus rokok tersebut, aplikasikan seperti cara menambal knalpot bocor dengan menggunakan aluminium foil. Dijamin hasilnya tidak memuaskan terutama untuk mengatasi leher knalpot bocor karena keropos.

7. Lem Sealer

lem sealer untuk menambal knalpot bocor

Lem sealer mirip dengan lem besi, namun lebih praktis untuk menambal knapot bocor. Hal ini karena tidak perlu mencampur dua komponen terlebih dulu. Kamu hanya tinggal oleskan lem sealer ke bagian yang bocor.

Pastikan lem sudah merekat secara merata ke seluruh bagian yang bocor. Lalu diamkan hingga kering dengan sendirinya. Ingat, selalu gunakan lem sealer yang tahan panas atau temperatur tinggi supaya hasilnya maksimal.

8. Lem Cement Visbella

Lem Semen Visbella khusus untuk menambal knalpot bocor

Satu lagi jenis lem yang tahan panas sehingga bisa digunakan untuk mengatasi knalpot bocor adalah lem cement Visbella. Daya tahannya terhadap panas patut diacungi jempol, bahkan diklaim hingga 1.100 derajat Celcius.

Cara menambal knalpot bocor di motor dengannya pun mudah. Cukup oleskan ke bagian yang mengalami kebocoran. Kemudian kalau sudah merata, aktifkan mesin motor dan gunakan seperti biasa. Panas mesin dan knalpot bakal membuat daya rekat lem cement Visbella semakin kuat.

Baca juga  Tips Lulus Ujian SIM Motor atau SIM C, Tanpa Calo!

9. Las karbit Merupakan Cara Menambal Knalpot Bocor yang Paling Mudah

cara mengatasi knalpot bocor
Paling mudah untuk mengatasi knalpot bocor adalah dengan datang ke tukang las karbit.

Cara simpel dan efisien untuk menambal knalpot yang bocor adalah dengan las. Datangi bengkel las terdekat dan mintalah mekanik mengatasi masalah motormu ini. Tinggal tunggu beberapa saat, alat  pembuangan gas satu ini akan berfungsi normal kembali.

Tempat las yang perlu kamu cari adalah las karbit, bukan las listrik. Kemudian untuk hasil yang optimal dan rapih, sebaiknya pilih bengkel spesialis las knalpot. Contohnya Movic Custom Exhaust di Jakarta Utara yang juga bisa modifikasi motor dan knalpot.

10. Dengan Cara Ganti Paking

Cara Menambal Knalpot Bocor Ganti Paking

Terakhir, jika kamu kurang yakin atau segala macam cara sudah dicoba namun tidak membuahkan hasil, cobalah ganti paking knalpot sepeda motor kamu. Konsultasikan bersama mekanik kepercayaan kamu agar mengganti paking terasa lebih mantap. Jika ingin knalpot semakin kuat dan tahan lama, kamu bisa meminta mekanik untuk memasang double paking atau memilih paking berbahan aluminium alih-alih menggunakan paking knalpot asbestos.

Nah, itu dia 10 cara menambal knalpot bocor. Jika sudah tahu cara mudahnya, tunggu apalagi? Segera tambal agar kerusakan tidak menyebar ke mana-mana. Ingat, sebelum melakukan tambal mandiri, kamu wajib membersihkan dulu lokasi yang mengalami kebocoran untuk menghilangkan debu dan kotoran. Hal ini dimaksudkan supaya ketika melakukan penambalan bisa merekat secara optimal. Selamat mencoba!

Baca Juga :

Terbaru